Informasi Terpercaya Masa Kini

Spesifikasi Pindad MV3 Garuda Limousine, Mobil Kepresidenan Prabowo-Gibran

0 2

Usai Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, PT Pindad memperkenalkan MV3 Garuda Limousine sebagai kendaraan dinas kepresidenan Prabowo-Gibran selama masa jabatan 2024-2029.

Mobil berkelir putih tersebut merupakan pengembangan terbaru dari model MV3 yang didesain dan dikembangkan secara khusus dari arahan Presiden RI Prabowo Subianto.

Dalam keterangan resminya, Pindad mengungkapkan kendaraan kepresidenan ini sebagai upaya dalam mewujudkan kemandirian dalam negeri dalam memproduksi mobil dalam negeri, sekaligus menandakan kemajuan industri pertahanan dalam negeri.

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine. Karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya,” ujar Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose lewat keterangan resmi yang diterima kumparan.

Selain itu, MV3 Garuda Limousine juga merupakan upaya dalam mewujudkan pengembangan kendaraan taktis militer dan kendaraan sipil secara utuh, mulai dari desain konsep sampai produksi massal.

“Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang di dalamnya,” ujar Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa.

“Seperti halnya kendaraan MV3 Maung, Presiden Prabowo memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine. Tim enjiniring kami beserta seluruh insan Pindad berupaya keras untuk mewujudkannya, alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,” lanjutnya.

Secara dimensi, MV3 Garuda Limousine punya panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter dan tinggi 1,87 meter. Untuk bobotnya mencapai 2,95 ton.

MV3 Garuda Limousine dibekali dengan mesin bertransmisi otomatis dengan 8 percepatan. Untuk tenaganya mencapai 199 dk dengan kecepatan maksimum 100 km/jam.

Tak main-main, Pindad menerapkan proteksi tinggi pada kendaraan ini. Fitur keamanannya terdapat di seluruh bagian kendaraan.

Bagian bodi, menggunakan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193.

Ada juga kaca anti-peluru level B5/B6. Bagian bannya menggunakan ring 21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Eksterior, MV3 Garuda Limousine dilengkapi automatic footstep di bagian samping kendaraan untuk memudahkan pijakan keluar masuk kendaraan.

Pada mobil ini ada logo Garuda yang melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan.

Motif grille-nya terinspirasi dari batik parang yang menggambarkan kearifan lokal sekaligus sebagai salah satu identitas bangsa.

Bagian belakangnya, ada dual exhaust yang disematkan untuk meningkatkan performa kendaraan.

Interiornya pun sudah premium menggunakan material wood finish accents, dengan kursi penumpang captain seat yang bisa diatur secara elektrik. Terdapat juga leg rest serta limo touch control panel.

Untuk entertainment, Pindad MV3 Garuda Limousine sudah dilengkapi head unit 12 inci, kamera 360, led smart TV, cooled storage, hingga portable WiFi.

Leave a comment