Informasi Terpercaya Masa Kini

PSSI Pastikan Shin Tae-yong Tukangi Timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024 dan Pakai Pemain U-23

0 6

BOLASPORT.COM – Ketua Badan Tim Nasional Indonesia (BTN) PSSI Surmardji mengatakan bahwa pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong akan tetap menukangi tim di ASEAN Cup 2024. Sedangkan untuk pemainnya memakai U-23.

Belakangan ini perkara jadwal timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang mepet jadi perbincangan.

Buntut jadwal mepet ini bahkan beberapa nama pelatih disebut-sebut bisa menjadi pengganti Shin Tae-yong untuk menukangi timnas Indonesia tampil di ASEAN Cup 2024.

Hal ini karena timnas Indonesia dipastikan akan memulai perjuangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September mendatang.

Baca Juga: 13 Penyelamatan Maarten Paes Tak Cukup, Calon Kiper Timnas Indonesia Gagal Cegah FC Dallas Tersingkir

Tim Merah Putih akan menjalani perjalanan yang padat karena jadwal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini akan berlangsung hingga tahun 2025.

Bahkan tim asuhan Shin Tae-yong ini akan menjalani laga pada September, November, hingga November mendatang.

Ini tidak berbeda jauh dengan ASEAN Cup 2024 yang direncanakan bakal berlangsung pada November mendatang.

Pada bulan November timnas Indonesia akan menghadapi dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan melawan Jepang (14/11/2024) dan Arab Saudi (19/11/2024).

Setelah itu, tak membutuhkan waktu lama timnas Indonesia harus langsung menjalani laga ASEAN Cup 2024 yang bakal mulai bergulir pada 23 November 2024.

Tim asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan akan menjalani laga perdana Grup B ASEAN Cup 2024 melawan Myanmar pada 24 November 2024.

Baca Juga: Pujian itu Racun, Indra Sjafri Tidak Mau Dipuja-puja Netizen Usai Rasakan 4 Gelar Juara

Melihat situasi ini, bahkan ada beberapa pihak yang menyebut beberapa pelatih agar bisa memimpin timnas Indoensia di ASEAN Cup 2024.

Hal ini karena Shin Tae-yong diharapkan tetap fokus ke timnas Indonesia yang beraksi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun, PSSI sepertinya sudah memutusakan bahwa Shin Tae-yong dipastikan tetap akan menukangi skuad Garuda untuk berjuang di Piala Asia 2024 mendatang.

Tentu ia juga akan tetap menukangi timnas Indonesia di ASEAN Cup 2024.

“Tetap coach Shin Tae-yong (pelatih di ASEAN Cup 2024),” ujar Sumardji kepada awak media termasuk BolaSport.com di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Selain memastikan soal pelatih di laga dua tahunan tersebut.

Baca Juga: Pemain Terbaik Timnas U-16 Indonesia Berharap Matthew Barker Jangan Pilih Australia

Pria yang juga menjabat sebagai COO Bhayangkara FC tersebut juga memastikan bahwa pelatih Shin Tae-yong sudah sepakat tim yang akan diturunkan buat Piala AFF 2024 nanti.

Menurutnya, PSSI dan pelatih asal Korea Selatan tersebut telah sepakat bahwa timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2024 nantinya pemain U-23.

Pemain yang akan diturunkan untuk tampil di ajang dua tahunan yakni pemain yang bakal bermain di SEA Games 2025 mendatang.

Sementara untuk pemain senior tetap fokus pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dengan pernyataan ini, bisa dipastikan Shin Tae-yong akan membentuk dua tim agar bisa bermain di Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF.

Baca Juga: Dapat Restu Sang Ibu, Matthew Baker Mantep Bersama Timnas U-17 Indonesia dan Siap Gabung TC di Bali

“Kalau senior ini kan sudah disepakati dan kemarin sesuai arahan pak Ketua Umum saat rapat, itu beliau menyampaikan dan sudah disepakati dengan Coach Shin Tae-yong,” kata Sumardji.

Menurutnya, pemain yang akan dipakai untuk mengarungi Piala AFF 2024 nantinya adalah pemain yang bakal beraksi di SEA Games 2025 nanti.

“Bahwa yang akan dipakai untuk AFF adalah tim yang bermain di SEA Games,” tegasnya.

Dengan begitu, Sumardji menekankan bahwa timnas senior akan fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sementara itu, buat pemain U-23 nantinya bisa menjadi andalan di tim.

“Ya senior fokus untuk kualfikasi,” tuturnya.

Leave a comment