Informasi Terpercaya Masa Kini

Catat, Begini Cara Membersihkan Stoples Bumbu Dapur

0 4

JAKARTA, KOMPAS.com – Stoples bumbu menjadi salah satu perlengkapan dapur yang fungsional. Sesuai dengan namanya, stoples ini digunakan untuk menyimpan aneka bumbu dapur. 

Dibalik fungsinya yang penting, stoples bumbu ternyata menjadi salah satu perlengkapan dapur yang paling kotor. Bagaimana tidak? Wadah penyimpanan ini dipegang hampir setiap hari. 

Baca juga: Sering Terlupakan, Begini Cara Membersihan Stoples Bumbu Dapur

Meski disebut sebagai benda paling kotor, sayangnya masih banyak pemilik rumah yang mengabaikan kebersihan perlengkapan ini. Dibandingkan dengan perlengkapan dapur lainnya, stoples bumbu cukup jarang dibersihkan. 

Padahal, membersihkan stoples bumbu tidak sulit. Dikutip dari Maids by Trade, Sabtu (27/7/2024), berikut cara membersihkan stoples bumbu dapur dengan mudah. 

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk membersihkan stoples bumbu

  • Mangkuk kecil
  • Label
  • Sabun cuci piring
  • Handuk piring
  • Kipas listrik kecil
  • Spidol atau pulpen
  • Corong kecil

Baca juga: 3 Langkah Mudah Mencuci Stoples Kue Sebelum Digunakan

Kosongkan stoples bumbu yang akan dibersihkan

Umumnya, stoples bumbu terbuat dari kaca atau logam dengan tutup dari logam. Sebelum dibersihkan, keluarkan semua bumbu di dalam stoples tersebut. 

Selanjutnya, siapkan air panas dan sabun cuci piring di dalam wadah besar. Rendam kain lap yang akan digunakan untuk membersihkan stoples dalam campuran sabun dan air panas. 

Bersihkan stoples bumbu dapur

Cara membersihkan stoples bumbu dapur bisa dengan mencelupkan stoples dalam campuran air hangat dan sabun. Bila perlu, rendam selama beberapa menit. 

Gunakan kain lap untuk membersihkan bagian dalam dan luar stoples bumbu. Pastikan untuk menyeka seluruh bagian stoples agar bersih maksimal. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Menghilangkan Bau pada Stoples Kaca

Bilas stoples bumbu dengan air panas bersih, lalu letakkan di rak pengering piring dengan posisi terbalik. Biarkan stoples kering dengan sendirinya. 

Selain mengeringkan dalam rak pengering, stoples bumbu juga bisa dikeringkan menggunakan handuk piring bersih. Pastikan semua bagian kering, bila perlu gunakan kipas listrik untuk memaksimalkan proses pengeringan. 

Selanjutnya, cuci juga tutup stoples sampai bersih. Lalu, bilas dengan air panas dan keringkan menggunakan handuk bersih. 

Simpan bumbu di dalam stoples

Setelah stoples kering, langkah yang terakhir yaitu memasukkan kembali bumbu ke dalam wadah tersebut. Bila perlu, pasang label untuk menandai setiap bumbu yang disimpan di dalam wadah tersebut. 

Baca juga: 5 Ide Rak Bumbu yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Namun, sebelum mulai mengisi stoples dengan bumbu, pastikan bumbu tersebut belum kadaluarsa. Rempah atau bumbu yang kondisinya sudah tidak layak, sebaiknya dibuang dan diganti dengan yang baru. 

Sebab, bumbu yang sudah kadaluarsa atau tak layak konsumsi tidak akan memberikan rasa yang enak pada masakan, justru bisa menimbulkan bahaya jika tetap dikonsumsi.

Menata stoples bumbu di rak

Setelah semua cara membersihkan stoples bumbu dapur dilakukan, langkah yang terakhir yaitu menata kembali stoples di rak bumbu. 

Tempatkan dengan rapi agar tampilan dapur terlihat lebih terorganisir dan bumbu mudah ditemukan saat hendak digunakan. 

Leave a comment