Informasi Terpercaya Masa Kini

12 Film Indonesia yang Punya Skor Rating Sempurna Menurut Kritikus Film Dunia

0 9

Film-film Indonesia tidaklah kalah saing dengan produk film dari negara lain, lho Bunda. Bahkan, banyak di antara karya produksi Tanah Air ini yang tayang di luar negeri dan  mendapatkan rating tinggi dari para kritikus film dunia. 

Salah satu situs yang menyediakan rating ulasan kritikus film adalah Rotten Tomatoes. Situs ini sangat diandalkan oleh para penikmat layar lebar ketika menilai kualitas film.

Nah, dari banyaknya film Indonesia yang sudah dirilis, ternyata ada beberapa film yang mendapatkan rating sempurna di Rotten Tomatoes, yakni 100 persen. Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan, ya Bunda.

Berikut 12 film Indonesia terbaik dengan rating tertinggi menurut para kritikus film di Rotten Tomatoes. Semuanya sangat layak dan seru untuk ditonton.

Baca Juga : 27 Film Komedi Romantis Indonesia Terbaik Rating Tertinggi, Lucu dan Seru Bun!Kumpulan film Indonesia yang punya skor rating sempurna di Rotten Tomatoes berdasarkan kritikus film dunia

Mendapatkan rating sempurna, yakni 100 persen di situs Rotten Tomatoes merupakan hal yang luar biasa di dunia sinematik. Film yang memiliki rating tinggi di laman ini artinya memiliki kualitas dari semua segi yang diacungi jempol.

Rotten Tomatoes memberi ruang untuk para kritikus film dari berbagai negara untuk berpendapat dan memberi nilai dan ulasan terhadap suatu film. 

Melansir dari laman detikcom, film yang memiliki rating 75-100 persen di Rotten Tomatoes akan mendapatkan predikat Certified Fresh. Nah, untuk mendapatkan label itu, film harus memiliki skor di atas 75 persen di setiap segi sinematisnya.

Berikut 12 film karya Tanah Air Indonesia yang berhasil mendapatkan rating tinggi di Rotten Tomatoes sepanjang masa:

1. Opera Jawa (2006)

Film Indonesia Opera Jawa/Foto: SET Film

Opera Jawa merupakan film musikal Indonesia yang rilis di tahun 2006 lalu. Meskipun termasuk film lawas, Opera Jawa berhasil menyita perhatian para kritikus film dengan ulasan rating sebesar 100 persen di Rotten Tomatoes, Bunda.

Film ini menceritakan hidup seorang tukang jagal kaya raya, bernama Setyo (Eko Supriyanto) yang jatuh cinta pada Siti, istri (Artika Sari Devi) dari pengrajin tanah liat yang miskin, Ludiro (Martinus Miroto). Namun, hal ini membawa pertumpahan darah yang tak berujung kepada mereka bertiga.

Opera Jawa adalah karya besutan Garin Nugroho dan merupakan film musikal pertama di Indonesia. Film ini juga sebuah karya adaptasi epos legenda Ramayana.

Dilansir CNN Indonesia, keberhasilan Opera Jawa bahkan sampai ke tanah Eropa dan Amerika. Film ini berhasil masuk dan memenangkan penghargaan di beberapa festival film, seperti penghargaan di kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktris Terbaik di 35th Festival International Film Independent Bruxelles.

  • Genre: musikal, drama
  • Pemain utama: Martinus Miroto, Artika Sari Devi, Eko Supriyanto
  • Situs atau platform menonton: –

2. Belenggu (2012)

Film Indonesia Belenggu/Foto: Falcon Pictures

Selanjutnya ada film bertajuk Belenggu yang bergenre horor. Film ini juga berhasil mendapatkan rating 100 persen di Rotten Tomatoes, Bunda.

Belenggu menceritakan kisah horor psikologis di sebuah kota kecil. Para penduduk kota ini dihantui rasa ketakutan yang mencekam pasca terjadi kasus pembunuhan, di mana pelakunya masih bebas berkeliaran.

Semua warga saling mencurigai satu sama lain. Tak terkecuali Elang (Abimana Aryasatya), pemuda dengan gangguan jiwa. Ia seringkali dihantui teror dari sosok misterius berkostum kelinci.

