Informasi Terpercaya Masa Kini

Potensi Manfaat Daun Pandan untuk Mengontrol Gula Darah

0 2

KOMPAS.com – Pandan adalah tanaman aromatik yang umum digunakan dalam masakan Asia Selatan dan Tenggara.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa daun pandan dapat membantu mengelola kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes.

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi.

Pada pasien dengan kontrol glikemik yang buruk, kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan komplikasi lain yang mengancam jiwa.

Lantas, seperti apa manfaat daun pandan terhadap gula darah?

Baca juga: 5 Khasiat Air Rebusan Daun Pandan, Salah Satunya Cocok untuk Darah Tinggi

Potensi daun pandan untuk turunkan gula darah

Daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) sering kali digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati diabetes.

Dikutip dari studi yang terbit di laman PubMed Central NIH, sebuah penelitian mengevaluasi efek ekstrak kasar daun pandan terhadap kadar glukosa darah dan mekanisme hipoglikemik.

Penelitian dilakukan dengan memberikan 30 orang dewasa (kelompok uji) teh panas dari daun Pandanus amaryllifolius, setelah menjalani tes gula darah oral standar (75 gram). Sementara untuk kelompok kontrol hanya diberikan air panas.

Baca juga: 9 Daun untuk Menurunkan Kolesterol, Termasuk Kelor dan Pandan

Hasilnya, mereka yang minum teh daun pandan pulih lebih baik dari tes gula darah dibandingkan mereka yang hanya minum air panas biasa.

Rata-rata kadar glukosa darah pada kelompok kontrol adalah 5,55 ± 0,98 mmol/l, sedangkan pada kelompok uji adalah 6,16 ± 0,79 mmol/l.

Hasil mekanisme antihiperglikemik menunjukkan bahwa ekstrak daun pandan dapat menghambat enzim α-glukosidase dan menginduksi produksi insulin pada sel pankreas tikus (RINm5F) secara bergantung dosis ( P < 0,05).

Baca juga: Redakan Radang Sendi, Ini 3 Potensi Efek Buruk Daun Pandan bagi Tubuh

Meski demikian, masih diperlukan penelitian ilmiah lebih lanjut terkait potensi tersebut untuk pengobatan diabetes.

Dan pengetahuan yang diperoleh dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar penemuan obat baru untuk pengobatan diabetes.

Manfaat umum daun pandan untuk kesehatan

Daun pandan telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan, seperti sembelit dan gejala yang mirip flu.

Dilansir dari Kompas.com (4/7/2023), berikut adalah beberapa potensi manfaat daun pandan bagi kesehatan:

1. Mengurangi nyeri radang sendi

Dalam pengobatan Ayurveda, minyak kelapa yang dicampur dengan daun pandan digunakan secara topikal untuk meredakan nyeri radang sendi.

Efeknya diduga berasal dari minyak yang terkandung dalam daun pandan, yang memiliki efek anti-inflamasi.

Baca juga: Jenis Ikan Ini Bisa Bantu Lawan Peradangan, Kurangi Sakit Kepala dan Nyeri Sendi

2. Meningkatkan kesehatan mulut

Mengunyah daun pandan dapat menyegarkan napas karena aromanya yang menyenangkan.

Beberapa praktik pengobatan juga menggunakan teknik ini untuk menghentikan gusi berdarah. Namun, terkait efek ini masih perlu dipelajari lebih formal.

3. Mengurangi sakit kepala

Berkat bahan kimia dalam minyaknya, ekstrak daun pandan dapat menjadi obat yang cocok untuk mengatasi sakit kepala dan sakit telinga.

Bahkan, dengan mengonsumsi bubuk atau pasta daun pandan, dapat meningkatkan fungsi pernapasan. Terutama saat Anda sedang flu, demam, atau penyakit pernapasan lain.

Baca juga: Sering Sakit Kepala Saat Bangun Pagi? Ini Penyebabnya

4. Mengurangi kecemasan dan stres

Minum teh yang terbuat dari daun pandan dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan tubuh serta mengurangi stres dan kecemasan.

Anda isa mengiris daun pandan dan mencucinya hingga bersih. Kemudian masukkan dalam panci berisi air mendidih, lalu seduh daunnya dan saring airnya setelah dingin.

Leave a comment