Informasi Terpercaya Masa Kini

Bisakah Ubi Cilembu untuk Diet? Simak Faktanya Berikut Ini Bun

0 5

Ubi Cilembu, si manis berwarna oranye ini, terkenal dengan kelezatannya dan digemari banyak orang. Tahukah apakah bisa ubi Cilembu juga untuk diet?

Ya, ubi Cilembu bisa menjadi pilihan camilan atau makanan pendamping nasi yang sehat dan mengenyangkan bagi Bunda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Kandungan serat dan nutrisinya yang tinggi membantu mengendalikan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan pencernaan. Itulah mengapa ubi Cilembu bagus untuk diet dan kesehatan secara keseluruhan.

Fakta kandungan nutrisi Ubi

Ubi Cilembu kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, kalium, dan antioksidan. Kandungan seratnya yang tinggi membantu memperlambat pencernaan dan menjaga rasa kenyang lebih lama sehingga membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi konsumsi kalori.

Dibandingkan dengan nasi putih, ubi Cilembu memiliki kalori yang lebih rendah. Dalam 100 gram ubi Cilembu, terkandung sekitar 86 kalori, sedangkan 100 gram nasi putih mengandung sekitar 175 kalori. 

Baca Juga : 7 Cara Diet Cepat Kurus dalam 1 Minggu, Bisa Dicoba Bun

Ubi Cilembu pun rendah lemak sehingga aman dikonsumsi bagi Bunda yang sedang menjalani program diet turun berat badan. Menurut USDA, 100 gram ubi mentah mengandung:

  • Kalori: 86 kkal
  • Karbohidrat: 20,1 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 1,6 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Vitamin A: 769% dari nilai harian (DV)
  • Vitamin C: 3% dari DV
  • Vitamin B6: 10% dari DV
  • Kalium: 11% dari DV

Bisakah ubi Cilembu untuk diet menurunkan berat badan?

Ubi Cilembu bisa untuk diet karena kandungan seratnya yang tinggi, kadar lemak dan kalori yang rendah, serta kepadatan nutrisinya.

Ubi bisa membantu Bunda meningkatkan rasa kenyang, mengatur kadar gula darah, dan menyediakan vitamin dan mineral penting. Selain itu, ubi juga rendah natrium dan kaya antioksidan.

Meski demikian, penting untuk diperhatikan bahwa penurunan berat badan memerlukan defisit kalori yang dicapai melalui diet seimbang dan olahraga. Ubi bisa menjadi tambahan yang sehat untuk rencana penurunan berat badan, namun bukan merupakan solusi mandiri untuk membuat Bunda menjadi langsing

Manfaat ubi Cilembu untuk diet1. Kandungan serat yang tinggi

Ubi merupakan makanan berserat tinggi yang mampu membuat Bunda kenyang lebih lama. Hal ini memudahkan Bunda untuk menjalankan diet kalori yang dikontrol.

Mengutip HealthifyMe, sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan serat makanan mendorong penurunan berat badan pada Bunda yang mengonsumsi makanan dengan pembatasan kalori.

Lebih lanjut, penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menyatakan bahwa konsumsi ubi membantu meningkatkan rasa kenyang pada orang dewasa.

Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar juga bisa mengatur kadar gula darah sehingga dapat mengurangi nafsu makan dan mencegah makan berlebihan.

Menurut penelitian lain, mengonsumsi ubi membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 sehingga menunjukkan bahwa ubi juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

2. Makanan rendah lemak dan kalori

Ubi secara alami rendah lemak dan kalori dengan porsi 100 gram hanya memiliki 86 gram kalori dan 0,1 gram lemak. Dengan memasukkan ubi ke dalam makanan harian, Bunda dapat menambah jumlah dan rasa tanpa mengonsumsi kalori berlebihan.

3. Padat nutrisi

Penelitian membuktikan bahwa ubi jalar merupakan makanan padat nutrisi. Ubi merupakan sumber potasium dan vitamin A dan C yang baik. 

Ubi kaya akan antioksidan yang melindungi sel Bunda dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga dapat membantu mengurangi peradangan, yang merupakan faktor risiko banyak penyakit kronis. 

Memasukkan makanan kaya antioksidan seperti ubi ke dalam makanan dapat mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Mengonsumsi makanan padat nutrisi seperti ubi jaljugaar memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Bunda saat fokus menurunkan berat badan.

4. Rendah natrium

Berdasarkan penelitian, ubi secara alami rendah natrium. 100 g ubi jalar mengandung 73 mg natrium. Mengonsumsi makanan rendah sodium seperti ubi dapat membantu mengurangi retensi air.

Ada pun manfaat lain ubi untuk kesehatan secara keseluruhan;

5. Bagus untuk mata

Ubi terutama yang berwarna lebih gelap seperti oranye dan merah, mendapatkan warnanya dari antioksidan yang disebut beta-karoten. Menurut penelitian, beta-karoten diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh dan digunakan untuk membentuk reseptor pendeteksi cahaya di dalam mata Bunda.

6. Anti kanker

Ubi menawarkan beragam antioksidan yang membantu melindungi terhadap jenis kanker tertentu. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker termasuk kandung kemih, usus besar, lambung, dan payudara.

7. Anti diabetes

Ubi jika direbus, memiliki GI yang rendah yaitu 46. Dan waktu perebusan juga mempengaruhi indeks ini. 

Penelitian menunjukkan bahwa metode memasak dapat mengubah struktur dan sifat pati sehingga menimbulkan efek signifikan terhadap respon glukosa darah postprandial. Periode didih yang lebih tinggi berarti GI yang lebih rendah.

GI rendah berarti makanan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga mencegah lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Tips konsumsi ubi Cilembu untuk diet

  • Pilih ubi Cilembu yang masih segar dan tidak busuk.
  • Konsumsi ubi Cilembu dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat serat yang maksimal.
  • Olah ubi Cilembu dengan cara yang sehat, seperti direbus, dikukus, atau dipanggang.
  • Hindari menggorengnya dengan minyak berlebihan.
  • Konsumsi ubi Cilembu sebagai camilan atau pengganti nasi dalam menu makan Bunda.
  • Perhatikan porsi makan. Meskipun ubi Cilembu baik untuk diet, konsumsilah dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan kalori Bunda.
  • Kombinasikan ubi Cilembu dengan pola makan sehat dan olahraga teratur untuk hasil diet yang optimal.

Perlu diingat bahwa diet yang efektif adalah diet yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan Bunda. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan program diet yang tepat untuk Bunda.

Pilihan Redaksi

  • 7 Minuman yang Bisa Menghambat Penurunan Berat Badan Menurut Pakar, Hindari saat Diet
  • 5 Fakta Hara Hachi Bu, Diet Ampuh Asal Jepang untuk Turunkan BB
  • 7 Cara Membuat Salad Sayur untuk Diet, Ternyata Tidak Bisa Asal Bun!

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment