Informasi Terpercaya Masa Kini

Hari Pertama Jokowi Tidur di Istana IKN: Tak Nyenyak, AC Bermasalah

0 6

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan pengalamannya beristirahat di Istana Kepresidenan, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Dia mengaku tak bisa tidur nyenyak saat di Istana.

“Tadi malam, saya tidur di sini, enggak nyenyak. Saya ngomong apa adanya,” kata Jokowi saat memberikan keterangan di hadapan awak pers di IKN, Senin, 29 Juli 2024.

Menurut Jokowi, alasan dirinya tak bisa tidur nyenyak karena baru pertama kali tidur di Istana Kepresidenan di IKN. “Iya, mungkin pertama kali saja. Mungkin masih belum, belum apa ya, masih belum nyenyak,” ucapnya.

Berbeda dengan sebelumnya, Jokowi diketahui lebih dahulu menginap di rumah dinas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di IKN. Di sana, dia mengaku bisa tidur nyenyak dan melihat pemandangan matahari terbenam atau sunset dari rumah tapak menteri.

“Tadi malam, saya nginepnya di rumah menteri, rumah dinas Menteri PUPR. Ya, pagi tadi sangat indah, kemarin waktu sunset, indah sekali dan suasananya itu yang saya sampaikan. (Saya) tidur nyenyak sekali,” ujar Presiden di IKN, pada Selasa, 4 Juni 2024, seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, Menteri PUPR sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono menjelaskan penyebab Jokowi tak bisa tidur nyenyak di Istana Kepresidenan baru itu. Menurutnya, ada masalah pada bagian penyegel mesin pendingin ruangan atau air conditioner (AC).

“Ada AC-nya, (tetapi) sealer-nya apa itu. Sealer­-nya belum terisi air atau bagaimana gitu,” kata Basuki kepada wartawan pada Senin, 29 Juli 2024.

Padahal, kata dia, sebelumnya suhu ruangan lain di Istana Kepresidenan di IKN terpantau dingin. “Padahal, kemarin, sudah tumpengan, sudah doa bersama,” seloroh Basuki.

Sebelum menginap di Istana Kepresidenan, Jokowi diketahui pernah bermalam di sekitar 2,7 kilometer dari titik nol kilometer IKN Nusantara pada 2022.

Tak sendiri, kala itu Jokowi didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Agung.

“Alhamdulillah udaranya sejuk kalau malam, Bapak Presiden, cuaca juga cerah, jadi terlihat bulan purnama dan bintangnya,” ucap Bamsoet di IKN, pada Senin, 14 Maret 2022.

Adapun tenda yang digunakan Presiden berjenis inflatable air berwarna putih dengan ukuran yang cukup menampung dua orang. Tenda itu adalah barang inventaris Setpres yang dibeli ketika gempa bumi terjadi di Poso, Sulawesi Tengah, pada 2019 silam.

Setahun kemudian, Jokowi juga pernah menginap di fasilitas kabin perkemahan mewah atau glamping di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Bersama Ibu Negara, Jokowi serta para menteri tidur di kabin boks dengan atap seperti rumah.

“Malam ini, saya dan Ibu Negara menginap di lokasi yang akan menjadi KIPP IKN,” ujar Jokowi melalui keterangan unggahan di akun Instagram @jokowi, Kamis, 23 Februari 2023.

MELYNDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: Edisi Khusus 10 Tahun Pemerintahan Jokowi: Warisan Utang Menggunung, Tak Sebanding dengan Pertumbuhan

Leave a comment