Informasi Terpercaya Masa Kini

Ketika Warganet Keluhkan Harga PS5 Pro: Mending Rakit PC…

0 4

KOMPAS.com – Sony resmi meluncurkan konsol PlayStation 5 (PS5) terbarunya, yaitu PS5 Pro dengan harga 700 dolar AS atau setara dengan Rp 10,8 juta pada Selasa (10/9/2024) malam WIB. 

Harga ini lebih mahal dari PS5 “Slim” Standard Version (dengan Ultra HD Blu-ray Disc Drive) yang berbanderol 500 dolar AS (sekitar RP 7,7 juta) atau PS5 Slim Digital Version dengan harga 450 dolar AS (sekitar Rp 6,9 juta).

Nah, harga PS5 Pro yang lebih mahal ini dikeluhkan oleh banyak gamer di seluruh dunia di media sosial, terutama di X (Twitter).

Berbagai keluhan dan protes gamer ini bisa dilihat dengan memasukkan kata kunci (keyword) “ps5 pro harga”,  “ps5 pro price”, dan sejenisnya di kolom pencarian X.

Saking mahalnya PS5 Pro, beberapa gamer justru memilih untuk merakit PC gaming dengan spesifikasi tinggi, alih-alih membeli PS5 Pro, dengan bujet yang sama.

Baca juga: Ini Harga Konsol Game Sony PS5 Pro, Dijual mulai 7 November

Menurut salah satu gamer di X (@jaelussyah***), harga Rp 10 jutaan bisa dipakai untuk merakit PC gaming yang sudah memiliki prosesor (CPU) AMD Ryzen 5 5600, pengolah grafis (GPU) Nvidia GeForce RTX 4060 Ti 16 GB, serta media penyimpanan (storage) SSD 2 TB.

Selain itu, PC gaming, lanjut dia, juga bisa dipakai untuk kepentingan lain di luar main game, menghasilkan frame rate bisa lebih dari 120 FPS (bukan 60 FPS), dukungan controller fleksibel, bisa memainkan game yang lebih murah, hingga bisa upgrade komponen secara berkala. 

Dua kali lipat PS5 reguler

Satu gamer lain di X dengan handle @mog**** menyebut bahwa harga PS5 Pro mahal karena nyaris dua kali lipat dari harga PS5 biasa yang meluncur pada 2020 lalu. 

Kala itu, PS5 Digital Version dijual dengan harga 400 dolar AS (sekitar Rp 6,2 juta), kemudian PS5 Standard Version dilego 500 dolar AS (sekitar Rp 7,7 juta).

PS5 Pro sendiri tidak memiliki slot cakram alias Ultra HD Blu-ray Disc Drive, mirip dengan PS5 Digital Version.

Artinya, harga PS5 Pro yang dipatok 700 dolar AS tadi hampir dua kali lipat dari harga PS5 Digital Version keluaran 2020 yang berbanderol 400 dolar AS. 

Berkaca pada peluncuran generasi sebelumnya yaitu PS4, harga konsol keluaran 2013 ini kala itu awalnya adalah 400 dolar AS (sekitar Rp 6,2 juta), sebelum turun menjadi 350 dolar AS (sekitar Rp 5,4 juta) pada 2015 lalu.

Pada perilisan PS4 Pro di 2016 lalu, harga konsol ini sama dengan harga awal PS4 pada 2013, yaitu 400 dolar AS (sekitar Rp 6,2 juta).

Dengan begitu, tak ada selisih harga peluncuran antara PS4 dan PS4 Pro, tidak seperti PS5 dan PS5 Pro yang selisih lebih dari 200 dolar AS (sekitar Rp 3 juta).

Bisa beli konsol lain yang lebih murah

Selain selisih harga PS5 dan PS5 Pro yang cukup jauh, beberapa gamer juga berpendapat bahwa uang yang dipakai untuk membeli PS5 Pro bisa digunakan juga untuk membeli konsol lain, namun dengan berbagai keuntungan.

Baca juga: Ini Beda Spesifikasi PS5 Reguler dan PS5 Pro

Seorang gamer dengan handle @Timel****, misalnya, menyebut pengguna bisa membeli dua unit konsol Nintendo Switch yang paling mumpuni saat ini, yaitu dengan layar OLED, yang masing-masing dibanderol 350 dolar AS (sekitar Rp 5,4 juta). 

Gamer lainnya dengan handle @Vannilla**** juga mengutarakan hal serupa. Menurut dia, uang untuk membeli PS5 Pro bisa dipakai untuk membeli varian tertinggi dari konsol handheld Steam Deck OLED, yaitu 1 TB dengan harga 650 dolar AS (sekitar Rp 10 juta). 

Menariknya, Steam Deck bisa memainkan berbagai game PC, tidak seperti PS5 dan Nintendo Switch yang hanya bisa memainkan game eksklusif untuk konsol tersebut. 

Lantas, mengapa harga PS5 Pro bisa mahal dan selisih banyak dari PS5 biasa? Sony sayangnya belum memberikan informasi terkait alasan mengapa mereka mematok 700 dolar AS untuk PS5 Pro.

Hal ini bisa diakibatkan oleh banyak faktor, mulai dari inflasi, harga komponen yang mungkin lebih tinggi, biaya operasional atau produksi konsol yang mungkin lebih tinggi, dan lain sebagainya.

Namun yang jelas, konsol ini tetap bisa dipesan mulai 26 September mendatang dan akan tersedia pada 7 November mendatang dengan harga 700 dolar AS di sejumlah negara yang dijadikan sebagai pasar utama Sony. 

Belum ada informasi berapa harga dan kapan PS5 Pro akan dijual resmi di Indonesia. Kita nantikan saja.

Leave a comment