Informasi Terpercaya Masa Kini

Siapa Dody Hanggodo yang Ditunjuk Jadi Menteri PU oleh Prabowo?

0 4

Presiden RI ke-8, Prabowo Subianto, menunjuk Dody Hanggodo menjadi Menteri Pekerjaan Umum (PU) untuk bekerja di Kabinet Merah Putih. Siapa Dody Hanggodo yang akan jadi Menteri PU RI baru?

Pemilihan Dody Hanggodo sebagai Menteri PU diumumkan oleh Prabowo, di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (20/10/2024), malam. Melalui kesempatan itu, Prabowo memperkenalkan nama-nama menteri yang akan membantunya di periode pemerintahan yang akan datang.

“Ir.Dody Hanggodo, MPE, Menteri Pekerjaan Umum,” kata Prabowo.

Posisi Menteri PU yang dipegang Dody adalah jabatan untuk memimpin Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Kementerian PU sendiri adalah pecahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kementerian PUPR yang dulunya dipimpin oleh Basuki Hadimuljono, dipecah menjadi Kementerian PU dan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman di era Kabinet Prabowo.

Nama Dody sebelumnya sempat muncul dalam daftar 49 tokoh yang dipanggil Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Pemanggilan sejumlah tokoh itu dilakukan untuk mempersiapkan daftar menteri yang akan menjabat di Kabinet Prabowo-Gibran.

Jumlah kabinet Prabowo merupakan yang terbanyak setelah Orde Baru. Prabowo mengumumukan telah menunujuk 53 menteri dan kepala badan, serta 56 wakil menteri untuk mengisi jabatan di Kabinet Merah Putih.

Baca juga: Daftar 56 Nama Wakil Menteri yang Diumumkan Presiden Prabowo

Profil Dody Hanggodo

Ir. Dody Hanggodo merupakan nama baru di jajaran menteri dan kepala badan Indonesia. Dody Hanggodo adalah seorang pengusaha dan komisaris perusahaan pengolahan sawit besar di Kalimantan Timur.

Dody Hanggodo tercatat sebagai komisaris PT Senabangun Anekapertiwi. Berdasarkan dokumen laporan keuangan perusahaan tahun 2020, Dody sudah menjabat sebagai komisaris PT Senabangun Anekapertiwi sejak 2019.

PT Senabangun Anekapertiwi sendiri adalah perusahaan pengolahan perkebunan kelapa sawit yang berdiri sejak 1995. Perusahaan ini juga bergerak dalam industri produksi minyak kelapa sawit (CPO) dan minyak inti kelapa sawit (CKPO).

Perusahaan tempat Dody bekerja bergabung dengan perusahaan sawit lainnya, yaitu PT Pradiksi Gunatama TBK, pada 2022. Adapun PT Pradiksi Gunatama dimiliki oleh PT Araya Agro Lestari dan PT Citra Agro Raya. Pemilik kedua perusahaan tersebut adalah putra dan putri pengusaha ternama asal Kalimantan, Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam.

Dody Hanggodo adalah ayah dari Aushaf Fajr Herdiansyah, seorang kader Partai Gerindra. Aushaf adalah Calon Wakil Bupati Nganjuk 2024 yang maju bersama Muhammad Muhibbin Nur di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Dody Hanggodo merupakan lulusan S2 bidang studi ekonomi. Hal ini terlihat dari gelar yang ia sandang, yaitu M.PE, sebuah gelar magister (S2) untuk pendidikan ekonomi.

Dody termasuk sosok yang kurang aktif di media sosial. Ia baru saja membuat akun media sosial Instagram setelah ditunjuk menjadi menteri di Kabinet Merah Putih. Adapun nama akun Instagram Dody adalah @Dodyhanggodo, yang baru saja dibuat pada Oktober 2024.

Unggahan pertamanya menampilkan dirinya dan Prabowo Subianto sedang duduk bersanding mengenakan pakaian putih-hitam. Bersamaan dengan foto itu, Dody menyampaikan kesiapannya mengabdikan diri di Kabinet Prabowo-Gibran.

Dody mengungkapkan bahwa dirinya diberi tanggung jawab untuk menjalankan “visi misi besar Kabinet Merah Putih 2024-2029” yang disebut Asta Cita. Melalui kesempatan yang sama, Dody mengaku bahwa dirinya kurang kekinian untuk mengelola sosial media.

Terlepas dari itu, ia berharap akun Instagramnya bisa menjadi sarana aspirasi dan masukan dari masyarakat.

Baca juga:

  • Profil Nasaruddin Umar Menteri Agama Kabinet Merah Putih Prabowo
  • Profil Ni Luh Puspa yang Dipanggil Prabowo, Jadi Wamen Apa?
  • Profil Sunarto Hakim Agung Ketua MA yang Baru & Harta Kekayaan
Leave a comment