Informasi Terpercaya Masa Kini

4 Alasan Spanyol Bisa Pecundangi Inggris di Final Euro 2024

0 13

Bisnis.com, JAKARTA – Spanyol difavoritkan menang di final Euro 2024 mengalahkan Inggris pada Senin, 15 Juli 2024 pukul 02.00 WIB.

Spanyol lolos ke final setelah mengalahkan Prancis 2-1, sementara Inggris berhasil mencapai puncak kompetisi dengan menekuk Belanda dengan skor yang sama.

Legenda sepak bola Roy Keane tegas mengatakan bahwa dirinya memfavoritkan Spanyol menang di final Euro 2024 ini.

Baca Juga : Jadwal Final Euro 2024: Timnas Spanyol Siap Lawan Belanda atau Inggris

“Saya lebih memilih Spanyol sebagai favorit, tetapi terkadang, banyak hal sudah tertulis di bintang-bintang untuk tim Inggris ini,” katanya kepada ITV Sport.

Bisnis telah merangkum beberapa alasan mengapa Spanyol bisa mengalahkan Inggris di final Euro 2024, Senin mendatang.

Baca Juga : : Timnas Spanyol Bawa Marc Guiu Hingga Titisan Roberto Carlos ke Piala Dunia U17

Alasan Spanyol bisa menang melawan Inggris 1. Sudah biasa menang Euro

Jike menang, Spanyol akan menjadi negara dengan kejuaraan Eropa terbanyak. Saat ini, Spanyol dan Jerman sama-sama telah memenangkan gelar sebanyak tiga kali.

Kemenangan Spanyol sebelumnya diraih pada tahun 1964 (di kandang), 2008, dan 2012.

Baca Juga : : Piala Dunia FIBA 2023: Jadi Juara Bertahan, Timnas Spanyol Tak Mau Jumawa

Di sisi lain, Inggris belum pernah menang di Euro, tetapi tampil untuk kedua kalinya berturut-turut di final. Inggris kalah dalam adu penalti dari Italia di Stadion Wembley di London tiga tahun lalu.

2. Perjalanan Spanyol ke final lebih mulus

Spanyol melaju melalui babak penyisihan grup dengan tiga kemenangan, satu-satunya tim di turnamen yang melakukannya.

Sementara itu, Inggris bekerja keras sepanjang turnamen untuk sampai di sini. The Three Lions mengalahkan Serbia 1-0 dalam pertandingan pembuka mereka, tetapi tidak mengesankan dalam hasil imbang melawan Slovenia dan Denmark untuk menutup pertandingan grup.

Kemudian, Inggris tertinggal lebih dari satu jam melawan Slovakia dan membutuhkan gol pada menit ke-95 dari Jude Bellingham untuk memaksakan perpanjangan waktu dalam pertandingan itu.

Di perempat final, Swiss memimpin pada menit ke-75, tetapi Inggris membalas lagi dan akhirnya menang dalam adu penalti. Belanda mencetak gol pertama di semifinal, tetapi Ollie Watkins mencetak gol kemenangan pada menit ke-90.

Alasan Spanyol akan mengalahkan Inggris di Final Euro 2024

3. Inggris mirip Prancis, bertabur bintang tapi tumpul

Dalam beberapa hal, Inggris mirip dengan lawan semifinal Spanyol, Prancis. Prancis adalah tim yang sangat berbakat yang telah meraih hasil fantastis dalam beberapa tahun terakhir, tetapi kesulitan mencetak gol.

Inggris telah mencapai semifinal di tiga dari empat turnamen besar terakhir dan memiliki skuad yang berbakat di atas kertas, tetapi juga sangat membosankan untuk ditonton selama sebagian besar turnamen ini.

Inggris mungkin memainkan permainan terbaiknya di turnamen melawan Belanda, tetapi Spanyol berada di level yang lebih tinggi dalam kompetisi.

4. Spanyol berpotensi balas dendam

Namun, Inggris bukan tanpa prestasi saat berhadapan dengan Spanyol. 

The Three Lions telah bermain melawan Spanyol di level senior putra sebanyak 27 kali, mencatat 14 kemenangan, tiga kali seri, dan sepuluh kali kalah.

Pertemuan pertama terjadi pada bulan Mei 1929 ketika kedua negara bertemu dalam pertandingan persahabatan di Madrid yang berakhir dengan kemenangan 4-3 untuk Spanyol.Tiga pertemuan terakhir melawan Spanyol

Spanyol 2-3 Inggris , Liga Bangsa-bangsa UEFA, 15 Oktober 2018

Inggris 1-2 Spanyol , Liga Bangsa-bangsa UEFA , 8 September 2018

Inggris 2-2 Spanyol , Pertandingan Internasional, 15 November 2016

Dengan kata lain, Inggris memang dominan saat berhadapan dengan Spanyol. Mereka juga berpotensi bikin kejutan, namun Spanyol juga berambisi balas dendam.

Leave a comment