Informasi Terpercaya Masa Kini

Klasemen MotoGP 2024 – Perasaan Campur Aduk Martin dan Bagnaia, Marquez Tergusur meski Dapat Podium Hibah

0 2

BOLASPORT.COM – Situasi sulit dialami pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia, karena makin tertinggal dari pesaing terdekatnya pada klasemen MotoGP 2024.

Sang Juara Bertahan menelan pil pahit pada balapan kandang ketiganya musim ini yaitu MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Rimini, Italia, Minggu (22/9/2024).

Gagal finis membuat Bagnaia harus rela pulang tanpa tambahan poin dari balapan utama kendati mendominasi pada kualifikasi dan memenangi sprint.

Bagnaia sebenarnya memulai balapan dengan cukup baik setelah mampu mengatasi Martin dalam adu overtake di dua tikungan pertama.

Baca Juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2024 – Bagnaia Dapat Mimpi Buruk, Bastianini Menggila Dorong Martin Keluar untuk Menang

Murid Valentino Rossi tersebut memimpin selama hampir lima lap sebelum tiba-tiba kehilangan kecepatannya.

Bagnaia bahkan harus turun dua posisi.

Dengan rekan setim, Enea Bastianini, yang merebut posisi kedua darinya, Bagnaia bahkan sempat tertinggal 2,9 detik.

Namun, gelagat kebangkitan ditunjukkan Bagnaia dengan mengungguli pace Bastianini dan Martin dan bahkan dua kali mencetak rekor waktu lap lomba yang baru.

Selisih jauh itu mampu dipangkasnya hingga hanya tertinggal menjadi 1,8 detik.

Akan tetapi, kerja keras Bagnaia berakhir sia-sia ketika dia justru terjatuh dari kuda besinya yang tiba-tiba mengalami selip ban depan.

Beruntung bagi Bagnaia, Bastianini setidaknya mengurangi kerugiannya.

Keberhasilan Bastianini mengalahkan Martin di lap terakhir membuat Bagnaia hanya terpaut 24 poin dari seharusnya 29 poin kalau Martin yang menang.

Meski demikian, selisih poin yang mendekati poin kemenangan di balapan utama jelas bukan sesuatu yang diharapkan Bagnaia.

Bukan kali ini saja Bagnaia kehilangan momentum ketika sudah begitu dekat untuk menggeser Martin dari puncak klasemen.

Situasi serupa juga dialami ketika gagal finis di balapan utama MotoGP Aragon di mana saat itu dia juga terjatuh saat sedang mengejar podium.

Di sisi lain, Martin berhasil membuka peluang juara lebih lebar karena menjauhkan selisih poinnya dengan Bagnaia.

Setelah blunder flag-to-flag di balapan utama MotoGP San Marino dan cuma runner-up di sprint MotoGP Emilia Romagna, Martin hanya terpaut 4 angka saja dari Bagnaia sebelum balapan ini.

Meski demikian, Martin tak benar-benar puas.

Apalagi, kemenangan menjadi hasil yang dirasanya pantas andaikan tidak ada drama senggolan dengan Bastianini di lap terakhir.

Beralih ke posisi tiga, perubahan nama terjadi ketika Marc Marquez digusur oleh Bastianini yang meraih poin penuh.

Bastianini kini unggul 1 poin dari Marquez yang digadang-gadang masih punya peluang dalam perburuan gelar juara.

Kendati begitu, Marquez boleh bahagia karena konsistensinya terjaga berkat posisi tiga yang didapat karena jatuhnya Bagnaia.

Dengan ini Marquez selalu finis tiga besar dalam tiga balapan terakhir dengan dua di antaranya adalah kemenangan di GP Aragon dan GP San Marino.

Baca Juga: Hasil Moto2 Emilia Romagna 2024 – Mario Aji Bersiap ke Mandalika dengan Finis Lebih Baik, Murid Rossi Menang Dramatis

Persaingan untuk gelar juara akan makin sengit dengan enam seri balap yang akan berlangsung hanya dalam waktu delapan pekan.

Kejuaraan akan dilanjutkan dengan seri MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada akhir pekan depan, 27-29 September 2024.

KLASEMEN MOTOGP 2024 SETELAH MOTOGP EMILIA ROMAGNA

Pos. Pembalap Tim Poin 1 Jorge Martin Prima Pramac 341 2 Francesco Bagnaia Ducati Lenovo 317 3 Enea Bastianini Ducati Lenovo 282 4 Marc Marquez Gresini Racing 281 5 Brad Binder Red Bull KTM 165 6 Pedro Acosta* Red Bull GasGas Tech3 157 7 Maverick Vinales Aprilia Racing 149 8 Aleix Espargaro Aprilia Racing 127 9 Fabio di Giannantonio Pertamina Enduro VR46 121 10 Alex Marquez Gresini Racing 121 11 Marco Bezzecchi Pertamina Enduro VR46 108 12 Franco Morbidelli Prima Pramac 103 13 Fabio Quartararo Monster Energy Yamaha 73 14 Miguel Oliveira Trackhouse Racing 71 15 Jack Miller Red Bull KTM 58 16 Raul Fernandez Trackhouse Racing 49 17 Johann Zarco LCR Honda 22 18 Takaaki Nakagami LCR Honda 21 19 Augusto Fernandez Red Bull GASGAS Tech3 20 20 Joan Mir Repsol Honda 20 21 Alex Rins Monster Energy Yamaha 15 22 Pol Espargaro KTM 12 23 Dani Pedrosa KTM 7 24 Luca Marini Repsol Honda 5 25 Stefan Bradl HRC Team 2 26 Remy Gardner Monster Energy Yamaha 0 27 Lorenzo Savadori Aprilia Racing 0 ket: pembalap rookie    

Leave a comment