Informasi Terpercaya Masa Kini

Unboxing Samsung Galaxy S24 FE, Versi Murah S24 Harga Rp 10 Juta

0 4

JAKARTA, KOMPAS.com – Samsung resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Samsung Galaxy S24 Fan Edition (FE) di Indonesia, Kamis (26/9/2024). Samsung Galaxy S24 FE merupakan versi “murah” dari Samsung Galaxy S24 series.

Samsung S24 FE mengunggulkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Galaxy AI dengan beragam fitur, chipset Exynos 2400e yang dua kali lebih “ngebut” dibanding Exynos 2200 di Samsung S23 FE, dan kamera sekelas flagship.

Di Indonesia, smartphone ini dijual seharga Rp 10 juta untuk varian RAM dan media penyimpanan (storage) 8 GB/128 GB, dan Rp 11 juta untuk konfigurasi 8 GB/256 GB.

KompasTekno berkesempatan untuk melakukan unboxing Samsung Galaxy S24 FE. Unboxing dan hands-on ini dilakukan dalam acara The New Galaxy Media Session yang dihadiri KompasTekno di The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Kami mendapatkan varian warna biru (Blue), dari tiga varian warna yang tersedia (biru, hitam, dan abu-abu). Biru disebut menjadi warna utama (hero color) untuk Samsung Galaxy S24 FE.

Samsung Galaxy S24 FE dikemas dalam boks ringan berwarna hitam, mirip seperti kotak penjualan Samsung S23 FE.

Bagian atas kotak ini dihias ilustrasi ponsel Samsung S24 FE, sesuai varian warna yang dibeli pengguna. Di bawah gambar ini, terdapat tulisan “Galaxy S24 FE” berwarna putih.

Bagian punggung kotak ini dilengkapi segel, yang mengingatkan pengguna untuk tidak menerima produk apabila segelnya rusak. Kemudian, ada juga informasi bahwa Samsung S24 FE dibuat di Indonesia.

Lalu, pengguna bisa melihat teks bertulisan “Dilarang melakukan perubahan spesifikasi yang dapat menimbulkan gangguan fisik dan/atau elektromagnetik terhadap lingkungan sekitarnya.” di bawah segel itu.

Bagian kiri boks dihias teks “Galaxy S24 FE” berwarna hitam, sedangkan bagian kanan hanya dibubuhi tulisan “Samsung” berwarna hitam.

Bagian depan terlihat kosong tanpa teks, sedangkan bagian belakang dilengkapi keterangan varian warna, RAM, storage, dan data identifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Isi kotak penjualan Samsung Galaxy S24 FE bisa dibilang minimalis.

Ketika dibuka, pengguna langsung menemukan kotak kecil yang memuat buku panduan penggunaan smartphone, kabel pengisian daya, dan SIM card ejector. Tidak ada adapter untuk mengisi daya ponsel.

Selain kotak kecil tersebut, terdapat satu unit smartphone Samsung Galaxy S24 FE. Bagian layar ini ditutupi oleh stiker berwarna hitam, yang kemungkinan mencegah layar menjadi kotor.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 FE Resmi, S24 Versi Murah dengan Exynos 2400e dan 12 Fitur AI

Menggenggam Samsung Galaxy S24 FE

Samsung Galaxy S24 FE terasa ringan untuk dipegang, tetapi Samsung sendiri belum merincikan dimensi dan bobotnya.

Yang jelas, bodi ponsel berbahan aluminium ini lebih tipis 2 mm dibanding Samsung S23 FE (dari 8,2 mm menjadi 8 mm). Artinya, ponsel bisa dengan nyaman ditaruh di saku celana pengguna.

Ketika disentuh, bagian layar cukup meninggalkan sidik jari, tetapi bagian punggung Samsung S24 FE varian warna biru tidak meninggalkan bekas sentuhan. Ponsel juga tidak terasa licin ketika dipegang.

Punggung Samsung Galaxy S24 FE mirip dengan pendahulunya, karena sama-sama dibekali DNA desain dengan tiga kamera “boba”.

Tiga kamera itu diposisikan secara vertikal tanpa penampang. Oleh sebab itu, pengguna sebaiknya berhati-hati ketika ingin menaruh ponsel dengan keadaan punggung menghadap ke bawah.

