Informasi Terpercaya Masa Kini

Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition Resmi, “Edisi Spesial” Pertama dan Bawa Kamera 200 MP

0 1

KOMPAS.com – Samsung resmi meluncurkan varian baru dari Galaxy Z Fold 6, yaitu Galaxy Z Fold 6 Special Edition di pasar Korea Selatan, Senin (21/10/2024). Ini merupakan ponsel lipat pertama Samsung yang dibubuhi dengan embel-embel “Special Edition”.

Sebelumnya, beberapa model ponsel lipat Samsung sebenarnya sudah banyak memiliki edisi spesial, macam Thom Browne Edition untuk Galaxy Z Fold 5. Hanya saja, tidak embel-embel Special Edition seperti Galaxy Z Fold 6 sekarang. 

Nah, dibandingkan dengan Samsung Galaxy Z Fold 6 “reguler”, Samsung Z Fold 6 Special Edition membawa sejumlah pembaruan, salah satunya adalah kamera utama yang ditingkatkan dari 50 MP menjadi 200 MP. 

Peningkatan kamera utama ini tentunya akan turut membuat hasil foto dan video dari kamera utama ponsel lipat ini lebih bagus, jernih, dan memiliki detail lebih tajam dari sebelumnya. 

Baca juga: Counterpoint: Pasar Smartphone Tumbuh pada Kuartal III-2024, Samsung Teratas

Selain kamera, layar utama (Main Screen) dan layar sekunder (Cover Screen) Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition kini juga sedikit lebih luas, yaitu dengan ukuran masing-masing layar mencapai 8 inci (rasio 20:18) dan 6,5 inci (rasio 21:9). 

Di Samsung Galaxy Z Fold 6 biasa, Main Screen dan Cover Screen masing-masing memiliki ukuran 7,6 inci (rasio 20,9:18) dan 6,3 inci (rasio 22,1:9). 

Meski memiliki layar lebih luas, Samsung Z Fold 6 Special Edition memiliki bobot lebih ringan yaitu mencapai 236 gram, serta dimensi ketebalan yang cukup tipis yaitu mencapai 10,6 mm apabila dilipat. Versi reguler memiliki bobot 239 gram dan dimensi ketebalan 12,1 mm. 

Selain kamera dan layar, kapasitas RAM di Samsung Z Fold 6 juga ditingkatkan dari 12 GB menjadi 16 GB. Untuk media penyimpanan (storage) hanya tersedia dalam satu pilihan yaitu 512 GB saja.

Terlepas dari berbagai pembaruan di atas, spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition lainnya bisa dibilang sama persis dengan Galaxy Z Fold 6.

Ponsel ini tetap ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy yang dirancang khusus untuk meningkatkan performa hardware dan kinerja kecerdasan buatan (AI), khususnya AI buatan Samsung yang dijuluki Galaxy AI.

“Otak” ponsel lipat Samsung ini memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa core) dengan kecepatan clock hingga 3,39 GHz, serta unit pengolah grafis (GPU) Adreno 750 dengan kecepatan clock 1.000 MHz. 

Beralih ke sektor fotografi, selain kamera 200 MP tadi, kamera lainnya yang ada di Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition sama persis dengan Samsung Z Fold 6 reguler. 

Beberapa di antaranya mencakup kamera telefoto 10 MP yang memiliki pembesaran optis (optical zoom) mencapai 3x, kamera ultrawide 12 MP, kamera Main Screen 4 MP, dan kamera Cover Screen 10 MP. 

Semua kamera ini (kecuali kamera Main Screen) mendukung perekaman video 4K dengan frame rate 60 FPS. Kemudian khusus untuk kamera utama mendukung perekaman video 8K dengan frame rate 30 FPS.

Fitur pendukung yang ada di ponsel lipat ini mencakup baterai 4.400 mAh dengan dukungan pengisian cepat via kabel 25 watt dan nirkabel 15 watt, serta sistem operasi Android 14 yang dipoles dengan tampilan antarmuka One UI 6.1.1.

Baca juga: Samsung Umumkan Memori GDDR7 24 GB Pertama di Dunia, untuk Next-gen AI

Ada pula fitur Ultra-wideband (UWB) untuk transfer dengan bandwidth tinggi namun berdaya rendah, NFC, e-SIM, Bluetooth 5.3, serta dukungan fitur-fitur Galaxy AI, seperti Circle to Search untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Di pasar Korea Selatan, Samsung Z Fold 6 Special Edition tersedia dalam varian warna Black Shadow saja. Ponsel ini dijual dengan harga 2.789.600 won Korea atau sekitar Rp 31,4 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Senin (21/10/2024).

Belum ada informasi apakah ponsel lipat edisi spesial dengan kamera utama 200 MP dan bodi lebih ringan dan tipis dari Galaxy Z Fold 6 reguler ini akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Leave a comment