Informasi Terpercaya Masa Kini

Bacaan Doa Setelah Sholat Sunnah Zifaf Lengkap Tulisan Latin dan Artinya,Amalan Pengantin Baru

0 2

TRIBUNSUMSEL.COM– Bacaan doa setelah selesai melaksanakan sholat sunnah zifaf perlu diketahui dan diamalkan pengantin baru.

Sebagai informasi, sholat sunnah zifaf adalah amalan untuk pengantin baru yang telah selesai melaksanakan ijab kabul (akad nikah).

Tujuannya adalah untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT agar perjalanan pernikahan berlangsung harmonis dan bahagia.

Adapun pelaksanaannya sama dengan sholat sunah lainnya, sholat sunah setelah akad nikah ini pun dilakukan dengan jumlah rakaat sebanyak dua rakaat.

Selesai sholat sunnah, pengantin baru dapat mengamalkan doa kepada Allah SWT dengan harapan dapat mewujudkan rumah tangga yang harmonis.

Berikut bacaan doanya

اللهم بارِكْ لي في أهلي، وبارِكْ لأهلي فِيَّ، اللهم ارزقْهم مِنِّي، وارزقْني منهم، اللهم اجمع بينَنا ما جمعتَ في خيرٍ، وفرِّق بيننا إذا فرقتَ في خيرٍ “

Latin: Allahumma barik li fi ahli, wa barik ahli fiya. Allahumarzuqhum minni, warzuqni minhum. Allahummajma’ bainana ma jama’ta fi khair. wa farriq bainana idza faraqta fi khair.

Terjemahan: “Ya Allah berkahilah kehidupanku dalam keluargaku, juga berkahilah keluargaku dalam hidupku. Ya Allah berikanlah rezeki untuk keluargaku dari ku dan berikanlah rezeki untukku dari keluargaku. Ya Allah kumpulkanlah kami sebagaimana Engkau kumpulkan dalam kebaikan, juga jangan pisahkan kami kecuali dalam perpisahan yang baik.”

Tentang hal ini yakni sholat sunnah setelah akad nikah, berikut penjelasan riwayatnya.

Abu Sa’id Maula (budak yang telah dimerdekakan) beliau mengisahkan bahwa semasa masih menjadi budak ia pernah melangsungkan pernikahan. Ia mengundang beberapa sahabat Rasulullah SAW, diantaranya Abdullah bin Mas’ud, Abu Dzar dan Hudzaifah. Abu Sa’id mengatakan mereka pun membimbingku, mengatakan, “Apabila istrimu masuk menemuimu maka shalatlah dua rakaat. Mintalah perlindungan kepada Allah dan berlindunglah kepadanya dari kejelekan istrimu. Setelah itu urusannya terserah engkau dan istrimu.”

Abdullah bin Mas’ud pernah mengatakan kepada seseorang yang baru menikah,

“Kalau istrimu datang menghampirimu, maka perintahkanlah dia shalat dua rakaat di belakangmu” (HR. Abu Bakr bin Abi Syaibah)

Tata Cara Sholat Sunnah Setelah Akad Nikah

Sama dengan sholat sunah lainnya, sholat sunah setelah akad nikah ini dilakukan dengan jumlah rakaat sebanyak dua rakaat

Suami bertindak sebagai imam bagi istrinya. Berikut tata caranya:

1. Berwudhu

2. Saat memasuki kamar disunnahkan mendahulukan kaki kanan kemudian mengucapkan salam: “Bismillahi was Salami ‘Ala Rasulullah. Assalaamu’alaikum!”

3. Berniat dengan niat sholat sunnah mutlak. Atau melafalkan niat berikut

أشلي سنتان نكاح ركاتن بقضيتن لله طائلة الله أكبر

Latin: Ushalli sunnatan nikaahi rak’ataini ba’diatan lillahi ta’ala allahu akbar.

Terjemahannya: “Aku berniat salat sunah setelah nikah dua rakaat karena Allah Ta’ala Allah Maha Besar.”

4. Rakaat pertama boleh membaca Surat Al-Kafirun setelah Al-Fatihah dan rakaat kedua membaca Surat Al-Ikhlas.

5. Berdoa Setelah Salam

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِي وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ اَللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ بِخَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ

Latin: Allahumma Baariklii Fii Ahlii wa Baarik Lahum Fii, Allahummajma’ Bainanaa Maa Jama’ta Bikhairin wa Farriq Bainana idzaa farraqta ilaa Khair

Terjemahannya: “Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku dan isteriku, serta berkahilah mereka dengan sebab aku. Ya Allah, berikanlah rezeki kepadaku lantaran mereka, dan berikanlah rezeki kepada mereka lantaran aku. Ya Allah, satukanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan dan pisahkanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan.” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah)

Baca juga: Arti Allahumma Jannibnas Syaitona Wa Jannibi Syaitona Marazaqtana, Doa Berhubungan Suami Istri

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud, Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Baca juga: Doa untuk Pengantin Baru, Barakallahu Laka wa Baraka ‘Alaika Wa Jama‘a Bainakuma Fî khairin

Itulah bacaan doa setelah sholat sunnah zifaf lengkap tulisan latin dan artinya, sebagai amalan bagi pengantin baru.

Baca artikel dan berita Tribun Sumsel lainnya langsung dari google news

Leave a comment