Informasi Terpercaya Masa Kini

Gender Imane Khelif dari Lin Yu-ting Diragukan, IOC Bela Putusan untuk Izinkan Mereka Tampil di Olimpiade Paris 2024

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Komite Olimpiade Internasional (IOC) membela keputusannya untuk mengizinkan dua petinju wanita yang gendernya sempat diragukan, Imane Khelif dari Aljazair dan Lin Yu-ting dari Taiwan, berkompetisi di Olimpiade Paris 2024.

Imane Khelif baru tampil Kamis, 1 Agustus. Ia memenangi pertarungan babak 16 besar kelas welter atas petinju Italia Angela Carini dalam waktu 46 detik saja. Sedangkan pemegang dua gelar juara dunia asal Taiwan, Lin Yu-ting, baru akan bertarung Jumat ini.

Kemenangan cepat Khelif atas petinju Italia, yang memutuskan mundur setelah rentetan pukulan dari petinju Aljazair, menambah tekanan pada IOC untuk mengizinkan mereka bertinju di Paris.

Sebelumnya, kedua petinju tersebut telah didiskualifikasi dari Kejuaraan Dunia 2023 setelah gagal memenuhi aturan kelayakan Asosiasi Tinju Internasional (IBA) yang melarang atlet dengan kromosom XY pria berkompetisi di nomor wanita. Namun, IBA tak diakui IOC karena masalah tata kelola dan keuangan. Tinju Olimpiade langsung ditangani IOC.

IOC mengatakan keputusan IBA untuk mendiskualifikasi dua petinju itu bersifat sewenang-wenang. Mereka juga menyoroti tindakan itu yang telah memicu kehebohan yang telah membuat orang-orang seperti penulis Inggris JK Rowling dan miliarder Elon Musk menyuarakan penentangan mereka terhadap mereka untuk berkompetisi di Olimpiade.

“Kedua atlet ini adalah korban keputusan tiba-tiba dan sewenang-wenang oleh IBA,” kata IOC dalam sebuah pernyataan. “Menjelang akhir Kejuaraan Dunia IBA pada tahun 2023, mereka tiba-tiba didiskualifikasi tanpa proses hukum apa pun.”

“Menurut risalah IBA yang tersedia di situs web mereka, keputusan ini awalnya diambil semata-mata oleh Sekretaris Jenderal dan CEO IBA.”

Beberapa cabang olahraga telah membatasi kadar testosteron yang diperbolehkan bagi atlet yang berkompetisi dalam kompetisi wanita, sementara cabang olahraga lainnya melarang semua orang yang telah melalui masa pubertas pria.

Perbedaan Gangguan Seksual adalah sekelompok kondisi langka yang melibatkan gen, hormon, dan organ reproduksi. Beberapa orang dengan DSD dibesarkan sebagai perempuan tetapi memiliki kromosom seks XY dan kadar testosteron darah dalam kisaran laki-laki.

IOC mengatakan aturan kelayakan tampil soal gender didasarkan pada Olimpiade Tokyo 2021 dan tidak dapat diubah selama kompetisi. “Agresi saat ini terhadap kedua atlet ini sepenuhnya didasarkan pada keputusan sewenang-wenang ini, yang diambil tanpa prosedur yang tepat – terutama mengingat bahwa kedua atlet ini telah berkompetisi dalam kompetisi tingkat atas selama bertahun-tahun,” kata IOC.

“IOC berduka atas pelecehan yang dialami kedua atlet tersebut,” lanjut mereka. “Setiap orang berhak untuk berolahraga tanpa diskriminasi.”

Dalam sebuah pernyataan, IBA mengutuk “ketidakkonsistenan dalam kelayakan” di Olimpiade Paris. “Baik Imane Khelif maupun Lin Yu-ting setelah menjalani tes, tidak memenuhi kriteria kelayakan yang dibutuhkan untuk berkompetisi dalam kategori wanita di acara kami masing-masing,” kata badan tinju tersebut.

“Sifat mendesak dari keputusan (untuk mendiskualifikasi petinju) itu dapat dibenarkan, karena keselamatan petinju adalah prioritas utama kami.”

REUTERS

Pilihan Editor: Gregoria Mariska Tunjung Jadi Satu-Satunya Wakil Indonesia Tersisa di Olimpiade Paris 2024, Siap Habis-habisan di Perempat Final

Leave a comment