Informasi Terpercaya Masa Kini

Terkini: Sosok Ignasius Jonan yang Menyambut Kedatangan Paus Fransiskus, Paus Pilih Naik ITA Airways Ketimbang Jet Pribadi

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Berita-berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Selasa sore, 3 September 2024 dimulai dari lawatan Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi sebuah momen bersejarah yang dinantikan oleh umat Katolik di Indonesia. Sosok mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan erat kaitannya dengan lawatan Paus Fransiskus ke Jakarta pada 3-6 September 2024.

Disusul, kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia pada Selasa, 3 September 2024 menarik perhatian publik karena pesawat yang digunakannya. Alih-alih naik jet pribadi, Paus justru memilih terbang dengan pesawat komersial ITA Airways dari Bandara Fiumicino Roma menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Selanjutnya, kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia hari ini, membawa ingatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali pada saat Paus Yohanes Paulus II yang datang ke Tanah Air pada 1989.

Berikutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas membeberkan alasan Presiden Jokowi tak terburu-buru memutuskan pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan September ini.

Terakhir, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuat sejumlah langkah merespons industri tekstil dan produk tekstil (TPT) yang hingga hari ini masih terpuruk.

Kelima berita ini paling banyak diakses pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita yang trending tersebut:

Selanjutnya: 1. Sosok Ignasius Jonan yang Menyambut Kedatangan Paus Fransiskus….

1. Sosok Ignasius Jonan yang Menyambut Kedatangan Paus Fransiskus di Jakarta

Lawatan Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi sebuah momen bersejarah yang dinantikan oleh umat Katolik di Indonesia. Setelah Paus tiba di Indonesia, bakal ada upacara penyambutan yang disiapkan oleh Istana Kepresidenan pada Rabu pagi, 4 September 2024. Seremoni ini dilakukan sebelum Fransiskus bertemu dengan Presiden Jokowi.

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia pada Selasa, 3 September 2024 disambut oleh mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Selain itu, Menteri Agama Yaqut Cholil juga ikut menyambut Paus saat tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Sosok Ignasius Jonan erat kaitannya dengan lawatan Paus Fransiskus ke Jakarta pada 3-6 September 2024. Jonan merupakan ketua panitia penyambutan Paus ke Indonesia.

Ignasius Jonan pernah menduduki kursi jabatan sebagai menteri di pemerintahan. Selain itu, dia juga pernah mendapatkan penghargaan dari Paus Fransiskus.

Berita selengkapnya baca di sini.

2. Mengenal ITA Airways, Pesawat yang Dipilih Paus Fransiskus ke Indonesia Ketimbang Jet Pribadi

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia pada Selasa, 3 September 2024 menarik perhatian publik karena pesawat yang digunakannya. Alih-alih naik jet pribadi, Paus justru memilih terbang dengan pesawat komersial ITA Airways dari Bandara Fiumicino Roma menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Pesawat komersial ITA Airways Z400 yang digunakan oleh Paus Fransiskus disewa khusus sehingga bisa langsung mendarat di Soekarno-Hatta, Tangerang. Pesawat yang membawa Paus dan rombongannya ini berwarna biru berbendera Vatikan dan Indonesia dan tiba di tanah air sekitar pukul 11.25 WIB.

Sebelumnya, Paus Fransiskus selalu menggunakan maskapai nasional Italia, Alitalia, untuk melakukan perjalanan kenegaraan. Namun sejak maskapai Alitalia mengumumkan menutup semua penerbangan pada 15 Oktober 2021, ITA Airways menjadi pilihan baru untuk lawatan Paus.

Berita selengkapnya baca di sini.

Selanjutnya: 3. Paus Fransiskus ke Indonesia, Luhut Buka Memori….

3. Paus Fransiskus ke Indonesia, Luhut Buka Memori saat Kawal Paus Yohanes Paulus II pada 1989

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia hari ini, membawa ingatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali pada saat Paus Yohanes Paulus II yang datang ke Tanah Air pada 1989. Luhut masih ingat betul akan lambaian tangan pemimpin tertinggi Vatikan kepada 130-an oang yang hadir dalam misa di Istora Senayan pada 9 Oktober 1989 silam tersebut.

Saat itu, Luhut yang masih berpangkat kolonel, bertugas melakukan pengawalan. Panglima ABRI Try Sutrisno yang menugaskannya menjadi Komando Pasukan Pengaman Khusus.

“Dari barisan depan, saya bergerak sepat, mengawal kendaraan yang mengawal beliau,” kata Luhut dalam video pendek yang dibagikan melalui unggahannya di Instagram resmi @luhut.pandjaitan, Selasa, 3 September 2024.

Berita selengkapnya baca di sini.

4. Azwar Anas soal Alasan Jokowi Tunda Pemindahan ASN ke IKN Bulan Ini: Bukan Hanya soal Pindah Kantor..

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas membeberkan alasan Presiden Jokowi tak terburu-buru memutuskan pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan September ini.

Dari pembicaraannya dengan Kepala Negara, kata Azwar, pemindahan aparatur sipil negara ke IKN Kalimantan Timur masih menunggu pembangunan infrastruktur digital rampung.

“Karena kalau ASN ke IKN bukan hanya soal pindah kantor tapi berubah budaya digital, jadi infrastruktur digital selesai dan lain-lain,” kata Azwar Anas saat memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 3 September 2024, seperti dikutip dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini.

Selanjutnya: 5. Industri Tekstil Kian Terpuruk, Ini Langkah Kementerian Perindustrian….

5. Industri Tekstil Kian Terpuruk, Ini Langkah Kementerian Perindustrian

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuat sejumlah langkah merespons industri tekstil dan produk tekstil (TPT) yang hingga hari ini masih terpuruk. Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) pada Juli 2024, 22.356 buruh dari industri pengolahan seperti tekstil, garmen dan alas kaki mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kemenperin, Reni Yanita, menjelaskan kebijakan instansinya menekankan penciptaan sumber daya manusia (SDM) industri yang mampu membaca arah desain produk yang kompetitif dan inovatif. Kemenperin juga mendukung ketersediaan bahan baku dan keseimbangan industri hulu-antara-hilir yang berdaya saing.

“Ketiga, menghidupkan kembali industri permesinan tekstil dalam negeri yang dapat mendorong peningkatan produktivitas dan efisiensi industri TPT nasional untuk menghadapi persaingan pasar global,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo pada Selasa, 3 September 2024.

Berita selengkapnya baca di sini.

Pilihan Editor: Sri Mulyani Sebut Wacana Pembatasan BBM Subsidi Belum Dibahas

Leave a comment