Informasi Terpercaya Masa Kini

8 Minuman Detoks Ginjal untuk Empaskan Racun dari Tubuh

0 2

Mengonsumsi minuman detoks ginjal yang mampu empaskan racun mengendap di tubuh dapat membuat tubuh lebih sehat. Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi untuk menyaring darah dari racun atau kelebihan senyawa tertentu agar tidak menyebar ke seluruh tubuh. Namun terkadang racun tersebut dapat tertinggal di ginjal dan mengendap.

Racun yang mengendap dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti batu ginjal, infeksi ginjal, hingga gagal ginjal. Untuk mencegah hal tersebut, penting untuk membersihkan ginjal secara rutin.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman detoks ginjal. Minuman detoks ginjal adalah minuman yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu membersihkan ginjal dari racun.

Minuman detok ginjal1. Ekstra air putih setiap hari

Air putih merupakan minuman detoks ginjal yang paling sederhana namun paling efektif. Air putih dapat membantu ginjal untuk membuang racun melalui urine.

Mengutip dari Healthline, ketika asupan air kurang, volume urine juga rendah. Output urin yang rendah dapat menyebabkan disfungsi ginjal, seperti pembentukan batu ginjal.

Untuk itu, sangat penting minum cukup air putih agar ginjal dapat membuang sisa bahan limbah dengan baik. Hal ini sangat penting selama pembersihan ginjal.

Baca Juga : 7 Minuman Detoks Terbaik untuk Cegah Kerusakan Ginjal yang Mudah Dibuat

Orang dewasa disarankan untuk minum air putih setidaknya 2 liter per hari. Bahkan menurut Institute of Medicine, asupan cairan harian yang direkomendasikan masing-masing adalah 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter buat wanita.

Air putih dapat membantu ginjal untuk membuang racun dengan cara meningkatkan aliran urine, membantu ginjal untuk mengeluarkan asam urat dan mineral yang dapat membentuk batu ginjal, serta menyerap nutrisi penting.

2. Air jahe

Jahe memiliki sifat diuretik yang dapat membantu ginjal dalam membuang racun. Selain itu, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah peradangan di ginjal.

Jahe dapat membantu ginjal untuk membuang racun dengan cara meningkatkan aliran urine dan meredakan peradangan di ginjal.

3. Teh dandelion

Teh dandelion juga bersifat diuretik yang dapat membantu ginjal dalam membuang racun. Selain itu, teh dandelion juga mengandung vitamin A, B, C, D, serta zat besi yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Teh dandelion dapat membantu ginjal untuk menambah asupan antioksidan serta menyerap nutrisi penting.

4. Air lemon

Air lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain itu, air lemon juga dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal. 

Asam sitrat dalam air lemon dapat membantu ginjal untuk membuang racun dengan mengikat mineral yang dapat membentuk batu ginjal.

5. Air cuka sari apel

Air cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu membersihkan ginjal dari infeksi. Selain itu, air cuka sari apel juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal. 

Minuman detoks ginjal ini bisa membuang racun dengan cara membunuh bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi ginjal. Selain itu, mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

6. Jus cranberry

Jus cranberry memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih, termasuk ginjal. Selain itu, jus cranberry juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Jus cranberry dapat membantu ginjal dengan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Lewat uji klinis yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi cranberry kering manis setiap hari selama 2 minggu mengalami penurunan infeksi saluran kemih.

7. Jus delima

Jus delima kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan. Selain itu, jus delima juga dapat membantu menurunkan tekanan darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. 

Antioksidan dalam jus delima dapat membantu ginjal untuk membuang racun dengan melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas serta menurunkan tekanan darah. 

8. Teh hydrangea

Hydrangea adalah semak berbunga cantik, terkenal dengan bunga lavender, merah jambu, biru, dan putihnya. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak teh hydrangea yang diberikan selama 3 hari menawarkan efek perlindungan terhadap kerusakan ginjal. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kemampuan antioksidan tanaman ini. 

Tips menjaga kesehatan ginjal

Selain mengonsumsi minuman detoks ginjal, Bunda juga perlu menjaga kesehatan ginjal dengan cara:

  • Mengontrol tekanan darah
  • Menjaga kadar gula darah
  • Menjaga berat badan
  • Olahraga secara teratur
  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Menghindari konsumsi alkohol dan rokok

Sudahkah rutin mengonsumsi minuman detoks ginjal setiap hari?

Pilihan Redaksi

  • 7 Minuman Detoks yang Membersihkan Hati dari Tumpukan Racun
  • Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Gizi dan Nutrisi Beserta Manfaatnya
  • Ketahui Durasi dan Waktu Tidur Siang yang Baik Menurut Ahli & Manfaatnya bagi Kesehatan

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment