Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Warna Rustic yang Bikin Rumah Lebih Estetik

0 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Dekorasi rustic adalah gaya desain interior klasik yang menampilkan kesan alami khas pedesaan. 

Ciri dari desain rustic yaitu menggunakan bahan-bahan alami yang memancarkan kesan hangat dan nyaman. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Dinding Bergaya Rustic yang Estetik

Warna-warna yang digunakan pun menyesuaikan dengan kesan yang ingin ditampilkan. Biasanya, bersifat membumi dan alami dengan dasar warna netral dan warna tanah. 

Warna tersebut lebih dikenal dengan warna-warna rustic. Dikutip dari Homes and Gardens, Minggu (4/8/2024), berikut lima warna rustic yang membuat rumah terlihat lebih estetik. 

Warna netral yang hangat

Warna netral yang hangat seperti krem dan coklat termasuk warna rustic. Warna ini bisa memberikan kesan nyaman dan hangat. 

Kathy Kuo, seorang desainer interior, mengatakan bahwa palet warna yang hangat seperti warna pasir, kelabu kecokelatan, dan terakota selalu terlihat cantik dan alami jika dipadukan dengan rumah bergaya pedesaan yang anggun. 

Baca juga: 7 Warna Netral yang Membuat Ruangan Kecil Terasa Lebih Besar

Warna-warna netral yang hangat juga bisa memberikan efek menenangkan. Mara Rypacek Miller, direktur pelaksana dan pendiri Indutsville, juga mengatakan bahwa warna seperti krem dan abu-abu termasuk warna rustic yang memberikan kesan indah dan nyaman. 

Warna hijau

Selanjutnya, warna rustic lainnya yang tidak kalah estetik yaitu warna hijau. Ada banyak pilihan warna hijau, salah satunya hijau sage. 

Warna ini memberikan kesan alami yang sangat menyatu dengan dekorasi bergaya pedesaan. Pada dekorasi bergaya pedesaan, warna hijau bisa menambah kedalaman dan dimensi yang membuat tampilan rumah terlihat lebih nyaman. 

Ruther Mottershead, direktur kreatif di Little Greene, mengatakan bahwa warna hijau yang kelem dan biru telur bebek bisa memberikan kesan pedesaan. Tidak hanya membuat ruangan terasa alami, namun juga membuat antar ruangan terlihat lebih menyatu. 

Baca juga: 5 Warna Hijau yang Cocok untuk Mendekorasi Ruang Kerja

Nuansa biru

Jika tidak ingin menggunakan warna hijau, maka warna biru juga bisa dipilih sebagai warna rustic yang estetik. 

Biru menawarkan kontras yang segar. Warna ini cocok dipadukan dengan warna rustic lainnya seperti hijau dan krem. 

Warna bernuansa biru seperti teal juga banyak disukai. Grazzie Wilson, kepala bagian kreatif di Ca’Pietra dan Proper Good Paint, mengatakan bahwa warna teal menjadi warna favoritnya karena warna ini memiliki sedikit sentuhan hijau, biru, dan abu-abu yang memberikan kesan pedesaan, tapi tetap modern. 

Grazzie juga menyarankan untuk memadukan warna teal dengan lantai kotak-kotak klasik yang memberikan kesan estetik. 

Baca juga: 6 Warna Biru Terbaik yang Cocok untuk Mengecat Semua Dinding

Merah tua

Warna merah tua yang kaya dan muram bisa menambah pesona interior bergaya rustic. Emily Brown, pendiri Emily Lauren Interiors, menyarankan untuk memilih warna merah marun, cokelat, dan oker yang pekat karena bisa memberikan nuansa dramatis. 

Emily juga mengatakan bahwa warna-warna tersebut cocok dipadukan dengan warna putih, krem, dan cokelat muda.

Jika ingin sentuhan warna yang lebih ringan, Emily merekomendasikan warna putih hangat, gading  cokelat sedang, dan hijau tua untuk menciptakan latar belakang yang tak lekang oleh waktu. 

Baca juga: 6 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Warna Merah

Warna cokelat

Terakhir, warna rustic yang bisa menjadi pilihan saat mendekorasi ruangan bergaya pedesaan yaitu warna cokelat. Warna cokelat, baik cokelat tua atau muda bisa memberikan kesan lembut dan tenang. 

Menurut Ruth, warna cokelat bisa memberikan kesan nyaman, sejuk, hangat, dan anggun. Warna ini cocok dipadukan dengan material alami, seperti anyaman, rotan, kayu, dan batu-bata. 

Leave a comment