Secara rinci, kamera di punggung Samsung S24 FE dibagi menjadi kamera utama 50 MP (f/1.8, penstabil gambar OIS, zoom optik 2x), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4, zoom 3x).

Di sebelah kanan kamera, terdapat sebuah lampu LED flash untuk mendukung fotografi dalam kondisi minim cahaya.

Kamera selfie ponsel ini memiliki resolusi 10 MP (f/2.2), yang ditempatkan dalam modul lubang alias punch hole di tengah atas layar. Desain punch hole ini sebelumnya juga diadopsi oleh Samsung Galaxy S23 FE.

Kamera Samsung Galaxy S24 FE dibekali ProVisual Engine yang sebelumnya hadir di Samsung S24 series dan foldable series.

Teknologi ini membuat gambar dan video menjadi lebih tajam, termasuk foto atau video yang dipotret/direkam dalam kondisi minim cahaya.

Bicara soal layar, smartphone ini mengusung layar 6,7 inci dengan tingkat kecerahan (brightness) paling tinggi di lini Fan Edition, yaitu 1.200 nits. Panel tersebut turut mendukung fitur Vision Booster untuk meningkatkan kontras warna.

Bingkai (bezel) layar ini dibuat 20 persen lebih tipis dibanding pendahulunya, sehingga layarnya terasa lebih lega.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy Tab S10 Plus dan S10 Ultra, Tablet Galaxy AI yang Lebih Langsing

Kami merasa bahwa layar ini cocok digunakan untuk menonton berbagai video YouTube dan film, terutama karena warnanya yang baik. Tak hanya itu, layar ini juga tetap nyaman digunakan di bawah sinar matahari, berkat tingkat kecerahan 1.200 nits.

Untuk ketahanan, layar sudah dilindungi kaca Corning Gorilla Victus sehingga tidak mudah tergores atau rusak.

Sisi kiri bodi Samsung Galaxy S24 FE tidak dibekali tombol apa pun. Sementara itu, sisi kanan bodi dilengkapi tombol daya dan tombol volume.

Bagian atas smartphone memiliki laci kartu SIM dan mikrofon, sedangkan bagian bawah sudah dilengkapi port USB-C, mikrofon, dan speaker.

Spesifikasi Samsung Galaxy S24 FE

Samsung S24 FE ditenagai oleh chipset Exynos 2400e berfabrikasi 4 nm. System-on-Chip (SoC) ini diklaim dua kali lebih cepat dibandingkan Exynos 2200 di Samsung S23 FE.

Kinerja unit pemrosesan pusat (CPU) meningkat 51 persen, neural processing unit (NPU, untuk mengolah fungsi AI) meningkat 61 persen, dan unit pengolah grafis (GPU) meningkat 99 persen.

Chipset ini kemudian ditemani dengan RAM 8 GB dan storage 128 GB/256 GB.

Samsung Galaxy S24 FE juga dibekali sistem pendingin tingkat lanjut yang 11 persen lebih besar dibanding generasi sebelumnya, sehingga membuat suhu perangkat tetap sejuk saat bermain game.

Masih soal gaming, ada juga fitur ray tracing, yakni teknik rendering tiga dimensi yang membuat efek cahaya dalam game menjadi lebih realistis.

Untuk daya, Samsung S24 FE ditopang baterai berkapasitas 4.700 mAh, meningkat dari 4.500 mAh di Samsung S23 FE. Baterai tersebut didukung fitur pengisian cepat (fast charging) 25 watt dengan kabel dan baterai diklaim bisa terisi 50 persen dalam 30 menit.

Samsung Galaxy S24 FE menjalankan OS Android 14 dilapisi antarmuka OneUI 6.1.1. Samsung memastikan ponsel ini akan mendapatkan pembaruan sistem operasi tujuh generasi dan pembaruan keamanan hingga tujuh tahun.

Jika menggunakan Android 14, ponsel ini bakal mendapatkan pembaruan hingga Android 21 (apabila sistem penamaan Android masih sama). Sementara itu, pembaruan keamanan akan diberikan Samsung hingga tahun 2031.

Spesifikasi Samsung Galaxy S24 FE lainnya mencakup sertifikasi ketahanan air dan debu dengan rating IP68, fitur keamanan Samsung Knox, kompatibilitas dengan aksesori Samsung, seperti arloji pintar (smartwatch), dan masih banyak lagi.

