Informasi Terpercaya Masa Kini

Top 3 Dunia: Negara Muslim dan Eropa Bertemu di Spanyol Bahas Palestina

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Berita Top 3 Dunia pada Sabtu 14 September 2024 diawali oleh kabar Spanyol menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi beberapa negara Muslim dan Eropa untuk membahas cara mengakhiri perang Gaza.

Sementara di urutan kedua, mantan Direktur Shin Bet Israel, Ami Ayalon, membela hak warga Palestina untuk melawan pendudukan dengan mengatakan bahwa jika ia adalah seorang Palestina, ia “akan bertarung tanpa batas melawan mereka yang mencuri tanah saya.”

Adapun di urutan ketiga, serangan udara Israel menghancurkan bangunan yang menjadi tempat gym Adli al-Assar di Khan Younis pada Februari lalu. Jadi dia memutuskan bahwa dia tidak membutuhkan gedung.

Berikut Top 3 Dunia selengkapnya.

1. Negara Muslim dan Eropa Berkumpul di Spanyol, Bahas Pembentukan Negara Palestina

Spanyol menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi beberapa negara Muslim dan Eropa pada Jumat, 13 September 2024. Pertemuan itu untuk membahas cara mengakhiri perang Gaza, menyerukan jadwal yang jelas bagi masyarakat internasional untuk melaksanakan solusi dua negara bagi konflik Israel-Palestina.

“Kita bertemu untuk mendorong lagi agar perang di Gaza berakhir, mencari jalan keluar dari lingkaran kekerasan yang tak berujung antara Palestina dan Israel. Jalan itu jelas. Penerapan solusi dua negara adalah satu-satunya jalan,” kata Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares kepada wartawan.

Baca berita selengkapnya di sini

2. Mantan Bos Shin Bet: Rakyat Palestina Punya Hak untuk Mempertahankan Tanah Mereka

Mantan Direktur Shin Bet Israel, Ami Ayalon, membela hak warga Palestina untuk melawan pendudukan dengan mengatakan bahwa jika ia adalah seorang Palestina, ia “akan bertarung tanpa batas melawan mereka yang mencuri tanah saya.”

“Sejauh yang mereka [warga Palestina] ketahui, mereka telah kehilangan tanah mereka, jadi ketika mereka bertanya kepada saya jika saya adalah orang Palestina, apa yang akan saya lakukan, saya katakan: Jika seseorang mencuri tanah saya, Tanah Israel, saya akan melawannya tanpa batas,” kata Ayalon dalam sebuah wawancara dengan surat kabar lokal Maariv, yang kutipannya diterbitkan kemarin menjelang rilis wawancara lengkap, Jumat, 13 September 2024.

Baca berita selengkapnya di sini

3. Cara Warga Gaza Melampiaskan Kemarahan di Tengah Sengitnya Serangan Israel

Serangan udara Israel menghancurkan bangunan yang menjadi tempat gym Adli al-Assar di Khan Younis pada Februari lalu. Jadi dia memutuskan bahwa dia tidak membutuhkan gedung.

“Saya pergi ke daerah itu dan menggali dengan tangan saya sendiri, bersama dengan bantuan anak-anak dan teman-teman saya, sampai kami dapat mengambil beberapa peralatan,” jelasnya, seperti dilansir Reuters.

Baca berita selengkapnya di sini

REUTERS | MAARIV

Leave a comment