Informasi Terpercaya Masa Kini

Barack Obama Dilaporkan Ingin Joe Biden Pertimbangkan Lagi Pencalonan di Pilpres AS 2024

0 11

TEMPO.CO, Jakarta – Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama secara pribadi mengatakan pada politikus Partai Demokrat agar jalan Presiden Joe biden untuk terpilih kembali dikesampingkan. Obama menilai, Biden, 81 tahun, harus benar-benar mempertimbangkan untuk mengakhiri kampanyenya.

Di tengah upaya sebagian politikus Partai Demokrat yang ingin Biden keluar dari pilpres AS 2024, Obama sebelumnya cenderung berada ‘di tepi’. Selain mengunggah pesan bernada dukungan paska-debat calon presiden melawan Donald Trump pada akhir bulan lalu, Obama belum menyentil soal penurunan kemampuan kognitif Biden, sebaliknya Obama dilaporkan memilih untuk tidak menghentikan langkah teman dekatnya. Sedangkan aktor George pada awal bulan lalu blak-blakan meminta Biden untuk berhenti dari pencalonan presiden AS.

“Obama terlibat dalam pembicaraan mendalam soal masa depan kampanye Biden,” demikian pemberitaan Washington Post pada Selasa, 16 Juli 2024.

Dalam pembicaraan mendalam yang dilakukan pada akhir pekan lalu, dilaporkan hadir pula mantan ketua DPR AS Nancy Pelosi, Ketua mayoritas Senat AS Chuck Schumer. Washington Post menulis Obama mengatakan pada tamu yang hadir bahwa dia waswas dengan hasil pemilu nanti yang malah akan menyingkirkan Biden dan memperluas jalan Trump. Obama pun menyampaikan kekhawatiran donatur pada Partai Demorat yang mulai waswas.

Sebelumnya Presiden Biden pada 3 Juli 2024, berjanji tak akan mengundurkan diri dari pilpres 2024 setelah dilakukan rapat antara tim kampanyenya dengan anggota parlemen dari Partai Demokrat dan sejumlah gubernur. Pernyataan Biden itu disampaikan untuk membungkam seruan-seruan yang memintanya meninggalkan pilpres 2024 setelah penampilannya dalam debat calon presiden pada akhir pekan lalu, tak maksimal.

Sejumlah sumber yang faham dengan isu ini menyebut Biden sudah dihubungi tim kampanyenya dan mereka blak-blakan mengatakan Biden tak bisa “kemana-mana”. Jika tidak ada aral melintang, pilpres 2024 akan diselenggarakan pada 5 November 2024.

Isu soal usia Biden yang sudah 81 tahun dan kesehatan mental, menyeruak paska-acara debat capres dengan Trump. Biden ketika itu, kadang-kadang bergumam dan kehilangan akal sehatnya. Biden beralasan dia saat itu memang lelah karena rangkaian kunjungan kerja ke luar negerinya.

Sumber: RT.com

Pilihan editor: Profil CEO Netflix Ted Sarandos yang Klaim Perusahaanya Membuat Dunia Lebih Aman

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini

Leave a comment