Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Cara Membasmi Rayap di Furnitur Kayu dengan Mudah

0 2

KOMPAS.com – Rayap merupakan serangga pengganggu yang dapat merusak barang-barang di rumah. Paling umum, rayap ditemukan pada furnitur kayu, seperti lemari pakaian, kabinet dapur, meja, dan sebagainya.

Cara paling mudah untuk membasmi rayap adalah dengan menggunakan pestisida khusus rayap. Namun, kamu bisa juga mengusir rayap dengan bahan-bahan lain yang lebih alami.

Jika serangan rayap tidak parah, kamu dapat membasmi rayap di furnitur kayu dengan cara-cara rumahan. Mengutip Livspace dan Pest Genome, Rabu (25/9/2024), berikut adalah beberapa cara membasmi rayap di furnitur kayu.

Baca juga: Simak, Cara agar Lantai Kayu Tidak Dimakan Rayap

Menjemur furnitur

Salah satu cara terbaik untuk membasmi rayap secara alami adalah dengan menjemur furnitur di bawah sinar matahari. Rayap tumbuh subur di tempat yang lembap dan gelap, sehingga mereka tidak suka sinar matahari.

Biarkan furnitur kayu terkena sinar matahari secara langsung selama dua hingga tiga hari terus-menerus. Rayap merupakan hewan yang tidak tahan panas dan mudah mati.

Selain untuk membasmi rayap, metode ini juga membantu menghilangkan kelembapan pada furnitur, sehingga rayap dapat disingkirkan secara permanen.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Rayap Memakan Pakaian

Semprotkan asam borat

Berikutnya, cara membasmi rayap di furnitur kayu bisa dengan larutan asam borat. Larutan tersebut digunakan untuk menyemprot bagian furnitur yang terserang rayap.

Metode ini tidak beracun dan memastikan rayap di lemari atau furnitur kayu lainnya lenyap setelah beberapa kali aplikasi. Kamu juga dapat menggabungkan metode ini dengan perangkap kardus untuk hasil yang lebih baik.

Buat perangkap dari kardus

Kamu dapat membasmi rayap secara alami dengan bahan-bahan sederhana, seperti kardus. Kardus dapat memancing rayap karena terbuat dari bahan selulosa dan memiliki bau yang mirip kayu yang disukai rayap.

Baca juga: Cara Membasmi Rayap dari Rak Buku

Untuk membuat perangkap rayap dari kardus, basahi kardus bekas dengan air agar baunya lebih kuat. Kemudian, letakkan kardus di dekat area yang menjadi sarang rayap. Dalam beberapa jam, rayap akan terpancing keluar dan mendatangi kotak kardus yang terbuka.

Setelah banyak rayap yang terpancing, segera buang atau bakar kardus tersebut agar rayap tidak kembali lagi.

Perawatan minyak

Perawatan minyak untuk perlindungan lebih lanjut juga dapat membantu membasmi rayap di furnitur kayu. Minyak jeruk dan minyak nimba sangat efektif untuk mengusir rayap kayu.

Baca juga: Curiga Ada Rayap di Rumah? Perhatikan 4 Hal Ini

Minyak nimba mengandung senyawa yang disebut d-limonene yang dapat dengan mudah membunuh rayap saat bersentuhan dengannya. Di sisi lain, minyak nimba ju akan bereaksi setelah tertelan oleh rayap.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, semprotkan minyak nimba pada furnitur beberapa kali hingga rayap benar-benar hilang.

Gunakan larutan cuka

Jangan remehkan kekuatan cuka. Cairan rumah tangga yang umum ini bersifat asam dan dapat menjadi pengusir rayap alami.

Baca juga: 5 Cara Super Efektif Mengatasi Rayap di Furnitur Kayu

Untuk menggunakan cuka, campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot. Semprotkan larutan tersebut ke area atau bagian furnitur yang diserang rayap.

Lakukan cara ini secara teratur selama beberapa hari untuk memastikan rayap tidak datang lagi. Kamu juga dapat menyuntikkan campuran tersebut langsung ke lubang yang mengarah ke sarang rayap di dalam furnitur.

Leave a comment