Selain itu, film yang dibintangi Laudya Cynthia Bella ini juga pernah menyabet beberapa penghargaan bergengsi. Belenggu pernah memenangkan Piala Citra Festival Film Indonesia di tahun 2013 lalu. Dua piala dari kategori Penata Artistik Terbaik dan Penata Musik Terbaik berhasil diboyong oleh film ini.

  • Genre: horor, mystery
  • Pemain utama: Imelda Therinne, Abimana Aryasatya, Laudya Cynthia Bella, Arswendy Beningswara
  • Situs atau platform menonton: Netflix

3. Yuni (2021)

Film Indonesia Yuni/Foto: Instagram @forkafilms

Film Yuni adalah kisah seorang gadis muda bernama Yuni yang duduk di bangku SMA. Ia merupakan sosok yang cerdas dan berkeinginan besar untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan. Namun, untuk menggapai cita-cita tersebut, Yuni perlu dihadapkan dengan masalah patriarki yang begitu membuatnya mengubur impian. 

Yuni merupakan karya garapan sutradara Kamila Andini yang berhasil mendapatkan rating 100 persen di Rotten Tomatoes. Selain itu, film ini juga banjir piala penghargaan di festival film Indonesia dan manca negara.

Beberapa penghargaan yang Yuni raih antara lain adalah Film Panjang Terpilih di Piala Maya 2021, Youth Jury Award 2022 di International Film Festival Gorinchem, hingga Honorary Distinction di Cyprus Film Days International Festival 2022.

  • Genre: drama, romantis
  • Pemain utama: Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita, Asmara Abigail
  • Situs atau platform menonton: Disney+ Hotstar

4. Penyalin Cahaya (2021)

Film Indonesia Penyalin Cahaya/Foto: Netflix

Penyalin Cahaya sukses mendapatkan rating sempurna di Rotten Tomatoes, yakni 100 persen. Film ini juga berhasil menerima banyak penghargaan Piala Citra FFI 2021 lalu, Bunda.

Sebanyak 12 penghargaan sukses diborong Penyalin Cahaya. Beberapa kategori yang dimenangkan antara lain Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penata Busana Terbaik, dan masih banyak lagi.

Penyalin Cahaya mengisahkan Sur (Shenina Cinnamon) yang berjuang mendapatkan keadilan pasca tersebarnya foto tak senonoh miliknya yang tersebar di media sosial. Kemalangan ini membuat beasiswa Sur dicabut dan diusir dari rumah. 

Sur dan teman-temannya pun menyelidiki siapa pelaku yang memotret dan menyebar foto dirinya. Hingga pada akhirnya, ia dihadapkan oleh kepahitan yang menyakiti hati.

  • Genre: drama
  • Pemain utama: Shenina Cinnamon, Chicco Kurniawan, Lutesha Farah
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5. Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

Film Indonesia Pengabdi Setan 2: Communion/Foto: Rapi Films

Siapa yang tak kenal dengan film horor karya Joko Anwar satu ini. Pengabdi Setan 2: Communion adalah film seri kedua dari Pengabdi Setan (2017).

Pengabdi Setan 2: Communion mengisahkan keluarga Rini (Tara Basro) yang hidup di rumah susun pasca teror hantu yang mengikuti mereka di rumah lama. Namun, ternyata gangguan tersebut masih mengikuti mereka sebab keterlibatan sang Ayah (Bront Palarae) dengan sekte pengabdi setan.

Film horor yang identik dengan “hantu ibu” ini berhasil mencetak skor rating 100 persen di Rotten Tomatoes. Banyak kritikus film memuji bagaimana karya sinema ini sukses menyajikan adegan mencekam yang sempurna.

Film ini sukses memenangkan beragam piala di banyak festival film, seperti Piala Citra untuk Penata Efek Visual Terbaik di tahun 2022 lalu. Tak hanya itu, Pengabdi Setan 2 juga banyak ditayangkan di beberapa negara dengan versi bahasanya masing-masing, Bunda.

  • Genre: horor, mystery, thriller
  • Pemain utama: Tara Basro, Endy Arian, Bront Palarae, Nasar Annuz, Ratu Felisha
  • Situs atau platform menonton: Disney+ Hotstar

6. Nana (Before, Now & Then) (2022)

Film Indonesia Before, Now & Then/Foto: Forka Films

Before, Now & Then adalah film drama berlatarkan tahun 1960-an. Film ini menceritakan kehidupan perempuan Sunda, Nana (Happy Salma) yang bertahan hidup pasca ditinggal mati suami dan ayahnya.

Di tengah kericuhan konflik di Jawa Barat dan pecahnya komplotan tak beretika, Nana perlu kabur dari para pria yang ingin menjadikannya istri. Belum lagi pandangan para warga yang menganggapnya sebagai perempuan matre. Hidup Nana tidaklah muda meski ia seorang perempuan yang hidup di keluarga ternama.

Di situs Rotten Tomatoes, film Nana: Before, Now & Then ini mendapatkan rating 100 persen dari para kritikus film. Hebatnya lagi, film ini juga sudah menabung banyak penghargaan dari festival film bergengsi di berbagai negara. Contohnya adalah Best Screenplay Award di Festival Film Internasional Be2Can 2022 di Praha dan Best Film di Asia Pacific Screen 2022.

Before, Now & Then pun seringkali berkesempatan tayang di layar lebar manca negara, mulai dari Amerika Serikat, Jepang, China, hingga Polandia. Keren sekali, ya Bunda.

  • Genre: drama
  • Pemain utama: Happy Salma, Laura Basuki, Arawinda Kirana, Arswendi Beningswara, Ibnu Jamil
  • Situs atau platform menonton: Prime Video

7. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Film Indonesia Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak/Foto: Kaninga Pictures

Film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak mengisahkan hidup seorang janda bernama Marlina (Marsha Timothy) yang tinggal sebatang kara di sebuah pegunungan sabana di Sumba. Film ini terbagi dalam empat babak, yakni Perampokan, Perjalanan, Pengakuan Dosa, dan Kelahiran.

Film ini menyajikan adegan yang sarat akan konflik sosial yang sering menimpa perempuan. Oleh sebab itu, banyak kritikus film memuji karya sinema satu ini hingga mendapatkan rating 98 persen di Rotten Tomatoes.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sukses mengantongi belasan piala penghargaan di Tanah Air, seperti Best Film di Piala Maya 2017. Selain itu, film karya Mouly Surya ini juga berhasil memenangkan penghargaan di Asian World Film Festival 2018, Festival Internation du Film deFemmesde Sale, dan masih banyak lagi.

  • Genre: drama, mystery, thriller
  • Pemain utama: Marsha Timothy, Egy Fedly, Dea Panendra
  • Situs atau platform menonton: Netflix

8. Perempuan Tanah Jahanam (2019) 

Film Indonesia Perempuan Tanah Jahanam/Foto: X @jokoanwar

Perempuan Tanah Jahanam adalah film yang menceritakan perjuangan hidup sepasang sahabat yang bertahan hidup di kota, yakni Maya (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita). Namun, Maya mendapatkan teror pembunuhan dari seorang pria misterius saat dirinya bekerja. Hal ini membawanya pada kejadian horor tatkala ia menyelidiki motif dibalik aksi pria tersebut.

Film karya Joko Anwar ini kembali mendapatkan skor rating yang tinggi dari para kritikus film di Rotten Tomatoes, yakni 92 persen. Perempuan Tanah Jahanam banyak mengantongi pujian dari para penonton.

Beberapa penghargaan juga enggak ketinggalan film ini raih, Bunda. Contohnya adalah Film Terbaik dan Sutradara Terbaik di Piala Citra Festival Film Indonesia 2020. Perempuan Tanah Jahanam juga berhasil masuk ke dalam nominasi Piala Oscar, lho Bunda.

  • Genre: horor, mystery, thriller
  • Pemain utama: Tara Basro, Ario Bayu, Marissa Anita, Christine Hakim, Asmara Abigail
  • Situs atau platform menonton: Netflix

9. The Night Comes for Us (2018)

Film Indonesia The Night Comes for Us/Foto: Netflix

Selanjutnya ada The Night Comes for Us yang berhasil mengumpulkan rating sebesar 91 persen Rotten Tomatoes, Bunda. Film penuh adegan aksi ini sukses mendapatkan pujian dari para penonton sebab aksi perkelahian para aktormya yang memukau.

The Night Comes for Us mengisahkan pertarungan antar organisasi kriminal dengag geng-geng pembunuh. Kisah ini berfokus pada Ito (Joe Taslim), seorang pembunuh bayaran elit yang ingin keluar dari lingkaran kriminal. Namun, upaya ini memerlukan usaha yang berat sebab ia menjadi target serangan geng pembunuh.

The Night Comes for Us berhasil mengantongi penghargaan Piala Maya untuk Special Mention: Film Indonesia Berkibar di Platform Digital Internasional di tahun 2018 lalu. 

