Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Gaya Sofa yang Harus Dihindari di Ruang Keluarga

0 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Sofa bisa dibilang merupakan perabot terpenting di ruang keluarga karena semua anggota keluarga berkumpul di sini untuk bersantai, mengobrol, serta menonton TV bersama.

Namun, untuk membuat hidup lebih mudah dan mencegah terjadinya bencana, ada beberapa gaya sofa yang harus dihindari di ruang keluarga. 

Baca juga: 7 Jenis Sofa untuk Ruang Tamu yang Cantik dan Elegan

Mengingat sofa harus bekerja baik untuk orang dewasa maupun anak kecil, ide ruang keluarga harus selalu praktis serta mengutamakan fungsi daripada gaya. Ini juga berlaku untuk sofa terbaik untuk ruang keluarga.

Namun, perlu menghindari desain, bahan, dan warna tertentu untuk sofa yang mungkin bagus dilihat, tapi tidak akan bertahan lama dan tidak cocok digunakan di rumah yang sibuk. 

Ashleigh Ellis, Direktur Pelapis dan Furnitur di ScS, mengatakan biasanya ruang keluarga harus cukup praktis karena merupakan salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah, jadi memilih furnitur yang tahan lama adalah kuncinya. 

“Ketika memilih gaya furnitur, saya akan menghindari memilih kursi berlengan atau sofa yang lebih menonjolkan gaya daripada bahannya. Sebaliknya, memprioritaskan ukuran dan kenyamanan,” ujar Ashleigh. 

Nah, dikutip dari Ideal Home, Sabtu (7/9/2024). berikut gaya sofa yang harus dihindari di ruang keluarga yang dapat merugikan Anda kemudian hari. 

Baca juga: Bisakah Menempatkan Sofa Besar di Ruang Tamu Kecil? 

Prioritaskan ruang duduk di atas lengan yang tebal

Sama dengan ide sofa terbaik untuk ruang keluarga kecil, sofa dengan lengan tebal dan memakan banyak ruang juga tidak ideal untuk ruang keluarga.

Sebagai gantinya, pilih desain sofa yang memprioritaskan tempat duduk di atas lengan yang tebal dan bergaya, dengan lengan ramping atau tanpa lengan sama sekali.

Tak perlu dikatakan lagi bahwa Anda perlu mengukur ruang dan memilih furnitur yang sesuai dengan nyaman.

Namun, ketika memiliki keluarga yang harus dipikirkan, sebaiknya melihat dimensi tempat duduk untuk memastikan ada cukup ruang bagi semua orang untuk bersantai dengan nyaman,  baik panjang dan kedalaman bantal tempat duduk.

“Terkadang, sofa atau kursi berlengan yang tebal bisa terlihat bagus, tapi jika ruang Anda terbatas, desain yang lebih ramping yang memaksimalkan lebih banyak ruang duduk adalah pilihan lebih baik,” kata Ashleigh. 

Baca juga: 5 Warna Sofa yang Tak Lekang oleh Zaman  

Hindari warna-warna terang

Selanjutnya, gaya sofa yang harus dihindari di ruang keluarga adalah berwarna terang. 

Jari-jari yang lengket dan bahaya tumpahan yang terus-menerus biasanya menghantui sebagian besar ruang keluarga yang memiliki anak-anak di rumah.

Jadi, hindari warna-warna terang seperti putih, krem, krem dan abu-abu muda adalah cara terbaik untuk melakukannya karena warna-warna tersebut paling sulit dibersihkan.

“Keluarga sering menghindari perabot berwarna terang, terutama jika ada anggota keluarga yang lebih muda,” kata Gisela Lancaster, Kepala Pembelian di Sofology.

Sofa berwarna biru, hijau. dan abu-abu sangat bagus dipadukan dengan skema ruang keluarga yang netral.

Ashleigh melanjutkan, warna-warna sofa yang aman untuk ruang keluarga cenderung hijau tua, coklat, atau abu-abu karena warna-warna ini tidak mudah terlihat usang.

Warna-warna cerah dapat membantu membuat pernyataan di rumah dan menambah kepribadian, tapi warna ini sering kali digunakan pada kain, seperti beludru, yang membutuhkan perawatan lebih banyak. 

