Informasi Terpercaya Masa Kini

Daftar Tokoh Berpotensi Masuk Kabinet Prabowo

0 1

Presiden terpilih Prabowo Subianto dikabarkan telah memulai proses penyusunan kabinet periode pemerintahan 2024-2029. Sejumlah perangkat hukum juga telah disiapkan untuk mengakomodasi keperluan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyetujui revisi Undang-Undang (UU) Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara. Revisi UU Kementerian Negara memberikan keluasaan bagi presiden untuk menentukan jumlah kementerian.

Bersamaan itu, sejumlah figur politisi dan pimpinan partai politik digadang-gadang bakal diangkut oleh Prabowo untuk mengisi pos-pos mentari yang tersedia. Nama-nama yang kerap bersinggungan dengan jatah menteri Prabowo yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sugiono.

Selain itu, muncur nama Wakil Menteri Keuangan Thomas Aquinas Muliatna (Tommy) Djiwandono. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo pernah menyampaikan kisi-kisi beberapa menteri yang akan duduk di Pemerintahan Prabowo.

Baca juga:

  • Sekjen Gerindra Soal Susunan Calon Menteri Prabowo: Masih Naik Turun
  • Jokowi Bersedia Usulkan Nama Calon Menteri untuk Kabinet Prabowo
  • Beredar 4 Nama Calon Kuat Menteri Keuangan Incaran Prabowo

Menurut Hashim, ada empat lulusan SMA Taruna Nusantara bakal menjadi menteri di pemerintahan Prabowo – Gibran nantinya. Hashim pun mengaku telah mengetahui nama-nama kandidat menteri di kabinet pemerintahan mendatang.

Kendati demikian, adik Prabowo tersebut belum mengungkapkan secara gamblang pada publik nama-nama yang dimaksud. Berikut uraian sederet tokoh yang berpotensi masuk kabinet Prabowo.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara yang sudah tidak asing. Ketua Umum Partai Demokrat itu kini menduduki kursi Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (BPN).

AHY merupakan anak pertama dari Presiden RI ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono. Dia merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara 1997. Setelah tamat SMA, AHY bergabung ke Akademi Militer (Akmil) di Magelang. Pada pemerintahan Prabowo – Gibran mendatang, nama AHY kembali masuk dalam daftar calon menteri yang beredar di media sosial.

Dalam beberapa versi, ia disebut bakal menjadi calon Menteri Pertahanan atau Menteri Lingkungan Hidup. AHY pun mengaku kerap berkomunikasi dengan Prabowo dalam berbagai kesemapatan.

“Sudah (diajak bicara dengan Prabowo). Komunikasi kami berjalan dengan baik, reguler, walaupun tidak setiap saat tentunya, yang jelas dalam berbagai kesempatan kami berdialog,” kata AHY di sela-sela acara peringatan HUT Ke-23 Partai Demokrat di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (9/9).

Terlepas dari itu, AHY masih enggan berkomentar soal posisinya di kabinet. Dia menyebut penyusunan kabinet itu merupakan hak prerogatif Prabowo sebaga presiden terpilih.

Sugiono

Sugiono merupakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra yang juga menduduki posisi Wakil Ketua Komisi I DPR. Dia merupakan Salah satu anggota angkatan ke-5 SMA Taruna Nusantara.

Sugiono juga disebut-sebut akan menduduki posisi penting dalam kabinet jika Prabowo terpilih sebagai presiden. Dalam sebuah acara pada 8 Maret 2024, Ketua MPR Bambang Soesatyo mengisyaratkan bahwa Sugiono mungkin akan menjadi Menteri Sekretaris Kabinet atau Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Prabowo mendatang.

Raker DPR bersama Menhan dan TNI (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.)  

