Informasi Terpercaya Masa Kini

Persib Dihukum Tanpa Penonton dan Kena Denda Rp 295 Juta

0 2

KOMPAS.com – Persib Bandung menerima hukuman larangan menggelar laga dengan penonton dan denda sebesar Rp 295 juta menyusul kerusuhan usai laga kontra Persija. 

Kerusuhan terjadi usai pertandingan pekan keenam Liga 1 2024-2025 antara Persib vs Persija di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kab. Bandung, Senin (23/9/2024). 

Begitu wasit meniup panjang peluit sebagai tanda laga usai, terjadi invasi penonton ke dalam lapangan Si Jalak Harupat.

Penonton turun dari Tribune Selatan dan Utara, lalu menyerang steward pertandingan yang sedang bertugas.

“Terjadi penyalaan flare dalam jumlah banyak, pelemparan air mineral dalam botol dan plastik ke arah steward di pinggir lapangan,” demikian sejumlah pelanggaran yang menjadi tanggungan Panitia Pelaksana Pertandingan Persib, berdasarkan Sidang Komite Disiplin PSSI pada 1 Oktober 2024.

“Masuknya penonton ke area lapangan pertandingan yang mengakibatkan penganiayaan dan kerusuhan, serta adanya korban luka-luka,” begitu bunyi lanjutan keterangan dari Komdis PSSI.

Baca juga: Zhejiang Vs Persib, Marc Klok Bangga dengan Performa Maung Bandung

Deretan pelanggaran itu menimbulkan konsekuensi untuk Persib.

Persib Bandung dikenai sanksi berupa larangan menyelenggarakan pertandingan dengan penonton saat menjadi tuan rumah sampai separuh musim kompetisi Liga 1 2024-2025.

Rinciannya, Persib diharuskan melakukan penutupan seluruh stadion sebanyak dua (dua) pertandingan kandang secara berturut-turut, berlaku pada laga terdekat.

Hukuman kemudian dilanjutkan penutupan sebagian stadion yaitu Tribune Utara dan Tribun Selatan sebanyak 3 (tiga) pertandingan secara berturut-turut.

Tak cuma itu, Persib juga menerima denda sebesar Rp 295.000.000.

Baca juga: Klasemen Grup F ACL 2 Setelah Hasil Zhejiang FC Vs Persib Bandung

Manajemen Persib telah menyatakan sikap untuk mengecam segala tindak kekerasan, demi menciptakan iklim sepak bola yang nyaman buat semua kalangan.

“Persib tidak dapat menoleransi dan mengecam keras oknum-oknum penonton yang melakukan pemukulan dan main hakim sendiri terhadap steward-steward yang sedang bertugas,” tulis Persib pada Selasa (24/9/2024) dini hari.

“Atas kejadian ini, Persib dan panitia pertandingan meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada para Bobotoh yang sudah tertib atas gangguan keamanan yang menodai hasil pertandingan malam hari ini. Persib juga meminta maaf kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) atas kejadian tersebut.” 

“Oknum-oknum yang tidak mendukung hal ini dipastikan tidak akan dapat lagi membeli tiket untuk menonton pertandingan-pertandingan Persib secara langsung di stadion di masa datang,” demikian bunyi petikan dari pernyataan resmi Persib.

Laga Persib vs Persija pada 23 September 2024 silam berujung dengan kemenangan tim tuan rumah. Persib menang 2-0 berkat gol Dimas Drajad (38′) dan Dyan Kurnia (82′).

Leave a comment