Baca juga: 6 Keuntungan Memiliki Sofa Kulit di Rumah

Jangan memilih bahan yang membutuhkan perawatan tinggi 

Sofa berbahan beludru terkenal dengan kain yang membutuhkan perawatan lebih dan hati-hati membersihkannya karena dapat merusaknya. 

Jika tidak siap membersihkanya, sebaiknya hindari sofa beludru di ruang keluarga untuk membuat hidup Anda lebih mudah.

Namun, beludru bukan satu-satunya bahan yang harus dihindari. Sebagian besar serat alami juga tidak ideal karena lebih berpori sehingga mudah menyerap noda dan tumpahan. Ini menjadi gaya sofa yang harus dihindari di ruang keluarga. 

“Kain campuran yang tahan lama dan tenunan menawarkan daya tahan sedikit lebih baik daripada pilihan kain chenille dan beludru yang mewah,” imbuh Gisela.

Patricia Gibbons, Kepala Pembelian di Sofa.com, melanjutkan, tenunan bertekstur dan wol terlihat dan terasa sangat mewah sekaligus tahan lama dan mudah dibersihkan sehingga cocok untuk rumah tangga paling sibuk.

“Kami juga merekomendasikan memilih kain dari koleksi Aquaclean karena memiliki bahan chenille dan beludru yang cerdas. Bahan ini menawarkan teknologi pelepas noda yang memungkinkan Anda menghilangkan sebagian besar noda hanya dengan air,” tambah Patricia. 

Bahan sofa yang tahan lama adalah kulit. Sofa kulit dapat dengan mudah dibersihkan dan tidak menyerap sebagian besar tumpahan. 

Baca juga: 6 Keuntungan Memiliki Sofa Kulit di Rumah

Jangan lupakan sudut-sudut ruang tamu 

Jika memiliki keluarga besar, sebaiknya hindari sofa yang hanya bisa digunakan untuk duduk berjejer. Sebagai gantinya, gunakan sudut ruang keluarga yang kurang dimanfaatkan dengan mengisinya dengan sofa sudut atau sofa berbentuk L.

“Saya menyukai sofa sudut yang besar di ruang keluarga. Sofa ini menyediakan ruang cukup bagi semua orang untuk duduk dengan nyaman sekaligus praktis dan menciptakan zona sosial di dalam ruangan,” saran Ashleigh.

Bentuk sofa ini sangat cocok dipasangkan dengan bangku besar atau meja kopi, yang memungkinkan Anda engisi ruang dengan penuh gaya sekaligus menyediakan banyak ruang permukaan untuk permainan papan keluarga atau makanan ringan pada malam hari. 

Patricia menambahkan, sofa berbentuk L biasanya tidak terlalu menonjol dibanding sofa sudut, tapi tetap memberikan ruang cukup untuk seluruh anggota keluarga.

Bagian kursi malas juga mengoptimalkan ruang, menawarkan kesempatan untuk berbaring dengan nyaman. 

Baca juga: Jangan Meletakkan Sofa di Depan Jendela, Kenapa?

Hindari desain dengan satu fungsi

Terakhir, gaya sofa yang harus dihindari di ruang keluarga adalah menghindari desain dengan satu fungsi. 

Segala sesuatu di rumah keluarga harus bekerja keras dua kali lipat, termasuk sofa. Jadi, sebaiknya hindari desain dengan fungsi tunggal.

Namun, daripada memilih sofa bed terbaik, lebih baik membeli sofa dengan penyimpanan built-in yang bisa menampung selimut ekstra untuk menonton film dan mainan untuk si kecil.

“Sofa terbaik untuk ruang keluarga adalah sofa dengan penyimpanan untuk menyimpan segala sesuatu, dari mainan, teka-teki, hingga majalah,” kata John Darling, pendiri Darlings of Chelsea.

“Fungsionalitas adalah kunci dalam ruang seperti ini, jadi carilah furnitur dengan penyimpanan tersembunyi untuk memaksimalkan penggunaannya,” tutup Ashleigh. 

Leave a comment