Sinyal bahwa Sugiono akan mengisi kursi Menteri Luar Negeri menguat kuat tatkala yang bersangkutan memimpin jalannya rapat terakhir Komisi I DPR bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Kamis, 12 September lalu.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Dewan Pimpinan Pusat Partai (DPP) Partai Golkar, yang juga anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan bahwa Sugiono bisa saja menjadi suksesor Retno Marsudi. Namun, kepastian akan dilakukan oleh Prabowo ketika menunjuk nama-nama menteri.

Di tengah isu tersebut, Sugiono mengaku tidak ikut dalam pembahasan terkait dengan penentuan Menteri Luar Negeri yang disebut memasukkan namanya pada pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

“Saya tidak terlibat dalam pembahasan apakah saya masuk atau tidak?” kata Sugiono di Kompleks Parleman Senayan Jakarta, Kamis (12/9).

Thomas Djiwandono

Nama Wakil Menteri Keuangaan Thomas Djiwandono juga masuk bursa calon menteri. Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional Drajad Wibowo dalam sejumlah pernyataan kepada media mengatakan Thomas merupakan salah satu figur favorit untuk menjadi Menteri keuangan di pemerintaah Prabowo.

Thomas merupakan putra pertama dari pasangan Soedradjad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati yang merupakan kakak kandung Prabowo. Soedradjad merupakan mantan Gubernur Bank Indonesia yang kini mengajar di Nanyang Technological University, Singapura.

Thomas mengenyam pendidikan bidang studi sejarah di Haverford Colloge, Pennsylvania, Amerika Serikat dan mengambil master di bidang International Relations and International Economics di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, Washington, Amerika Serikat.

Thomas Djiwandono (Katadata)  

Ia memulai kariernya dengan menjadi wartawan magang di Majalah Tempo pada 1993. Setahun kemudian pada 1994 di Indonesia Business Weekly. Ia juga pernah bekerja sebagai analisis keuangan di Whetlock NatWest Securities, Hong Kong.

Pada 2006, pamannya, Hashim Djojohadikusumo memintanya untuk membantu di Arsari Group dan ia menjabat sebagai Deputy CEO Arsari Group, perusahaan agrobisnis. Thomas juga memiliki jejak politik, ia pernah menjadi calon legislatif di Provinsi Kalimantan Barat. 

Yandri Susanto

Nama politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto juga masuk dalam bursa calon menteri. Hal ini disampaikan langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Zulhas mengatakan Wakil Ketua Majelis Permusywaratan Rakyat (MPR) itu menjadi salah satu nama potensial calon menteri. Nama lain yang disebut Zulkifli adalah Asman Abnur, Eddy Soeparno, serta Saleh Partaonan Daulay.

Kalau kader PAN kan banyak yang hebat-hebat,” ujar Zulkifli di usai pembukaan Rakornas PAN, Kamis (9/5) malam. 

Yusril Ihza Mahendra

Nama ahli hukum Yusril Ihza Mahendra juga masuk radar sebagai calon anggota kabinet Prabowo-Gibran. Yusril sebelumnya diajukan Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai calon menteri, namun belakangan ia hengkang dari partai yang didirikannya tersebut.

Empat Menteri Kabinet Jokowi Hadir Di Sidang Sengketa Pilpres 2024 (Fauza Syahputra|Katadata)  

Meski demikian, namanya tetap santer dikabarkan masuk kabinet Prabowo-Gibran. Yusril sebelumnya merupakan anggota tim pemenangan Prabowo-Gibran dengan jabatan sebagai Wakil Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Tim Kampanye Nasional (TKN).

Bahlil Lahadalia

Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia juga dikabarkan akan kembali menjadi menteri pada era Prabowo. Saat ini Bahlil menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ia sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Sebelum berkarir di pemerintahan, ia pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2019.

Bahlil menjadi Ketum Golkar pada Musyawarah Nasional XI Partai Golkar pada 21 Agustus 2024. Ia menggantikan Airlangga Hartarto yang memimpin partai berlambang beringin itu sejak  Desember 2017. 

Leave a comment