  • Genre: action, mystery, thriller
  • Pemain utama: Joe Taslim, Iko Uwais, Julia Estelle, Sunny Pang
  • Situs atau platform menonton: Netflix

10. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Film Indonesia Ratu Ilmu Hitam/Foto: Rapi Films

Satu lagi film karya Joko Anwar yang berhasil menoreh rating tinggi di Rotten Tomatoes. Ratu Ilmu Hitam meraih skor ulasan sebesar 89 persen, Bunda.

Ratu Ilmu Hitam menceritakan tentang tiga keluarga yang berkunjung ke panti asuhan. Hanif (Ario Bayu) mengajak istri dan anak-anaknya ke panti asuhan tempat ia dibesarkan.

Dua sahabat Hanif lainnya pun ikut melakukan hal yang sama. Keduanya membawa istri masing-masing untuk ikut berkunjung ke panti asuhan.

Namun, tujuan berkunjung yang diharapkan bisa menjadi momen bahagia justru menjadi malam penuh teror mencekam. Sebuah teror santet menghantui mereka hingga membuat beberapa orang jatuh bersimbah darah.

Di tahun 2020 lalu, film Ratu Ilmu Hitam memenangkan beberapa penghargaan Piala Citra. Film ini mengantongi piala untuk Penata Efek Visual Terbaik dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik di Festival Film Indonesia.

  • Genre: horor, thriller, mystery
  • Pemain utama: Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Nasya, Adhisty Zara, Muzakki Ramdhan, Ari Irham
  • Situs atau platform menonton: Netflix, Prime Video, Vidio

11. The Raid: Redemption (2011)

Film The Raid: Redemption/Foto: XYZ Films

The Raid: Redemption merupakan film laga Indonesia yang menjadi ikonik sinema action. Film ini bahkan menggandeng para aktor yang jago bela diri untuk berlakon dan berhasil mendapatkan rating Rotten Tomatoes sebesar 87 persen.

Film The Raid mengisahkan sekelompok polisi Indonesia yang sedang menjalankan misi untuk menangkap bandar dan bos narkoba. Kelompok yang diketuai oleh Rama (Iko Uwais) ini menggerebek sebuah apartemen kumuh di Jakarta. 

The Raid: Redemption adalah karya sinema yang menargetkan pasar internasional. Melansir dari laman CNN Indonesia, film ini meraih lebih dari Rp2,7 milyar atas penayangannya di beberapa teater Amerika Serikat dan Kanada.

  • Genre: action
  • Pemain utama: Iko Uwais, Joe Taslim, Donny Alamsyah, Yayan Ruhian
  • Situs atau platform menonton: Apple TV, Prime Video, Netflix, Vidio

12. The Raid 2: Berandal (2012)

Film The Raid 2: Berandal/Foto: XYZ Films

The Raid 2: Berandal adala seri kedua dari The Raid (2011). Kisah ini melanjutkan kehidupan polisi bernama Rama (Iko Uwais) yang ingin hidup tenang selepas bertarung dengan gerbong kriminal pengedar narkoba.

Sayangnya, impian tersebut tak terlaksana sebab Rama dan keluarganya masih diincar oleh para geng kriminal tersebut. Rama bahkan dijebloskan ke dalam penjara. Hal ini membuatnya perlu memutar otak, merencanakan balas dendam kepada para kriminal tersebut.

Film ini berhasil mengantongi skor ulasan yang tinggi di Rotten Tomatoes. The Raid 2: Berandal memiliki rating sebesar 82 persen, Bunda.

  • Genre: action, crime, drama
  • Pemain utama: Iko Uwais, Yayan Ruhian, Arifin Putra, Oka Antara
  • Situs atau platform menonton: Apple TV, Prime Video, Netflix, Vidio

Pilihan Redaksi

  • 5 Fakta Film Doraemon The Movie: Nobita’s Earth Symphony yang Bisa Ditonton Bersama Si Kecil
  • 9 Film Indonesia Terbaru Juli 2024 di Bioskop Lengkap Beragam Genre, Terbaik Bagus Semua Bun!
  • 20 Film Bioskop Terbaru Juli 2024 Lengkap dari Hollywood, Indonesia, dan Korea

Nah, itulah 12 film karya Indonesia yang berhasil mendapatkan banyak pujian dan rating sempurna dari para kritikus film di Rotten Tomatoes. Selamat menonton, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment