Informasi Terpercaya Masa Kini

Coret Bella Hadid karena Desakan Israel, Seruan Boikot terhadap Adidas Menguat

0 6

TEMPO.CO, Jakarta – Adidas menghadapi reaksi keras dan seruan boikot yang terus meningkat setelah raksasa pakaian olahraga Jerman itu mencoret model Amerika-Palestina Bella Hadid dari kampanye iklan terbarunya.

Pencoretan itu terjadi setelah muncul kritik dari Israel karena Hadid telah lama vokal tentang hak-hak Palestina. Adidas mengontrak Hdid untuk kampanye sepatu retro yang merujuk pada Olimpiade Munich 1972.

Hadid telah menyewa tim hukum sebagai tanggapan atas insiden tersebut, menurut Daily Mail.

Pada 21 Juli 2024, Adidas meminta maaf atas “kekesalan atau tekanan yang disebabkan” oleh kampanye iklannya.

Setelah keputusan perusahaan tersebut, pengguna media sosial bersatu untuk membela Hadid, menyerukan pemboikotan produk Adidas.

“Bella Hadid adalah pahlawan! Semoga @adidas akan menderita karena pemboikotan,” kata seorang pengguna.

Menanggapi hal tersebut, pengguna lain berkata, “Maaf teman-teman, saya tidak membeli Adidas karena perlakuan mereka yang tidak bernyali terhadap Bella Hadid.”

“Setelah kasus Bella Hadid, kami akan mengucapkan selamat tinggal @adidas. Mereka yang mendorong penjahat genosida tidak boleh mendapatkan uang sepeser pun dari uang yang kita peroleh dengan jujur. Boikot orang Arab dan pro-Palestina sedang menjadi gempa bumi bagi Starbucks dan McDonald’s … Adidas, adios!” komentar pengguna lain.

Berbicara kepada Anadolu, komentator politik Inggris Sami Hamdi menyoroti dampak boikot terhadap perusahaan lain yang dianggap mendukung Israel saat melancarkan serangan mematikan di Jalur Gaza.

“McDonald’s, Starbucks, KFC, dan merek lain sudah merasakan dampak gerakan boikot di negara-negara mayoritas Muslim, dengan banyak dari merek ini terpaksa menutup sejumlah cabang. Sudah ada seruan untuk memboikot Adidas dengan cara yang sama,” katanya.

Dalam kasus merek pakaian olahraga tersebut, Sami Al-Arian, seorang aktivis Palestina, mengatakan kepada Anadolu bahwa merek tersebut bersalah karena “menargetkan selebritas dan orang terkenal yang mendukung perjuangan Palestina.”

“Saya pikir bisa saja ada boikot terhadap produk Adidas, di mana mereka harus belajar dengan cara yang sulit dengan menargetkan keuntungan mereka sendiri karena mereka lebih memilih keuntungan daripada prinsip,” kata Al-Arian, direktur Pusat Islam dan Urusan Global (CIGA) di Universitas Zaim Istanbul.

Menurutnya, tindakan Adidas dan perusahaan multinasional lainnya telah memicu kemarahan di dunia Arab dan Muslim karena menargetkan selebritas pro-Palestina dan pro-boikot.

Sikap yang diambil oleh banyak selebritas ini adalah masalah prinsip terhadap ideologi yang “supremasis dan rasis dan untuk keuntungan kelompok tertentu agar mendominasi kelompok lain.”

“Bagi perusahaan-perusahaan seperti itu, untuk mendukung rezim Israel dan Zionis ini, mereka harus membayar harga dan harga itu harus merugikan kantong mereka sendiri, di mana keuntungan yang mereka hasilkan dari dunia Muslim yang berpenduduk lebih dari 1,8 miliar orang, yang merupakan pasar besar bagi mereka, perlu ditargetkan, dan boikot terhadap Adidas harus menjadi bagian tak terpisahkan dari perjuangan ini.”

Berikutnya: Berdampak di Indonesia dan Malaysia

Laporan tahunan Adidas tahun 2023 menunjukkan bahwa Eropa, Timur Tengah, dan Afrika menyumbang pangsa terbesar dari penjualan bersihnya sebesar 39%, dengan total 8,2 miliar euro (Rp145 triliun ).

