Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Minuman yang Bisa Menghambat Penurunan Berat Badan Menurut Pakar, Hindari saat Diet

0 3

Tahukah Bunda bahwa ada minuman yang bisa menghambat penurunan berat badan? Menurut pakar, minuman ini mengandung kalori dan gula yang tinggi sehingga harus dihindari saat diet, Bun. Lantas, apa saja minumannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Ketika berencana untuk menurunkan berat badan, aspek penting yang harus Bunda perhatikan adalah memilih makanan dan minuman. Keberhasilan diet sangat bergantung pada kedua hal ini, semakin banyak asupan kalori yang masuk, semakin sulit penurunan berat badan dilakukan.

Minuman dapat menjadi penyebab licik di balik kenaikan berat badan karena mengandung kalori kosong dari gula tambahan dan tidak memiliki menimbulkan rasa kenyang.

Tidak seperti makanan padat, kalori cair tidak memicu perasaan kenyang yang menyebabkan peningkatan asupan kalori. Selain itu, minuman manis dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga mendorong tubuh untuk menyimpan kelebihan gula sebagai lemak. 

Minuman penghambat penurunan berat badan

Melansir dari Eat This, berikut 7 minuman yang bisa menghambat penurunan berat badan dan harus dihindari.

1. Jus buah

Terlepas dari citra jus buah yang sehat, banyak jus yang kaya akan gula tambahan yang dapat menggagalkan perjalanan penurunan berat badan Bunda. Ahli diet memperingatkan minuman yang tampak sehat ini karena mengandung gula pekat yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan peningkatan asupan kalori.

Baca Juga : 7 Cara Diet Cepat Kurus dalam 1 Minggu, Bisa Dicoba Bun

Banyak orang percaya bahwa jus buah adalah minuman yang sehat. Hal ini memang benar jika jus buah dibuat dengan 100 persen buah. Tetapi banyak jus buah mengandung lebih gula daripada nutrisi dan tidak memberikan rasa kenyang seperti makan buah, sehingga Bunda berpotensi mengonsumsi kalori lebih banyak.

2. Latte

Meskipun kopi hitam dapat memberikan antioksidan dan manfaat lainnya, minuman kopi seperti frappuccino dan latte tidak memberikan manfaat yang sama.

Latte umumnya mengandung susu, krim, tambahan gula, dan krim kocok. Jika Bunda ingin meminum latte yang creamy, pertimbangkan untuk memilih opsi kopi hitam atau latte tanpa pemanis tambahan yang jauh lebih rendah kalori.

3. Minuman beralkohol

Bunda mungkin sudah familiar dengan berbagai kerugian dari minuman ini. Minuman beralkohol kaya akan gula dan kalori yang berlebih. Alkohol dapat merusak metabolisme dan menyebabkan lebih banyak penyimpanan lemak. Selain itu, alkohol dapat menurunkan gula darah yang menyebabkan Bunda merasa lebih lapar. Alkohol seperti bir dan koktail juga dapat mengandung gandum, jus buah, soda, dan sirup yang dapat membuat konsumsi kalori berlebihan.

4. Oatmilk

Meskipun oatmilk dapat menjadi pilihan susu vegan yang sehat, tambahan gula dan kalori dalam oatmilk cukup tinggi. Oatmilk cenderung kekurangan protein namun tinggi karbohidrat. Minuman ini harus dihindari jika Bunda ingin menurunkan berat badan karena protein membuat Bunda merasa kenyang. Tanpa protein Bunda tidak tahu kapan harus berhenti meminumnya dan menyebabkan lonjakan karbohidrat dan gula dalam darah.

5. Minuman berenergi

Terlepas dari promosi minuman berenergi tentang peningkatan energi yang cepat, minuman berenergi sering mengandung tambahan gula dan kafein, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi peningkatan berat badan. Sebagai gantinya, Bunda dapat memilih sumber energi alami seperti diet seimbang dan tidur yang cukup.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda kaya akan gula dan tidak memiliki nilai gizi. Minuman ini memberikan kalori kosong yang membuat tubuh gemuk dan gula darah meningkat.

Meskipun banyak minuman bersoda rendah gula di pasaran, minuman bersoda sebaiknya tetap dihindari. Ahli diet merekomendasikan Bunda untuk memilih air putih, teh herbal, atau infused water untuk pilihan minuman menyegarkan dan menghidrasi tanpa gula tambahan.

7. Lemonade

Lemonade menjadi minuman andalan saat cuaca panas dan terik. Meski lemonade sangat menyegarkan dan terlihat sehat, kandungan gula dalam lemonade dapat menghambat penurunan berat badan. Bunda dapat beralih ke lemonade rendah gula atau tanpa gula sama sekali untuk menjaga berat badan.

Bunda, itulah 7 minuman penghambat penurunan berat badan yang harus Bunda hindari. Jangan konsumsi minuman di atas saat menjalankan program diet ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • 9 Tanda Diet Berhasil, Bukan Hanya dari Timbangan Berat Badan
  • Diet Minum Jeruk 40 Hari Diklaim Beri Manfaat Emosional hingga Spiritual, Ini Kata Ahli
  • 15 Makanan yang Tidak Bikin Gemuk Meski Dimakan dalam Porsi Besar

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment