Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Fakta Jeongnyeon: The Star is Born, Drakor Terbaru Kim Tae Ri Adaptasi dari Webtoon Terkenal

0 1

Jeongnyeon: The Star is Born adalah drama Korea yang telah lama diantisipasi oleh penggemar. Drama terbaru Kim Tae Ri ini membawakan genre baru dan segar, di mana kisahnya berfokus pada perjuangan sederet tokoh aktor perempuan di tahun 1950-an.

Bahkan sebelum penayangannya, drama female-centered ini telah menjadi topik hangat di kalangan netizen, Bunda. Terutama kalau berbicara tentang akting memukau Kim Tae Ri yang sudah bikin merinding lewat beberapa trailer Jeongnyeon: The Star is Born yang dibagikan oleh tvN.

Jeongnyeon: The Star is Born bisa menjadi tontonan terbaik Bunda di bulan Oktober ini. Kalau begitu, mari intip dulu sinopsis Jeongnyeon: The Star is Born serta fakta menarik lainnya berikut ini.

Sinopsis drama Korea Jeongnyeon: The Star is Born

Kim Tae Ri di drama Korea Jeongnyeon: The Star is Born (2024)/Foto: tvN

Jeongnyeon: The Star is Born membawakan kisah tentang masa kejayaan yeoseong gukgeuk yang singkat dan indah, tetapi telah terlupakan di dalam sejarah Korea. Tepat setelah Perang Korea di tahun 1950-an adalah era di mana teater gukgeuk perempuan menjadi hiburan yang populer di kalangan masyarakat.

Baca Juga : 9 Drama Korea Terbaru Oktober 2024, Terbaik Diprediksi Raih Rating Tinggi

Yoon Jeong Nyeon (Kim Tae Ri) adalah gadis miskin dari Mokpo yang menjual kerang di pasar bersama sang ibunda (Moon So Ri). Jeong Nyeon belum pernah menerima pelatihan formal dari siapa pun, tetapi ia memiliki bakat natural bernyanyi dan akting yang luar biasa.   

Jeong Nyeon bermimpi untuk pergi ke Seoul dan bekerja di perusahaan teater gukgeuk perempuan. Gadis tanpa latar belakang pendidikan tersebut akhirnya menemukan harapan saat Teater Gukgeuk Maeran datang ke Mokpo dalam rangkaian turnya.

Perusahaan teater gukgeuk tersebut dipimpin oleh Kang So Bok (Ra Mi Ran). Jeong Nyeon pun diam-diam mengikuti grup tersebut dan segera menjadi trainee di Seoul. Di sana, ia bertemu dengan Heo Young Seo (Shin Ye Eun) yang akan menjadi rivalnya selama masa pelatihan.

Deretan pemeran utama Jeongnyeon: The Star is Born

Pemeran utama drama Korea Jeongnyeon: The Star is Born (2024)/Foto: Instagram @tvn_drama

Jeongnyeon: The Star is Born adalah drama Korea bertabur bintang papan atas Korea, Bunda. Wajah para pemerannya pasti sudah tak asing lagi bagi penggemar setia dunia drakor.

Berikut adalah deretan pemeran utama Jeongnyeon: The Star is Born.

1. Kim Tae Ri sebagai Yoon Jeong Nyeon

Aktris Kim Tae Ri/Foto: Instagram @kimtaeri_official

Kim Tae Ri adalah aktris kelahiran 24 April 1990 di Seoul, Korea Selatan yang debut lewat film The Handmaiden pada tahun 2016 lalu. Aktris multitalenta ini terkenal membintangi sejumlah drakor hit seperti Mr. Sunshine (2020) hingga Twenty Five Twenty One (2022).

Tak hanya drakor, Kim Tae Ri juga aktif berkancah di layar lebar lewat sejumlah film terkenal. Berkat aktingnya yang memukau, Kim Tae Ri telah dianugerahi berbagai penghargaan dari Baeksang Arts Awards, Blue Dragon Film Awards, hingga Busan Film Ciritcs Awards.

  • Drama Korea populer: Mr. Sunshine (2020), Twenty Five Twenty One (2022), Revenant (2023)
  • Film Korea populer: The Handmaiden (2016), 1987: When the Day Comes (2017), Little Forest (2018), Space Sweepers (2021), Alienoid (2022-2024)
  • Akun Instagram: @kimtaeri_official

2. Shin Ye Eun sebagai Heo Young Seo

Aktris Shin Ye Eun/Foto: Instagram @__shinyeeun

Shin Ye Eun juga telah muncul di banyak drakor terkenal, Bunda. Aktris kelahiran 18 Januari 1998 ini debut akting lewat web drama berjudul A-Teen pada tahun 2018. Namanya mulai dikenal luas setelah berperan sebagai Yoon Jae In di drama He is Psychometric bersama Park Jin Young. Di tahun 2022, Shin Ye Eun kembali mengharumkan namanya setelah memerankan masa muda Lim Ji Yeon di drama Netflix The Glory.

