Informasi Terpercaya Masa Kini

Kisah Warga Windan Baru Sukoharjo, Hobi Piknik Tahunan, Kini Berangkat Umrah Bareng

0 2

jateng.jpnn.com, SUKOHARJO – Sebanyak 141 warga Dukuh Windan Baru, RT 04/RW 07, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) berangkat ke Arab Saudi guna melaksanakan ibadah umrah, Sabtu (26/10) malam. Ingin piknik yang membawa berkah jadi alasan para warga untuk berangkat umrah.

Laporan Romensy Augustino, Solo

Bakda Isyak di Masjid Hamzah Gumpang, Kartasura, Sukoharjo Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (26/10) ramai. Ratusan warga setempat berkumpul untuk mengikuti serangkaian acara seremonial sebelum menempuh perjalanan sejauh 12.276 km ke Arab Saudi. 

Mengenakan seragam batik hitam dikombinasikan kuning para jemaah baik laki-laki ataupun perempuan dewasa duduk rapi memenuhi dalam dan luar masjid. Sementara anak-anak tampak semringah mengikuti rangkaian acara. 

Para jemaah kemudian memulai perjalanannya menuju Jeddah, Arab Saudi sekitar pukul 21:00 WIB. Sebanyak 3 bus telah disiapkan untuk mengangkut para jemaah menuju Jakarta sebelum terbang ke Jeddah pada Minggu (27/10) sore. Direncanakan para jemaah akan kembali ke Indonesia pada 4 November 2024. 

Menurut Ketua panitia Mahfud Afdarul Chodri (48), 141 warga yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan piknik tahunan ini dipastikan berangkat seluruhnya. Sekitar 10 warga memilih tidak ikut dalam rombongan dan akan bertemu di Jeddah. 

Dalam rombongan, sedikitnya ada satu bayi yang masih berusia 8 bulan dan 4 lansia yang salah satunya telah berusia 82 tahun.

“Sebagian karena mereka ini ada di Jakarta. Jadi langsung di Jakarta. Untuk di Jakarta ada 4 orang. Kemudian ada beberapa yang naik pesawat besok pagi. Jadi jumlah berkurang sekitar sepuluh orang. Insyaallah berangkat semua,” ujarnya saat diwawancarai, Sabtu (26/10) malam.

Gegara Rutin Piknik

Warga Dukuh Windan Baru RT 04/RW 07 punya agenda rutin menggelar piknik tahunan. Umrah bareng pada awalnya menjadi sebuah wacana yang mengagetkan. 

Mahfud menceritakan wacana ini muncul pertama kali sekitar bulan Agustus 2023. Kala itu warga tengah menggelar sarasehan di Puncak Pinus Becici, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. 

Salah seorang warga usul agar kegiatan piknik tahunan bisa memberikan keberkahan bagi seluruh warga Windan Baru RT 04/RW 07. Akhirnya muncul wacana piknik ke Arab Saudi untuk umrah. 

“Agak tercengang, biaya mahal, waktunya juga sulit karena tidak semua pekerjaannya sama. Namun, setelah dicermati di rumah ini idenya cukup bagus,” ujarnya. 

Akhirnya pada September 2023, warga mengerjakan serius wacana tersebut. Perwakilan warga mulai berdiskusi dengan salah seorang Muthawif atau untuk pembimbing atau pemandu ibadah haji atau umrah bernama Uztaz Na’im.

Mahfud menerangkan, salah satu hal yang didiskusikan adalah biaya untuk melakukan perjalanan umrah. Hasil diskusi itu disampaikan ke warga dan diambil keputusan membentuk susunan panitia pada bulan Oktober 2023. 

“Sesuai dengan Departemen Agama itu tidak boleh di bawah Rp 20 juta. Disampaikan ke warga rata-rata siap,” kata dia.

Bulan Oktober 2024 adalah target yang dicanangkan untuk merealisasikan wacana umrah bareng. Total panitia menggelar 24 kali rapat untuk mengurus administrasi. 

“Mulai data, membantu pemberkasan sampai manasik itu yang mengurusi panitia. Biro hanya mencarikan visa tiket pulang pergi pesawat dan hotel jadi 80 persen hampir seluruhnya kerja panitia. Setahun mereka menabung. Alhamdulillah cukup sampai sekarang,” jelas Mahfud.

Kegiatan ini pun menjadi kegiatan pertama yang dilakukan para warga. “Belum pernah sama sekali, jadi kami berencana belum pernah ada baru kali ini,” tutur Mahfud. (mcr21/jpnn)

Leave a comment