Di kawasan Asia-Pasifik, penjualan mencapai €2,3 miliar, atau 11% dari distribusi global. Kedua bagian dunia ini bersama-sama mewakili 50% dari penjualan Adidas.

Mengingat populasi Muslim yang signifikan di kawasan ini, hal ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana sikap Adidas akan memengaruhi penjualannya pada tahun 2024. Pengalaman terkini merek seperti Starbucks dan McDonald’s setelah serangan Israel di Gaza muncul dalam pikiran.

Pada bulan Februari, McDonald’s mengatakan bahwa konflik tersebut telah “berdampak signifikan” pada penjualannya pada kuartal terakhir tahun 2023, khususnya di Timur Tengah dan di negara-negara mayoritas Muslim seperti Malaysia dan Indonesia.

“Selama perang ini berlangsung … kami tidak berharap melihat perbaikan signifikan (di pasar-pasar ini),” kata CEO Chris Kempczinski.

Pada bulan Maret, pemegang waralaba Starbucks di Timur Tengah mengumumkan bahwa mereka memecat sekitar 2.000 karyawan di kedai kopinya di seluruh wilayah tersebut karena boikot atas perang Gaza.

Pernyataan Adidas

Setelah keributan itu, Adidas menyampaikan permintaan maaf kepada para mitra, termasuk Hadid, dengan mengatakan: “Kami membuat kesalahan yang tidak disengaja. Kami juga meminta maaf kepada mitra kami, Bella Hadid, A$AP Nast, Jules Kounde, dan lainnya, atas dampak negatif apa pun pada mereka, dan kami sedang merevisi kampanye tersebut.”

Namun, perusahaan itu tidak membatalkan keputusannya tetapi mengumumkan rencana untuk merevisi kampanye tersebut, yang dapat memengaruhi sebagian besar pendapatannya.

“Menyingkirkan Bella Hadid, yang sangat terkenal di dunia mode dari kampanyenya sama saja dengan menundukkan diri pada tekanan Israel sehingga isu Palestina tidak dapat diperjuangkan oleh para selebritas tersebut. Bella Hadid berasal dari Palestina, dan mereka seharusnya tahu bahwa Bella Hadid telah berterus terang tentang isu Palestina,” kata Al-Arian, direktur Pusat Islam dan Urusan Global (CIGA) di Universitas Zaim Istanbul..

Al-Arian menuduh Adidas terlibat lebih jauh dalam upaya melemahkan hak-hak Palestina.

“Bagi mereka untuk mengontraknya dan kemudian meninggalkannya adalah puncak dari kemunafikan tersebut dalam hal isu Palestina. Israel telah menekan perusahaan-perusahaan multinasional ini agar tidak mendukung selebritas dan orang-orang terkenal yang mengadvokasi perjuangan Palestina.”

Reaksi di Israel

Sejumlah pemimpin dan lembaga Yahudi dan pro-Israel mengatakan Hadid, yang sangat kritis terhadap Israel dalam aktivismenya atas nama warga Palestina, adalah pilihan yang tidak tepat untuk mewakili sepatu kets yang terkait dengan Olimpiade Munich.

Akun X resmi untuk Negara Israel memposting tentang kampanye 1972, menuduh Hadid dan ayahnya, pengembang real estat Los Angeles Mohamed Hadid, mempromosikan teori konspirasi antisemit.

“Sebelas warga Israel dibunuh oleh teroris Palestina selama Olimpiade Munich,” kata postingan tersebut. “Tebak siapa wajah kampanye mereka? Bella Hadid, model setengah Palestina yang memiliki sejarah menyebarkan antisemitisme dan menyerukan kekerasan terhadap warga Israel dan Yahudi. Dia dan ayahnya sering mempromosikan fitnah berdarah dan konspirasi antisemit terhadap orang Yahudi.”

Komite Yahudi Amerika ACJ juga mengutuk kampanye Adidas pada X, menyebutnya sebagai “kesalahan yang sangat besar.”

“Bagi Adidas untuk memilih model anti-Israel yang vokal untuk mengingat Olimpiade yang gelap ini adalah kelalaian besar atau sengaja menghasut,” tulis AJC. “Keduanya tidak dapat diterima.”

ANADOLU | TIMES OF ISRAEL

Pilihan Editor Bagaimana Menghapus Akun Facebook Seseorang yang Sudah Meninggal?

Leave a comment