Informasi Terpercaya Masa Kini

Laptop Lenovo ThinkPad P1 Gen 7 Pakai Memori LPCAMM2, Ini Kelebihannya

0 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Laptop mobile workstation Lenovo di Indonesia yang sudah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yaitu ThinkPad P1 Gen 7 dibekali memori (RAM) jenis baru yang tidak ada di laptop ThinkPad P-Series lainnya. 

RAM yang dipakai laptop bisnis teranyar Lenovo ini berjenis Low-Power Compression Attached Memory Module Generasi ke-2 atau bisa disingkat sebagai LPCAMM2. Biasanya, laptop kekinian dibekali dengan RAM berjenis Double Data Rate alias DDR atau Low-Power Double Data Rate (LPDDR).

Workstation Business Manager Lenovo, Jalial Ng mengatakan, RAM jenis LPCAMM2 merupakan teknologi terbaru yang memiliki form factor lebih besar. Namun, secara dimensi ukurannya lebih tipis dari jenis DDR.

Dengan ukuran tipis, jenis RAM LPCAMM2 ini bisa dipasang ke laptop dengan performa tinggi, seperti mobile workstation, untuk menghemat ruang dan membantu sirkulasi udara di dalam laptop.

Baca juga: Lenovo Rilis 4 Laptop Bisnis ThinkPad P-Series di Indonesia

“Selain itu, dibanding jenis RAM DDR5, RAM LPCAMM2 memiliki performa yang lebih ‘ngebut’ dan lebih efisien alias memiliki konsumsi daya lebih rendah,” kata Jalial kepada KompasTekno dalam acara peluncuran Lenovo ThinkPad P-Series di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2024).

Dengan begitu, menurut Jalial, jenis RAM ini cocok untuk menggenjot performa mobile workstation, terutama untuk menjalankan banyak aplikasi AI secara bersamaan.

Jalial melanjutkan, sebagai gambaran, memori LPCAMM2 di laptop ThinkPad teranyarnya ini dapat memangkas konsumsi daya hingga 61 persen, serta menghemat tempat hingga 64 persen dibanding teknologi DDR5.

Memori LPCAMM2 di ThinkPad P1 Gen 7 ini, yang diklaim pertama di industri, juga bisa dikonfigurasikan hingga kapasitas 64 GB, dengan kecepatan mencapai 7.467 juta transfer data per detik (MT/s).

Meski lebih cepat dan hemat daya dibanding teknologi DDR, LPCAMM2, menurut Jalial, memiliki satu kekurangan, yaitu pemasangan atau penambahan memori yang tidak praktis.

“Jadi kalau memori LPCAMM2 ini mau ditingkatkan kapasitasnya, maka modulnya harus diganti dengan yang baru karena tertanam di papan utama (motherboard). Ini berbeda dengan memori DDR atau LPDDR yang bisa ditambah-tambah komponennya, karena ukurannya yang kecil,” jelas Jalial.

Spesifikasi dan harga ThinkPad P1 Gen 7 di Indonesia

ThinkPad P1 Gen 7 bisa dikonfigurasikan dengan prosesor (CPU) Intel Core Ultra Series (hingga Intel Core Ultra 9).

Lalu untuk konfigurasi pengolah grafis (GPU) tertinggi, ada Nvidia RTX 3000 Ada yang fokus di performa AI, serta Nvidia GeForce RTX 4070 untuk menggenjot kinerja visual.

Baca juga: Trio Laptop Lenovo ThinkPad L Terbaru Meluncur, Lebih Gampang Diperbaiki

Kemudian untuk pemrosesan AI, laptop bisnis berbobot 1,82 kg ini dibekali dengan chip Neural Processing Unit (NPU) Intel MTL-H yang memiliki performa mencapai 11 triliun operasi per detik (TOPs).

Spesifikasi lainnya dari laptop workstation ini mencakup panel OLED Touch 16 inci dengan resolusi hingga UHD Plus. media penyimpanan (storage) SSD hingga 8 TB, baterai 90 Whrs, USB-C Charging, RGB IR Camera, WiFi 7, Bluetooth 5.4, USB-C Thunderbolt 4, tingkat ketahanan standar militer AS MIL-STD-810H, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, ThinkPad P1 Gen 7 sudah tersedia dalam satu varian warna, yaitu Black dan bisa dibeli mulai hari ini dengan harga termurah Rp 56,8 juta.

Leave a comment