Informasi Terpercaya Masa Kini

Remaja 14 Tahun Gagal Ginjal Stadium Akhir hingga Koma 3 Hari, Awalnya Mirip Gejala Flu

0 1

Kasus gagal ginjal di kalangan anak-anak kian banyak dilaporkan. Tak hanya di kalangan anak-anak di Indonesia, banyak negara juga melaporkan kasus serupa.

Baru-baru ini, seorang gadis remaja berusia 14 tahun didiagnosis gagal ginjal stadium akhir. Gadis bernama Lilly ini harus dirawat secara intensif di rumah sakit.

Gagal ginjal adalah kondisi ketika ginjal mengalami kerusakan, dan membuat fungsinya menurun dalam menyaring limbah sisa metabolisme dari dalam darah. Di mana limbah tersebut akan keluar melalui urine.

Sang ayah, Christopher menceritakan bahwa penyakit berawal dari gejala flu. Lilly mengalami sakit selama tiga bulan, dan kemudian di rawat di unit perawatan intensif anak (PICU) di Rumah Sakit Anak Bristol.

Bocah asal Yoevil, Smerset, Inggris ini bahkan sempat mengalami koma selama tiga hari, di bulan Juli 2024. Setelah itu, Lilly harus menjalani cuci darah atau dialisis secara rutin untuk mencegah kondisinya memburuk.

Baca Juga : Kisah Perempuan Indramayu Dapat Donor Ginjal dari Ibunda, Merasa Seperti Dilahirkan Kembali

Tak hanya dialisis rutin, dokter yang merawat Lilly, Profesor Richard Coward, juga mengatakan bahwa ia membutuhkan transplantasi ginjal. Menghadapi kondisinya, Lilly ingin memberi dukungan dan bantuan pada orang-orang yang bernasib sama.

Lilly disebut Coward sangat bersemangat untuk membuat perubahan. Kondisi ini pun menarik perhatian para ahli di Inggris untuk mencoba mencari pengobatan dan terapi.

Kisah Lilly ini semakin menyadarkan banyak orang tua untuk mengenali gejala gagal ginjal yang muncul. Demi mencegah gagal ginjal, atau mendapatkan penanganan lebih awal, beberapa di antaranya berikut tanda-tandanya:

  • Kelelahan ekstrem
  • Mual dan muntah
  • Kebingungan dan sulit berkonsentrasi
  • Pembengkakan di sekitar tangan, pergelangan kaki, atau wajah
  • Lebih sering buang air kecil
  • Kram

Masih ada beberapa gejala gagal ginjal yang khas dan mudah dikenali.

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment