Informasi Terpercaya Masa Kini

Sungai Seine, Ikon Paris yang Bikin Malu Olimpiade 2024

0 7

PARIS, KOMPAS.com – Pertandingan cabang olahraga (cabor) triatlon putra di Olimpiade Paris 2024 ditunda hanya beberapa jam sebelum jadwal pada Selasa (30/7/2024), Penyebabnya adalah kualitas air Sungai Seine tidak cukup sehat.

Sesaat sebelum pertandingan seharusnya digelar pada pukul 5.00 pagi waktu setempat, penyelenggara mengumumkan bahwa laga akan ditunda selama 24 jam ke depan dan diadakan langsung setelah perlombaan putri pada Rabu (31/7/2024).

Para atlet pun marah, ofisial Olimpiade kecewa. Panitia Paris 2024 dan federasi World Triathlon mengarahkan telunjuk ke polusi akibat hujan lebat pada Jumat (26/7/2024) dan Sabtu (27/7/2024) yang menyebabkan kualitas air memburuk.

Baca juga: Olimpiade 2024, Hari Kedua Latihan Triatlon Batal karena Sungai Seine Tercemar akibat Hujan

“Paris 2024 dan World Triathlon menegaskan kembali bahwa prioritas kami adalah kesehatan para atlet,” kata pernyataan bersama mereka setelah pertemuan pukul 3.30 pagi waktu setempat.

“Uji coba di Sungai Seine hari ini mengungkap tingkat kualitas air yang tidak memberikan jaminan cukup untuk memungkinkan pertandingan tersebut diselenggarakan.”

“Sayangnya, peristiwa meteorologi di luar kendali kami… dapat mengubah kualitas air dan memaksa kami menjadwal ulang ajanf tersebut karena alasan kesehatan,” lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Penundaan cabor triatlon ini membuat malu otoritas Perancis. Pasalnya, mereka telah menggelontorkan 1,4 miliar euro (Rp 24,74 triliun) selama sepuluh tahun terakhir untuk membersihkan Sungai Seine.

Dikutip dari Britannica, Seine adalah sungai terpanjang kedua di Perancis setelah Loire. Membentang sepanjang 780 kilometer, jaringan Sungai Seine dilewati sebagian besar lalu lintas perairan di pedalaman Perancis.

Sungai Seine juga merupakan salah satu sungai bersejarah terbesar di Eropa.

Namun, hujan deras dapat membanjiri saluran air bawah tanah dan sistem pembuangan limbah kota sehingga menyebabkan limbah tak diolah terbuang ke Sungai Seine.

Setelah musim semi yang sangat basah dan awal musim panas, Sungai Seine berkali-kali gagal dalam uji air hingga awal Juli 2024.

Tingkat bakteri E.Coli yang merupakan indikator kotoran terkadang sepuluh kali lebih tinggi dari batas yang diizinkan.

Baca juga: Kepanikan Carl Lewis, Serena Williams, dan Rafael Nadal Saat Bawa Obor Olimpiade di Sungai Seine

Adapun hasil triatlon putra kali ini sulit diprediksi. Ketiga peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 yakni Kristian Blummenfelt dari Norwegia, Alex Yee dari Inggris, dan Hayden Wilde dari Selandia Baru memiliki peluang sama, sedangkan atlet favorit Perancis yaitu Leo Bergere dan Dorian Coninx juga sangat diunggulkan.

Panitia Olimpiade Paris 2024 sudah membuat jadwal fleksibel untuk menunda pertandingan triathlon selama beberapa hari.

Atau opsi terakhirnya, mereka akan membatalkan cabang renang triatlon dan mengubahnya menjadi duathlon dengan hanya lari dan bersepeda.

Sungai Seine akan digunakan untuk estafet campuran triatlon pada 5 Agustus, kemudian untuk renang maraton sejauh sepuluh kilometer di perairan terbuka pada 8-9 Agustus.

Renang maraton dapat dipindahkan ke lokasi lain di Vaires-sur-Marne di Sungai Marne di sebelah timur Paris.

Wali Kota Paris Anne Hidalgo pada awal bulan ini berenang di Sungai Seine bersama Ketua Olimpiade Paris 2024 Tony Estanguet untuk menunjukkan sungai tersebut cukup bersih untuk Olimpiade.

Hidalgo juga berencana membuat tiga tempat pemandian umum di Sungai Seine bagi warga Paris tahun depan. Sudah satu abad lamanya pemerintag melarang orang-orang berenang di sungai tersebut.

Baca juga: Pembukaan Olimpiade Paris 2024 Digelar di Sungai Seine

Leave a comment