  • Drama Korea populer: He is Psychometric (2019), Meow: The Secret Boy (2020) More Than Friends (2020), Revenge of Others (2022), The Glory (2022-2023), The Secret Romantic Guesthouse (2023)
  • Akun Instagram: @__shinyeeun

3. Ra Mi Ran sebagai Kang So Bok

Aktris Ra Mi Ran/Foto: Instagram @ramirani668

Berikutnya ada aktris papan atas Ra Mi Ran yang terkenal menjadi Nyonya Cheetah di drakor hit Reply 1988. Ra Mi Ran telah membintangi hampir ratusan judul film dan drama Korea sejak debutnya di tahun 2005 lewat film legendaris Sympathy for Lady Vengeance. Berkat banyak peran ikoniknya di drama Korea, Ra Mi Ran menjadi salah satu aktris ahjumma terfavorit di kalangan penggemar.

  • Drama Korea populer: Reply 1988 (2015), Avengers Social Club (2017), The Miracle We Met (2018), Black Dog (2019), Dr. Park’s Clinic (2022), The Good Bad Mother (2023)
  • Film Korea populer: Ode To My Father (2014), Hot Young Bloods (2014), The Last Princess (2016), Miss & Mrs. Cops (2019), Honest Candidate (2020-2022), Citizen of a Kind (2024)
  • Akun Instagram: @ramirani668

4. Jung Eun Chae sebagai Moon Ok Kyeong

Aktris Jung Eun Chae/Foto: Instagram @jungeunchae_

Jung Eun Chae lahir di Busan, Korea Selatan pada 24 November 1986. Aktris cantik ini debut akting lewat drama Korea Pasta tahun 2010 lalu. Ia semakin dikenal luas setelah berperan di drama Korea horor The Guest yang tayang di OCN tahun 2018. Jung Eun Chae juga terkenal di kalangan fans internasional berkat perannya sebagai Choi Kyung Hee di serial Apple TV Pachinko. Di drama Jeongnyeon: The Star is Born, Jung Eun Chae berperan sebagai Moon Ok-kyung.

  • Drama Korea populer: The Guest (2018), The King: Eternal Monarch (2020), L.U.C.A.: The Beginning (2021), Pachinko (2022-2024), Anna (2022), Your Honor (2024)
  • Film Korea populer: Nobody’s Daughter Hae Won (2013), The Fatal Encounter (2014), The King (2017), The Great Battle (2018), The Plot (2024)
  • Akun Instagram: @jungeunchae_

5. Kim Yoon Hye sebagai Seo Hye Rang

Aktris Kim Yoon Hye/Foto: Instagram @kimyoonhye_

Selanjutnya, ada aktris Kim Yoon Hye yang berperan sebagai Seo Hye Rang. Karakternya di sini adalah pemeran utama perempuan yang memiliki keterampilan menari tak tertandingi. Kim Yoon Hye sendiri sebelumnya terkenal membintangi drakor Vincenzo pada tahun 2021. Ia juga telah aktif berakting sejak tahun 2007 lewat film My Son yang dibintangi oleh Cha Seung Won.

  • Drama Korea populer: My Sassy Girl (2017), 18 Again (2020), Vincenzo (2021), Shooting Stars (2022), Goodbye Earth (2024)
  • Film Korea populer: Ghost Sweepers (2012), The Advocate: A Missing Body (2015), Because I Love You (2017), The Sin (2024)
  • Akun Instagram: @kimyoonhye_

Demi perankan Jeong Nyeon, Kim Tae Ri belajar Pansori selama 3 tahun

Kim Tae Ri di drama Jeongnyeon: The Star is Born (2024)/Foto: tvN

Menjelang penayangan perdana Jeongnyeon: The Star is Born, Kim Tae Ri berkesempatan untuk menyampaikan kesannya selama berperan dalam drama tersebut. Dalam sebuah wawancara, Kim Tae Ri berbagi tentang pikirannya saat pertama kali menerima naskah.

“Drama dan webtoon aslinya memiliki daya tarik yang unik. Webtoon aslinya memiliki keheningan dari setiap halaman cetaknya, sementara naskahnya mengisi momen-momen yang diringkas dalam webtoon,” ujar sang aktris.

Lebih lanjut, Kim Tae Ri mengatakan, “Walaupun kebanyakan peranku yang sebelumnya juga mengalami pertumbuhan, Jeong Nyeon benar-benar berawal dari yang tadinya tak ada menjadi ada. Aku merasa seperti mengalami perjalanan sebuah kentang mentah menjadi seseorang.”

Perjuangan dan komitmen Kim Tae Ri untuk membawakan peran Jeong Nyeon mengundang kekaguman fans, Bunda. Pasalnya, Kim Tae Ri diketahui telah belajar dialek Mokpo dan berlatih Pansori selama tiga tahun lamanya.

“Meniru bakat bawaan penyanyi adalah hal yang penting, jadi aku sangat fokus pada latihan vokal. Aku berlatih selama sekitar tiga tahun sejak April 2021 hingga Juni 2024 dan terus mengasah kemampuan menyanyi, menari, dialek, dan opera tradisional sampai syuting selesai,” ucap Kim Tae Ri.

