Informasi Terpercaya Masa Kini

Polisi Ungkap Peran 5 Orang yang Ditangkap Terkait Pembubaran Diskusi FTA

0 2

Polda Metro Jaya mengamankan 5 orang yang diduga pelaku pembubaran paksa diskusi Forum Tanah Air (FTA) di Hotel Grand Kemang, Sabtu (28/9) kemarin.

Mereka adalah FEK, GW, JJ, LW, dan MDM. Masing-masing mereka memiliki perannya.

“Di antaranya adalah inisial FEK, ini selaku koordinator lapangan. Yang kedua GW, ini selaku aksi pengrusakan yang ada di dalam,” jelas Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Djati Wiyoto pada Minggu (29/9).

Menurut Djati, GW juga melakukan penganiayaan pada satpam yang sedang bertugas. Bahkan, katanya ia juga menyerang anggota polisi yang sedang melakukan pengamanan.

FEK dan GW kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara, untuk JJ, LW, dan MDM masih dilakukan pemeriksaan.

“Kemudian JJ, ini masuk ke dalam, membubarkan sampai melakukan pengerusakan mencabut baliho-baliho yang ada di dalam,” ujar Djati.

“Kemudian yang keempat LW, ini juga melakukan pengerusakan dan membubarkan acara yang ada di dalam,” lanjut Djati.

Djati pun mengaku bahwa kini timnya masih mendalami kasus ini dan mengejar pelaku-pelaku lainnya.

“Dari 5 para pelaku yang sudah kita amankan, kita akan lakukan pendalaman dan tim masih bekerja untuk mencari para pelaku-pelaku lainnya,” tuturnya.

“Sampai dengan tadi malam dan tadi pagi, kita sudah mendapatkan identitas para pelaku yang turut serta di dalam aksi perusakan, dan tentu akan kita mintai pertanggungjawaban atas perbuatan yang dilakukan oleh mereka,” lanjut dia.

Selanjutnya, menurut Djati, pihaknya masih terus lakukan pendalaman dan mencari siapa yang menjadi penggerak sekelompok orang ini.

“Kemudian juga Polda Metro Jaya akan mendalami motif dan para penggerak kelompok massa ini. Kita akan lakukan screening, kita akan lakukan profiling pendalaman terhadap para pelaku yang sudah kita amankan. siapa yang menggerakkan mereka. Apa motifnya. Apa tujuannya,” ujarnya.

Diskusi FTA dihadiri oleh beberapa tokoh, seperti Din Syamsudin, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, Said Didu, eks Danjen Kopassus Soenarko, Marwan Batubara, Rizal Fadhilah. Selain itu juga Tata Kesantra dan Ida N Kusdianti yang merupakan Ketua dan Sekjen Forum Tanah Air. Diskusi ini dibubarkan paksa oleh sekelompok orang tak dikenal.

Di tengah diskusi, mereka merangsek masuk ke dalam tempat diskusi untuk membubarkan paksa. Mereka merusak beberapa properti dan membuat kericuhan.

Dua orang satpam menjadi korban luka dalam kejadian ini. Sementara itu, polisi memastikan para tokoh yang hadir tidak ada yang terluka.

Leave a comment