Informasi Terpercaya Masa Kini

Terpopuler Bisnis: Respons Nyoman Nuarta Atas Kritik Istana Garuda di IKN, Lowongan Kerja BUMN

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang Minggu, 11 Agustus 2024 dimulai dengan arsitek Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Nyoman Nuarta mengaku tak mempermasalahkan adanya kritik terhadap rancangannya itu.

Kemudian informasi mengenai data pribadi pegawai negeri sipil atau PNS di Badan Kepegawaian Negara diduga bocor. Ada pula berita tentang Luhut Binsar Pandjaitan meninjau persiapan infrastruktur jelang perayaan upacara HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Selain itu, Kementerian Keuangan secara resmi mengumumkan bahwa medali yang diperoleh para atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024 akan bebas dari bea masuk.

Terakhir informasi lowongan kerja dari beberapa anak usaha dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berikut ringkasan dari ketiga berita tersebut:

1. Istana Garuda IKN Dikritik, Nyoman Nuarta: Kalau Baru Bisa Bikin Ruko Gak Usah Omong

Arsitek Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Nyoman Nuarta mengaku tak mempermasalahkan adanya kritik terhadap rancangannya itu. Namun, dia berharap agar kritik yang diberikan jangan dikaitkan dengan isu agama.

“Kalau orang ngerti ini udah biasa, saya sudah dari zaman mahasiswa udah dikritik kok, enggak ada masalah gitu, tapi jangan bawa-bawa agama, enggak ada urusan. Kan nanti orang lain tersinggung, apa urusannya. Itu ada sampai bawa-bawa agama, karena orang Bali, karena orang Hindu, apalah gitu, jauh banget,” kata Nyoman seperti dikutip Antara, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Menurut dia, ini bukan kritik pertama yang ia terima. Ketikka membangun Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali, ia bahkan merasakan kritik pedas selama 28 tahun.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Data Pribadi PNS di BKN Diduga Bocor, Dijual Rp 160 juta di BreachForums

Data pribadi pegawai negeri sipil (PNS) yang disimpan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) diduga menjadi sasaran peretasan oleh peretas anonim “TopiAx”. Data-data itu ditawarkan peretas di BreachForums, sebuah forum jual-beli hasil peretasan, seharga US$ 10 ribu atau sekitar Rp 160 juta.

Dugaan itu diungkapkan oleh Communication dan Information System Security Research Center (CISSReC), sebuah lembaga riset keamanan siber. Dalam temuan mereka, akun “TopiAx” mengunggah sebuah postingan di BreachForums pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Dalam postingan itu, dia mengklaim mendapatkan data dari BKN sejumlah 4.759.218 baris.

Data itu berisi antara lain tempat lahir, tanggal lahir, gelar, tanggal Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS), tanggal PNS, Nomor Induk Pegawai Negeri Sipil (NIP), Nomor Surat Keputusan, Nomor Surat PNS, golongan, jabatan, instansi, alamat, nomor identitas, nomor telepon, email, pendidikan, jurusan. tahun lulus.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Bertolak ke IKN, Luhut Binsar Ingin Pastikan Infrastruktur Matang saat Upacara HUT RI ke-79

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan meninjau persiapan infrastruktur jelang perayaan upacara HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

“Peringatan upacara detik-detik proklamasi sekaligus menghadiri sidang kabinet paripurna tahun ini digelar dengan cara yang sedikit berbeda, yakni berlangsung di dua tempat, Jakarta dan IKN,” kata Luhut melansir unggahan di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Minggu, 11 Agustus 2024.

Menurut dia, pembangunan infrastruktur di IKN cukup signifikan seperti pembangunan jalan dan objek vital nasional misalkan bandara dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). “Terus dipersiapkan dengan matang,” ujarnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Bebas Bea Masuk untuk Medali Olimpiade Paris 2024, Kasus-kasus Kontroversi Bea Cukai Kenakan Cukai

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara resmi mengumumkan bahwa medali yang diperoleh para atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024 akan bebas dari bea masuk. Pernyataan ini disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Selain itu, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa kasus yang sebelumnya menjadi sorotan karena dikenai bea masuk. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Penjelasan DJBC di Balik Bea Masuk Rp 31,8 Juta untuk Sepatu Impor

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan memberikan klarifikasi terkait pemberitaan yang viral tentang penetapan bea masuk sebesar Rp 31,8 juta untuk sepatu impor yang dibeli oleh pengguna TikTok @radhikaalthaf. DJBC menjelaskan bahwa besarnya bea masuk tersebut disebabkan oleh sanksi administrasi berupa denda yang dikenakan kepada perusahaan jasa pengiriman, yaitu DHL.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Deretan Lowongan Kerja BUMN yang Tersedia dengan Tenggat 15 Agustus 2024

Beberapa anak usaha dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka lowongan kerja atau loker. Pendaftaran loker tersebut dibuka hingga tenggat yang beragam, ada yang sampai 15 Agustus 2024. Berikut daftarnya

1. PT Bank Tabungan Negara (Persero)

Bank BTN membuka loker pada posisi Officer Development Program (ODP). Bank BTN adalah perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang Perbankan. Cikal bakal Bank BTN adalah dimulai dengan didirikannya Postpaarbank di Batavia pada 1897 pada masa pemerintahan Belanda. Batas akhir pendaftaran loker dari Bank BTN dibuka hingga 14 Agustus 2024. Kualifikasi untuk bagian ODP yang dibuka oleh Bank BTN adalah:

-Pendidikan minimal S1 (diutamakan dari universitas terkemuka di Indonesia)

-IPK minimal 3,00 dari skala 4,00

-Belum menikah

-Berusia maksimal 26 tahun dan tidak berulang tahun 27 per 31 Desember 2024 (kandidat S1) dan 28 tahun, tidak berulang tahun 29 per 31 Desember 2024 (kandidat S2)

-Berkewarganegaraan Indonesia

-Berpenampilan menarik

-Berpengalaman minimal 1 tahun di bidang IT/sales/fintech bagi kandidat yang melamar ODP IT dan ODP Digital Banking

-Berpengalaman minimal 1 tahun di Kantor Akuntan Publik (KAP) bagi kandidat yang melapar ODP Auditor

Baca berita selengkapnya di sini.

Pilihan Editor: Bertolak ke IKN, Luhut Binsar Ingin Pastikan Infrastruktur Matang saat Upacara HUT RI ke-79

Leave a comment