Diadaptasi dari webtoon Jeong Nyeon yang menangkan Grand Prize di Bucheon Comic Awards

Poster spesial Jeongnyeon: The Star is Born (2024)/Foto: tvN

Jeong Nyeon: The Star is Born merupakan adaptasi serial webtoon populer berjudul Jeong Nyeon karya Seo Yi Re dan Na Mon. Webtoon Jeong Nyeon terdiri dari tiga part yang part pertamanya dirilis pada 1 April 2019. Part 3 Webtoon Jeong Nyeon rilis pada 7 Juni 2021 dan berakhir pada 16 Mei 2022.

Menyusul kesuksesannya, Webtoon Jeong Nyeon memenangkan Grand Prize di Bucheon Comics Awards 2024, sebuah festival komik teratas di Korea. Kreator Seo Yi Re dan Na Mon pun menyampaikan pendapatnya mengenai kisah Jeong Nyeon yang sangat terikat dengan sejarah opera tradisional Korea.

“Pasca perang, kita disegarkan kembali dengan adanya changgeuk (opera tradisional Korea dengan elemen pansori) yang berkembang pesat dengan pemain perempuan. Kami memilih gukgeuk perempuan untuk menekankan aspirasi dan keinginan perempuan dan menggambarkannya secara jujur, ini mungkin akan disukai banyak pembaca,” jelas sang kreator, mengutip laman The Chosun Daily.

Webtoon Jeong Nyeon mengikuti perjuangan Yoon Jeong Nyeon, seorang gadis dengan bakat bernyanyi alami yang bergabung dengan kelompok gukgeuk perempuan pasca peperangan di tahun 1950-an. Dalam perjalanannya menjadi bintang gukgeuk terbaik, Jeong Nyeon melalui berbagai tantangan yang membuatnya semaking berkembang.

Mengenal Yeoseong Gukgeuk, opera yang hanya dimainkan oleh perempuan

Jung Eun Chae di drama Jeongnyeon: The Star is Born (2024)/Foto: tvN

Drama Korea Jeongnyeon: The Star is Born sangat berkaitan erat dengan seni tradisional Korea, Bunda. Drama ini mengangkat unsur gukgeuk, teater tradisional Korea yang memadukan seni tari, nyanyian, dan akting.

Di drama Jeongnyeon: The Star is Born, penonton akan diperkenalkan dengan yeoseong gukgeuk, sebuah konsep unik di mana semua karakter baik laki-laki maupun perempuan dimainkan oleh para aktor perempuan. Yeoseong gukgeuk dimulai pada tahun 1948 dan mencapai masa kejayaannya sekitar tahun 1953 hingga 1955.

Namun, seiring berkembangnya bisnis film di tahun 1956, yeoseong gukgeuk mengalami kemunduran dan hampir menghilang di tahun 1960-an. Sementara itu, anggota asli yeoseong gukgeuk pun kembali ke dunia musik tradisional Korea.

Berbeda dengan opera tradisional lainnya, yeoseong gukgeuk memadukan elemen pansori dan changgeuk, dengan menyanyikan lagu-lagu rakyat dan menciptakan cerita dramatis. Seni ini memperlihatkan perempuan sebagai karakter yang kuat dan bebas dari penindasan.

Disutradarai oleh Jung Ji In, sosok di balik drakor hit The Red Sleeve

Drama Korea Jeongnyeon: The Star is Born (2024)/Foto: tvN

Ekspektasi penggemar terhadap Jeongnyeon: The Star is Born semakin meningkat mengetahui Jung Ji In sebagai sutradaranya. Jung Ji In sendiri merupakan sosok pengarah drama Korea populer The Red Sleeve yang tayang di MBC tahun 2021 lalu.

Berkat kesuksesan drama The Red Sleeve, sang sutradara tak ketinggalan menerima banyak penghargaan bergengsi. Mulai dari kategori Sutradara Terbaik di APAN Star Awards 2022, hingga Grand Prize di Korea Communications Commission Broadcasting Awards 2022.

Jeongnyeon: The Star is Born tayang setiap weekend, di sini nonton streaming-nya

Kim Tae Ri di drama Jeongnyeon: The Star is Born (2024)/Foto: tvN

Drama Korea Jeongnyeon: The Star is Born dikonfirmasi tayang perdana pada 12 Oktober 2024. Sebelumnya, tvN mengadakan premiere Jeongnyeon: The Star is Born di bioskop CGV korea pada 10 Oktober 2024 yang dihadiri oleh Kim Tae Ri, Shin Ye Eun, Ra Mi Ran, Jung Eun Chae, dan Kim Yoon Hye.

d

Pilihan Redaksi

  • 5 Transformasi Gaya Rambut Kim Tae Ri, Terbaru Bondol di Drakor Jeongnyeon: The Star Is Born
  • 8 Film Korea Terbaru Oktober 2024, Tontonan Bioskop Terbaik Bulan Ini
  • 4 Cara Diet Shin Ye Eun, Rival Kim Tae Ri di Jeongnyeon: The Star is Born

Jeongnyeon: The Star is Born tayang setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 21.20 KST dengan total 12 episode. Drama ini bisa disaksikan secara streaming melalui platform Disney+ Hotstar di hari yang sama.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment