Informasi Terpercaya Masa Kini

Gemerlap Pemandangan Malam di Istana IKN,Proses Konstruksi Berlangsung 24 Jam

0 2

TRIBUNNEWS.COM, NUSANTARA – Fajar senja. Temaram berkas sinar ungu ke kuningan tampak di belakang kepak sayap Garuda, lambang bangunan ikonik istana negara di Ibu Kota Negara (IKN) di Nusantara, Kalimantan Timur.

Percik api las dari para tukang yang merangkai sayap garuda istana, menambah indah pemandangan. Layaknya kembang api.

Suara berderit atau mendecit mesin gerinda pemotong besi terdengar sayup-sayup digunakan tukang-tukang las pagar di depan istana.

Sinar kuning, ungu dan biru di ketinggian yang menjulang ke langit, terlihat bergerak mengikuti crane tower atau pengangkut gondola konstruksi.

Panorama malam di IKN memang mempesona. Lampu-lampu crane tower, sinar penerang aktivitas bertukang.  Juga oleh sinar lampu di jalanan dan taman.

Baca juga: Madrasah Terpadu di IKN Siap Dibangun, Ditargetkan Rampung 2032

Jarak antara sayap kiri garuda, sebelah timur, dengan kantor Kemenko 1, dan jarak sayap kanan garuda dengan kantor Kemenko 3, di sebelah barat, tampak sama dan sebangun. Simetris.

Kluster bangunan-bangunan yang terletak sebelah timur dinamai plaza timur, dan bangunan di sebelah barat dinamai plaza barat.

Setiap kluster Kemenko terdapat tiga bangunan gedung. 

Di depan istana, di luar pagar istana, dan di seberang jalan, terdapat panggung di atas lembah, cekungan tergenang air. Kemudian terdapat rumah kaca di bagian dasar. 

Bangunan ini dikelilingi taman, Sumbu Masa. Taman kira-kira seukuran luas lapangan bola sepak. Lokasinya strategis di antara istana dan kantor Kemenko 1 dan Kemenko 3.

Lalu-lalang manusia, umumnya lelaki mengenakan helm dan rompi proyek, sibuk melakukan aneka pekerjaan. Mengangkut besi baja, alumunium, dan pertukangan lainnya.

Proses konstruksi berlangsung 24 jam, pagi sampai malam dan pagi lagi.

Itulah pemandangan yang terlihat di kawasan istana negara dan istana kepresidenan di Ibu Kota Negara Nusantara, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Sabtu (5/10/2020) senja hingga malam pukul 20.00 Wita.

Tampak pengerjaan 18 gedung di lokasi berbeda, namun semuanya di kawasan IKN.

Selain pengerjaan istana negara dan istana kepresidenan IKN, juga pembangunan gedung pemerintahan dan swasta.

Sebagaimana diketahui, desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan berbentuk desain burung garuda yang sedang mengepakkan sayap. Sesain ini karya aeniman Nyoman Nuarta. 

Desain danamai Istana Garuda merupakan satu dari bagian Istana Kepresidenan Nusantara yang akan dibangun di lahan seluas 55,7 Ha dengan luas tapak 334.200 meter persegi. 

Kegiatan didominasi pengerjaan konstruksi infrastruktur, jalan dan pembangunan gedung.

Tampak misalnya, pembangunan gedung rumah sakit, masih tahap pengerjaan dinding gedung. 

Kemudian pembangunan empat menara menjulang tinggi peruntukan rumah susun aparatur sipil negara (ASN).

Delapan menara atau plaza kementerian, yaitu untuk kantor empat kementerian koordinator (Kemenko)

Masing-masing empat menara atau plaza atau tower terletak sebelah kiri dan kawanan istana.

Bangunan yang dikerjakan belum dinamai sesuai nomenklatur kementerian. Namun para tukang dan pegawai di lokasi mengetahui untuk kantor Kemenko.

“Ini pembangunan kantor Kemenko. Saya tidak tahu nama lengkapnya, tapi diberitahukan ke kami, sebelah timur sini kantor Kemenko 1 dan Kemenko 2. Di belakangnya ada gedung Bank Indonesia. Sebelah barat sedang dibangun kantor Kemenko 3 dan empat,” ujar Asep, tukang yang mengaku berasal dari Cibeunying Kolot, Kota Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com, yang tiba di kawasan IKN, pukul 15.30 Wita, aktivitas pertukangan tampak sibuk di mana-mana.

Saat wartawan Tribun Network menyorotkan video kamera ke jalan persis di depan rumah susun ASN yang berdekatan dengan Swissotel Nusantara, terlihat iringan mobil presiden melintas.

Mobil plat bertulis INDONESIA melintas tepat pukul 18.05 Wita. Tampak juga mobil menggunakan mobil berplat RI. Juga terlihat mobil pejabat TNI/Polri seperti Kapolda Kaltim dan Pangdam Mulawarnan.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka kegiatan lari riang gembira bertajuk IKN TNI Fun Run, di IKN, Minggu (6/10/2024) pagi. (amb)

Leave a comment