Informasi Terpercaya Masa Kini

Pemukim Israel: Kami akan Tinggal di Gaza, Bangsa Palestina Dipindahkan ke Negara Lain

0 2

REPUBLIKA.CO.ID, JALUR GAZA — Keinginan untuk menghilangkan penduduk Palestina di Jalur Gaza tidak hanya dari otoritas Zionis di Tel Aviv, tapi juga para pemukim liar ilegal Israel. 

Seorang pemimpin pemukim Israel mengatakan dalam sebuah konferensi di perbatasan Israel dengan Gaza bahwa warga Palestina akan ‘menghilang’ dari wilayah tersebut. Ribuan orang akan dipindahkan baik dari utara hingga selatan.

Berpidato dalam sebuah konferensi yang juga dihadiri oleh Menteri Keamanan Israel Itamar Ben Gvir dan anggota Knesset dari partai Likud milik Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Daniella Weiss menyerukan agar warga Palestina di Gaza dipindahkan ke negara lain.

“Kami datang ke sini dengan satu tujuan yang jelas, tujuannya adalah untuk menyelesaikan seluruh Jalur Gaza, bukan hanya sebagian saja, bukan hanya beberapa pemukiman, seluruh Jalur Gaza dari utara ke selatan,” kata Weiss.

Weiss, pemimpin Nachala, gerakan pemukim ortodoks yang menyelenggarakan konferensi tersebut, mengatakan ada enam kelompok pemukim dan lebih dari 700 keluarga yang ingin menetap di Gaza.  

“Ribuan orang siap pindah ke Gaza sekarang,” kata Weiss.

“Sebagai akibat dari pembantaian brutal pada 7 Oktober, warga Arab Gaza kehilangan hak untuk tinggal di sini selamanya, jadi mereka akan pergi ke berbagai negara di dunia. Mereka tidak akan tinggal di sini.”

Weiss mengatakan bahwa para pemukim yang pindah ke Gaza akan menyaksikan bagaimana orang-orang Yahudi pergi ke Gaza dan orang-orang Arab menghilang dari sana. 

Seperti diketahui Jalur Gaza menjadi tempat pembantaian tentara Israel terhadap warga Palestina. Lebih dari 42.600 warga Palestina terbunuh sejak Israel melancarkan perang melawan Hamas pada Oktober tahun lalu. 

‘Pemilik tanah’

Komentar Weiss digaungkan oleh Ben Gvir, yang kemudian mengatakan kepada pemukim Israel, “Kami adalah pemilik tanah”. Ben Gvir juga menyerukan agar warga Palestina di Gaza “secara sukarela” pindah ke negara lain.

 

Konferensi pada Senin, berlangsung di dekat kibbutz Reim. Suara pengeboman Israel yang terus berlanjut di Gaza utara terdengar di latar belakang dan asap mengepul di cakrawala beberapa kilometer ke barat.

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari seribu orang, banyak dari mereka bersenjata, termasuk pemukim dari organisasi keagamaan dan sekuler, dengan acara yang diselenggarakan bersama pembicara utama untuk keluarga dan anak-anak.

Beberapa orang mengenakan kaus oblong dan stiker yang secara terbuka menyatakan dukungan untuk Meir Kahane, mendiang pendiri gerakan supremasi Yahudi sayap kanan yang dilarang di Israel.

Satu stiker menunjukkan gambar Kahane, seorang rabi yang terbunuh di New York pada tahun 1990, dan kata-kata “Kahane benar”. Yang lain berbunyi: “Yahudi, balas dendam!” Yang lainnya mengenakan stiker bertuliskan, “Gaza kami selamanya”.

Selain Ben Gvir, konferensi tersebut dihadiri oleh May Golan, menteri kesetaraan Israel, dan sejumlah anggota parlemen Likud.

Middle East Eye bertanya kepada Golan apa rencana Israel untuk dua juta orang yang masih tinggal di Gaza, Golan menolak menjawab pertanyaan tersebut.

Tally Gotliv, anggota parlemen Likud, mengatakan kepada MEE: “Kita perlu menduduki seluruh tanah Israel. Tidak ada orang yang tidak bersalah di Gaza. Setiap orang yang menolak meninggalkan wilayah utara adalah kolaborator.”

Acara pada Senin berlangsung dengan latar belakang serangan militer yang meningkat di Gaza utara tempat ratusan ribu warga Palestina masih terjebak dan menjadi sasaran serangan udara setiap hari.

Serangan itu terjadi di tengah laporan dari Israel bahwa militer telah mulai menerapkan strategi yang dikenal sebagai “Rencana Jenderal” yang menyerukan pembersihan etnis di wilayah utara.

Gerakan Nachala Weiss telah membangun pemukiman ilegal di tanah di Tepi Barat yang diduduki selama beberapa dekade. Awal tahun ini, Mahkamah Internasional memutuskan bahwa pendudukan Israel atas wilayah Palestina sejak 1967 adalah melanggar hukum dan harus segera diakhiri.

Berbicara pada Senin, Weiss mengatakan gerakan pemukim berencana untuk menggunakan pengalaman yang diperolehnya dalam membangun pemukiman di Tepi Barat dan Dataran Tinggi Golan, wilayah Suriah yang diakui secara internasional yang dianeksasi oleh Israel, untuk mengirim ‘pelopor’ ke Gaza.

Sekitar 9.000 pemukim sebelumnya tinggal di 21 pemukiman Israel di Gaza tetapi pemukiman ini dibongkar setelah Israel menarik diri dari wilayah tersebut pada  2005.

Weis mengaku memiliki dukungan politik dalam menjalankan rencana tersebut. “Kami memiliki dukungan publik, dan kami memiliki pengalaman yang telah kami kumpulkan dalam 55 tahun penyelesaian di Yudea [dan] Samaria [Tepi Barat yang diduduki], Dataran Tinggi Golan.”

“Kami berencana untuk mengambil apa yang telah kami peroleh selama bertahun-tahun menetap di Yudea dan Samaria dan melakukan hal yang sama di sini, di Gaza.”

Leave a comment