Baca juga: 17 Fitur AI Eksklusif, Cuma Ada di Samsung Z Fold 6 dan Z Flip 6

Bawa Galaxy AI

Samsung Galaxy S24 FE membawa teknologi kecerdasan buatan Galaxy AI yang ditingkatkan. Galaxy AI di Samsung S24 FE menghadirkan 12 fitur, yang mana lima di antaranya merupakan fitur baru yang tidak ada di Samsung Galaxy S23 FE.

Fitur-fitur baru itu dibagi menjadi AI Composer, Portrait Studio, Sketch to Image, PDF Overlay, serta Listening Mode.

AI Composer misalnya, memungkinkan pengguna untuk membuat pesan (caption) posting berdasarkan perintah (prompt) teks.

Fitur yang sebelumnya hadir di lini ponsel lipat (foldable) Samsung ini, bisa disesuaikan untuk media sosial. Gaya teks pun bisa diatur, baik kasual maupun profesional.

Di sisi lain, Sketch to Image adalah fitur yang bisa menyulap sketsa pengguna menjadi gambar, baik dalam gaya tiga dimensi (3D), lukisan cat air, gambar hitam putih, dan lain seterusnya.

Selain kelima fitur anyar tersebut, ada dua fitur yang mengalami peningkatan yaitu Circle to Search dan Live Translate.

Circle to Search terbaru dapat digunakan untuk melingkari kode QR di layar yang aktif. Di sisi lain, Live Translate kini bisa dimanfaatkan untuk aplikasi perpesanan pihak ketiga, seperti WhatsApp, Instagram, dan Telegram.

Fitur Galaxy AI yang dihadirkan di Samsung S24 FE tetapi tidak mendapatkan perubahan mencakup Generative Edit, Chat Assist, Browsing Assist, Transcript Assist, dan Interpreter.

KompasTekno pun sudah mencoba fitur Sketch to Image, Circle to Search, dan Interpreter.

Fitur Sketch to Image bisa berfungsi dengan baik. Kami mencoba membuat sketsa kucing, dan Galaxy AI berhasil menyulapnya menjadi gambar yang lebih jelas. Galaxy AI membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 detik untuk memproses permintaan kami.

Fitur Circle to Search justru mengalami eror saat kami coba. Kami mencoba melingkari gambar hewan kuda nil yang sedang viral, Moo Deng, tetapi Circle to Search selalu menampilkan eror dan tidak menunjukkan hasil pencarian yang kami minta.

Fitur penerjemah bahasa Interpreter berfungsi tanpa masalah. Kami meminta fitur tersebut untuk menerjemahkan perintah suara kami, dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Interpreter pun dapat menangkap suara kami dengan baik, kemudian langsung menerjemahkannya secara instan.

Catatannya, fitur Galaxy AI membutuhkan koneksi internet. Hal ini cukup disayangkan, karena kami merasa bahwa penggunaan deretan fitur ini bisa lebih fleksibel, apabila bisa digunakan tanpa koneksi internet.

Baca juga: Samsung Sebar 10+ Fitur AI Baru ke Galaxy S24 Saat iPhone 16 Rilis Tanpa Apple Intelligence

Harga Samsung Galaxy S24 FE di Indonesia

Samsung Galaxy S24 FE bisa dibeli di Indonesia dalam varian warna hitam (Graphite), abu-abu (Gray), dan biru (Blue). Berikut ini harga Samsung Galaxy S24 FE di Indonesia:

  • Samsung Galaxy S24 FE (8 GB/128 GB) – Rp 9.999.000
  • Samsung Galaxy S24 FE (8 GB/256 GB) – Rp 10.999.000

Gawai terbaru bikinan Samsung ini bisa dibeli (pre-order) di situs resmi Samsung Indonesia, mulai dari 26 September hingga 3 Oktober 2024.

Selama masa pre-order, Samsung turut menghadirkan bonus upgrade memori gratis dari 128 GB ke 256 GB, sehingga pengguna cukup membayar harga Rp 10 juta untuk mendapatkan varian storage 256 GB.

Selain itu, pembeli berhak mendapatkan casing silikon gratis, cicilan nol persen, cashback bank Rp 500.000, dan paket data 60 GB.

Leave a comment