Informasi Terpercaya Masa Kini

Duel Belanda vs Inggris di Semifinal Euro 2024: Simak Head-to-Head dan Riwayat Pertemuannya

0 9

TEMPO.CO, Jakarta – Laga Belanda vs Inggris akan tersaji dalam semifinal Euro 2024 di SIgnal Iduna Park pada Kamis, 11 Juli 2024, pada pukul 02.00 WIB. Ini akan menjadi duel dua tim yang memiliki sejarah panjang rivalitas dalam sepak bola Eropa. Laga ini akan disiarkan langsung oleh RCTI dan Vision+.

Dalam sejarahnya, Belanda dan Inggris telah bertemu dalam 31 pertandingan di semua ajang. Dari semua laga tersebut, Inggris unggul dengan 13 kemenangan, Belanda mengantongi sembilan kemenangan, dan sembilan laga lainnya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada 6 Juni 2019 silam di di semifinal Liga Negara Eropa 2018-2019. Saat itu, Belanda menang 3-1 pada pertandingan yang membutuhkan perpanjangan waktu.

Meski Inggris unggul dari head-to-head total pertemuan, namun dalam 10 pertemuan terakhir, The Three Lions hanya meraih dua kemenangan lawan Oranje. Dua kemenangan itu diraih pada fase grup Euro 1996, 4-1 dan kemenangan di laga uji coba terakhir yaitu pada 23 Maret 2018 silam, 1-0.

Dalam 10 laga terakhir itu pula, Belanda meraih 4 kemenangan dengan 4 laga lainnya imbang, termasuk kemenangan di semifinal Liga Negara Eropa 2018-2019 itu. Dengan pertandingan semifinal Euro 2024 ini pula, akan menjadi pertemuan keempat di antara Inggris dan Belanda di ajang besar sepak bola (Piala Dunia dan Piala Eropa). Dari tiga pertandingan turnamen besar sebelumnya, masing-masing meraih satu kemenangan dengan satu laga lainnya imbang.

Kini, Virgil van Dijk dan kawan-kawan akan menghadapi Timnas Inggris. Sejumlah pemain tentu sudah dikenal kapten Oranje ini. Sebagai kapten Liverpool, dia akan bertemu dengan bintang seperti Bukayo Saka (Arsenal), Phil Foden (Manchester City), atau juga Harry Kante tentunya, bintang Tottenham Hotspur yang di awal musim 2023-2024 lalu bergabung ke Bayern Munchen.

Head-to-Head Belanda vs Inggris

31 Pertemuan

9 Belanda menang

13 Inggris menang

9 Imbang

Pemain Inggris berlari saat melakukan selebrasi usai mengalahkan Swiss lewat adu penalti dalam pertandingan perempat final EURO 2024 di Dusseldorf Arena, Dusseldorf, 7 Juli 2024. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Berikut Ini Riwayat Pertemuan Belanda dan Inggris:

Euro 1996, Fase Grup, Belanda 1-4 Inggris

Inggris sebagai tuan rumah Euro 1996 berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 4-1 di Stadion Wembley. Pada laga ini, duet Inggris pada masa ini yaitu Alan Shearer dan Teddy Sheringham, masing-masing mencetak dua gol. Satu-satunya gol Oranje di laga ini diciptakan Patrick Kluivert.

Piala Dunia 1990, Fase Grup, Inggris 0-0 Belanda

Inggris di bawah asuhan Sir Bobby Robson sedangkan Belanda bersama pelatih Leo Beenhakker. Laga ini berakhir imbang tanpa gol (0-0). Gary Lineker, John Barnes, Paul Gascoigne, dan Bryan Robson di antara bintang Inggris ketika itu termasuk Peter Shilton di bawah mistar.

Euro 1988, Fase Grup, Inggris 1-3 Belanda

Laga di fase grup Euro 1988 ini akan diingat dengan hat-trick yang diciptakan penyerang Timnas Belanda ketika itu, Marco van Basten. Van Basten mencetak tiga gol tersebut pada menit ke-44, menit ke-73, dan menit ke-76. Dua gol pertama Marco van Basten tercipta karena assist Ruud Gullit.

Pilihan Editor: Prediksi Argentina vs Kanada di Semifinal Copa America 2024: Jadwal Live, Berita Terkini, H2H, Perkiraan Formasi

Leave a comment