Informasi Terpercaya Masa Kini

Sampai Kapan Orang Tua Boleh Mandi Bareng Anak? Ini Kata Psikolog

0 7

Bunda dan Ayah pasti tidak ingin terlepas dari anak, ya. Bahkan, ada beberapa orang tua yang turut mengajak Si Kecil untuk mandi bersama, lho.

Ada banyak alasan mengapa Bunda dan Ayah memutuskan untuk mandi bersama Si Kecil. Tidak hanya untuk menjaga mereka, Bunda pun berpikir untuk ‘sekalian basah’ sehingga ikut mandi bersama.

Meski begitu, ternyata Bunda dan Ayah tidak boleh selalu mandi bareng dengan anak. Kira-kira sampai usia berapa ya batasannya?

Batas usia orang tua boleh mandi bareng anak

Menurut Psikolog Anak dan Remaja, Mutia Aprilia, mengungkap bahwa baiknya anak tidak lagi diajak mandi bersama ketika usianya sudah mencapai dua tahun. Namun, Bunda tetap diperbolehkan mereka sampai mereka bisa mandi sendiri dengan bersih.

“Sebaiknya di atas dua tahun sudah mulai tidak mandi bareng,” ujarnya pada HaiBunda saat dihubungi Rabu, (24/7/2024).

“Tetapi kalau orang tua memandikan anak, boleh sampai sekitar usia enam atau tujuh tahun, atau ketika anak sudah bisa mandi sendiri dengan bersih,” sambungnya.

Baca Juga : Jangan Biasakan Anak Mandi Tanpa Busana di Depan Umum, Ini Penjelasan Psikolog

Sejalan dengan hal ini, Psikolog Anak, Adisti F Soegoto, menjelaskan bahwa biasanya anak berhenti mandi bersama orang tuanya sampai usia empat atau lima tahun. Di usia ini, mereka sudah mulai mengenal gender identity.

“Biasanya di usia 4-5 tahun mereka sudah mulai mengenal perbedaan tubuh dan gender,” kata wanita yang biasa dipanggil Adisti ini kepada HaiBunda.

Tidak hanya itu, ketika mandi bersama anak, mereka akan melihat orang tuanya tidak mengenakan busana. Atau sebaliknya, anak juga melihat dirinya tidak mengenakan busana di depan orang tuanya.

Jangan lupa untuk mengajarkan anak untuk mencoba mandi sendiri. Beri Si Kecil kesempatan untuk mencoba kegiatan ini sendiri.

“Beberapa anak yang usianya di atas lima tahun ada yang masih sering mandi bersama orang tuanya. Nah, orang tua juga perlu ingat bahwa anak perlu berlatih melakukan keterampilan mengurus dirinya. Sehingga, baiknya latih juga anak secara perlahan untuk mandi sendiri,” kata Psikolog Dr.Richard Beyer, melansir dari laman Fatherly.

Demikian informasi seputar batas usia orang tua boleh mandi bareng anak. Semoga dapat memberikan manfaat, ya.

Pilihan Redaksi

  • Sampai Usia Berapa Ayah Boleh Memangku Anak Perempuannya?
  • Anak Kecil Butuh Banyak Pelukan, Ini Jumlah Minimal dalam Sehari agar Nilai Akademis Lebih Baik
  • Sampai Kapan Ayah Boleh Memeluk Anak Perempuannya? Ini Kata Praktisi Psikologi

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment