Informasi Terpercaya Masa Kini

Atlet Super di Olimpiade Paris 2024: Leon Marchand Paling Banyak Dapat Emas, Zhang Yufei Paling Sering Naik Podium

0 14

TEMPO.CO, Jakarta – Olimpiade Paris 2024 sudah berakhir, Minggu, 11 Agustus. Perenang Prancis, Leon Marchand, meraih medali emas terbanyak di ajang ini, yakni empat keping.

Keempat medali emas Marchand itu diraih dalam nomor perorangan, yakni gaya dada 200 meter, gaya kupu-kupu 200 meter, gaya ganti perorangan 200 meter, dan gaya ganti perorangan 400 meter.

Karena kehebatannya, ia pun dibanding-bandingkan dengan Michael Phelps, perenang legendaris asal Amerika. Namun, torehan Marchand masih jauh di bawah Phelps, yang pernah menyabet delapan medali emas pada Olimpiade Beijing 2008, sekaligus mencetak rekor sebagai peraih medali emas terbanyak dalam satu Olimpiade.

Berikut ini adalah daftar lengkap atlet yang memenangkan setidaknya tiga medali emas:

NoAtletNegara CabangEmas 1Leon MarchandPerancisRenang42Torri HuskeAmerika Renang32Mollie O’Callaghan AustraliaRenang32Summer McIntoshKanadaRenang32Simone BilesAmerika Senam32Shinnosuke OkaJepangSenam32Kim Woo JinKorea Panahan32Lim Si-hyeonKorea Panahan32Lisa CarringtonSelandia Baru Kano32Gabby ThomasAmerika Atletik32Harrie LavreysenBelandaSepeda3

.

Atlet dengan Medali Terbanyak di Olimpiade Paris 2024

Perenang Cina Zhang Yufei memimpin perolehan medali keseluruhan di antara atlet di Olimpiade Paris dengan enam medali. Atlet berusia 26 tahun itu memasuki Olimpiade dengan dua medali emas dan dua perak sebelum menambah satu medali perak dan lima medali perunggu di Paris.

Perenang Cina, Zhang Yufei. REUTERS/Marko Djurica

Ada lima atlet yang bersaing ketat untuk posisi kedua, yaitu Torri Huske, Marchand, Regan Smith (ketiganya dari Amerika), Kaylee McKeown, dan Mollie O’Callaghan (keduanya dari Australia. Mereka sama-sama semuanya meraih lima medali.

Berikut Daftar Atlet yang Meraih Medali di Olimpiade Paris 2024:

No Atlet Asal Cabang Medali1Zhang YufeiCinaRenang6 (1 perak, 5 perunggu)2Leon MarchandPerancisRenang5 (4 emas, 1 perunggu)2Torri HuskeAmerika Renang5 (3 emas, 2 perak)2Mollie O’CallaghanAustraliaRenang5 (3 emas, 1 perak, 1 perunggu)2Regan SmithAmerika Renang5 (2 emas, 3 perak)2Kaylee McKeownAustraliaRenang5 (2 emas, 1 perak, 2 perunggu)

.

Berapa Rekor Medali Terbanyak yang Diraih Dalam Satu Olimpiade?

Ada tiga contoh di mana seorang atlet memenangkan total delapan medali di satu Olimpiade. Yang pertama melakukannya adalah pesenam Rusia Aleksandr Dityatin, yang memecahkan rekor delapan kali naik podium di Olimpiade Moskow 1980. Kala itu, Dityatin, peraih medali Olimpiade 10 kali, meraih tiga medali emas, satu perak, dan empat perunggu.

Phelps menyamai prestasi Dityatin di Olimpiade Athena 2004 dengan enam medali emas dan dua medali perunggu. Atlet Olimpiade dengan prestasi terbanyak sepanjang masa itu kemudian memenangkan delapan medali lagi di Olimpiade 2008 berikutnya, kali ini dengan membawa pulang semua medali emas.

OLYMPICS | NBCPHILADELPHIA

Pilihan Editor: Kontingen Indonesia Finis Ke-39 di Paris 2024, Simak Perbandingan dengan Torehan di Olimpiade Sebelumnya

Leave a comment