Informasi Terpercaya Masa Kini

Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2024 – Jorge Martin Ubah Marc Marquez Jadi Manusia Lagi, Asapi Francesco Bagnaia

0 2

BOLASPORT.COM – Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin, berhasil meraih pole position pada kualifikasi seri balap ke-17 MotoGP Australia 2024.

Jorge Martin tampil impresif pada sesi kualifikasi yang digelar di Sirkuit Phillip Island, Australia, Sabtu (19/10/2024).

Martinator mencatatkan waktu lap 1 menit 27,296 detik, untuk mendekati rekornya sendiri.

Tidak ada pembalap yang bisa mendekat.

Bahkan Marc Marquez (Gresini Racing) yang selalu memuncaki sesi terpaut setengah detik lebih dari Martin untuk menempati posisi kedua.

Maverick Vinales (Aprilia Racing) melengkapi posisi start baris terdepan dengan menempati posisi kedua dan ketiga. 

Jalannya Kualifikasi

Sesi kualifikasi 1 (Q1) dimulai, sebanyak 12 pembalap memasuki lintasan untuk memburu dua posisi waktu tercepat demi lolos ke Q2.

Pemenang balapan MotoGP Australia musim lalu, Johann Zarco, mencatatkan waktu tercepat pada run pertamanya dengan perolehan 1 menit 34,481 detik.

Kecepatan juga ditunjukkan pembalap Repsol Honda, Luca Marini yang ikut memanaskan persaingan usai berhasil mematahkan waktu Zarco.

Marini melesat menjadi yang pertama dengan raihan 1 menit 33,980 detik. Tak lama, Pedro Acosta segera mengambil alih posisi pertama dengan catatan 1 menit 33,070 detik.

Acosta dan Marini terus terlibat persaingan pada run pertama setelah keduanya sudah menyentuh angka 1 menit 31 detik.

Pada run kedua, Marini mulai tersingkirkan setelah Enea Bastianini untuk pertama kalinya mampu meraih lap terbaiknya dengan 1 menit 30 detik.

Sementara Acosta terus mempertajam catatan waktunya dalam setiap putaran untuk menempatkannya di posisi pertama dengan 1 menit 29,817 detik.

Drama terjadi di detik-detik terakhir saat penampilan impresif Acosta sepanjang 15 menit sia-sia. Marini mampu mencuri posisi pertama usai meraih 1 menit 29,727 detik.

Akan tetapi, slot dua pembalap lolos ke Q2 akhirnya berhasil diamankan oleh Raul Fernandez dan Enea Bastianini. 

Baca Juga: MotoGP Australia 2024 – Tercepat pun Tak Sombong, Marc Marquez Tahu Belum Ada Data yang Berguna

 

Q2 dimulai, Martin sudah tiga kali mencatatkan waktu tercepat pad run pertamanya untuk memperoleh putaran lap 1 menit 28,106 detik.

Maverick Vinales dan Marc Marquez memanaskan persaingan untuk melengkapi posisi tiga besar tercepat sementara.

Pada putaran selanjutnya, Vinales bahkan berhasil melompat ke urutan pertama usai meraih 1 menit 27,991 detik. Catatan tersebut jadi yang tercepat sampai run pertama berakhir.

Memasuki tiga menit terakhir, para pembalap kembali memasuki lintasan untuk melakukan flying lap pada run kedua.

Jorge Martin melesat dengan memperoleh putaran lap terecepat dengan 1 menit 27,296 detik.

Adapun Francesco Bagnaia yang tak terlihat dalam persaingan untuk memperebutkan start di barisan depan gagal meraih putaran lap terbaiknya.

Bagnaia harus puas berada di urutan kelima dengan raihan 1 menit 28,478 detik.

Sementara Marc Marquez berhasil menemani Marquez untuk dua posisi teratas. 

Baca Juga: MotoGP Australia 2024 – Kesal tapi Gemas, Reaksi Jorge Martin usai Hampir Tabrak Kelinci yang Numpang Lewat di Tengah Trek

Leave a comment