Informasi Terpercaya Masa Kini

Kenali Gejala Kanker Payudara Metastasis yang Diidap Shannen Doherty Sebelum Meninggal

0 4

Kabar duka datang dari dunia hiburan Hollywood. Aktris Shannen Doherty mengembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (13/7/2024) setelah berjuang melawan kanker payudara yang dialaminya selama bertahun-tahun.

Ia pertama kali didiagnosis kanker payudara pada 2015 dan sempat mengumumkan remisi pada 2017. Kemudian, pada 2020, Shannen kembali mengumumkan bahwa mengidap kanker payudara stadium empat. Pada 2023, ia mengungkap bahwa sel kankernya itu telah menyebar ke tulang dan otaknya.

“Dengan berat hati saya menginformasi meninggalnya aktris Shannen Doherty. Pada hari Sabtu, 13 Juli. Dia kalah dalam perjuangannya melawan kanker setelah bertahun-tahun berjuang melawan penyakit tersebut,” ujar juru bicara Doherty, Leslie Sloane, dikutip dari laman detikcom, Selasa (16/7/2024).

Shannen beberapa kali secara terbuka membahas bagaimana rasanya hidup dengan kanker payudara stadium empat, yang dianggap banyak orang sebagai satu-satunya bentuk penyakit mematikan. Sekitar sepertiga perempuan yang didiagnosis mengidap penyakit ini hidup lima tahun atau lebih setelah diagnosis, menurut organisasi kanker payudara.

Ia juga sempat menjalani berbagai perawatan kanker yang berbeda, termasuk operasi otak dan beberapa port yang ditanamkan di dadanya untuk memberikan obat kemoterapi.

Baca Juga : Artis Hollywood Shannen Doherty Meninggal karena Kanker, Sempat Ungkap Keinginan Punya AnakKanker payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum pada perempuan selain kanker serviks. Semua kanker, termasuk kanker payudara, dapat bermetastasis. Ini terjadi ketika sel kanker menyebar ke bagian tubuh yang lebih jauh dari tempat asalnya. Kanker metastasis juga disebut kanker stadium empat.

Otak adalah salah satu lokasi umum metastasis kanker payudara seperti yang dialami Doherty. Sebuah studi 2017 mengamati 4.932 orang dengan kanker payudara metastasis, sekitar 8,8 persen mengalami metastasis otak.

Metastasis terjadi ketika sel kanker melepas diri dari lokasi tumor aslinya. Sel-sel ini menggunakan sistem peredaran darah atau limfatik untuk melakukan perjalanan ke bagian tubuh yang lebih jauh, seperti otak dan membentuk tumor baru.

Lantas, bagaimana gejala kanker payudara yang bermetastasis?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment