Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Pepaya

0 6

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk kesehatan pencernaan.

Melansir Medical News Today, pepaya kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, serat, magnesium, dan folat. Pepaya juga disebut memiliki sifat antioksidan, anti-kanker, dan anti-inflamasi.

Meski pepaya kaya akan manfaat, ada sejumlah makanan tertentu yang tidak disarankan dikonsumsi bersama pepaya. Sebab, dapat memicu rasa tidak nyaman pada pencernaan.

Baca Juga: Manfaat Buah Pepaya: Daunnya Bisa Digunakan untuk Mengontrol Gula Darah

Daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan pepaya

1. Makanan fermentasi

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan pepaya adalah makanan fermentasi, seperti asinan kubis, kimchi, atau acar. Makanan fermentasi mengandung probiotik dan enzim yang dapat berinteraksi dengan enzim pepaya.

Pepaya mengandung enzim papain yang memiliki sifat proteolitik, artinya dapat memecah protein. Enzim ini sangat bermanfaat untuk pencernaan, namun jika berinteraksi dengan enzim-enzim lain yang terdapat dalam makanan fermentasi, seperti probiotik, dapat terjadi ketidakseimbangan enzim dalam tubuh.

Reaksi tubuh terhadap ketidakseimbangan enzim dapat memicu rasa mual dan muntah. Selain itu, enzim papain yang terlalu aktif dapat menyebabkan iritasi pada dinding usus dan mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan sehingga memicu diare.

2. Produk olahan susu

Konsumsi produk olahan susu termasuk, mentega, keju, dan yoghurt dengan pepaya dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kram perut. Pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang memiliki sifat proteolitik, artinya dapat memecah protein. 

Ketika berinteraksi dengan protein dalam susu, enzim-enzim ini dapat menyebabkan protein susu menggumpal dan sulit dicerna oleh tubuh. Penggumpalan protein susu akibat interaksi dengan enzim pepaya dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti kembung, kram perut hingga diare.

3. Makanan tinggi protein

Serupa olahan susu, makanan tinggi protein juga tidak disarankan dikonsumsi bersama pepaya. Ketika berinteraksi dengan protein dalam makanan tinggi protein seperti daging, ikan, telur, atau kacang-kacangan, enzim dalam pepaya dapat mengganggu proses pemecahan protein.

Hasilnya, tubuh kesulitan menyerap nutrisi dengan baik. Interaksi antara enzim pepaya dan protein makanan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, mual, diare, dan bahkan alergi pada beberapa orang.

4. Makanan yang digoreng

Makan gorengan seperti ayam goreng dengan pepaya tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan iritasi lambung. Makanan gorengan umumnya mengandung banyak lemak. 

Lemak ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan buah-buahan seperti pepaya. Ketika dikonsumsi bersamaan, proses pencernaan menjadi lebih kompleks dan dapat menimbulkan beban tambahan pada sistem pencernaan.

Kombinasi lemak tinggi dari makanan gorengan dan enzim pencernaan protein dalam pepaya dapat memicu iritasi pada lapisan lambung. Hal ini bisa menyebabkan gejala seperti mual, kembung, dan heartburn.

5. Makanan pedas

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan pepaya selanjutnya adalah makanan pedas. Sebab, konsumsi keduanya secara bersamaan dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Baca Juga: Asal Tidak Berlebihan, Temukan 9 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Makanan pedas maupun enzim papain dalam pepaya dapat memicu iritasi pada saluran cerna. Ketika keduanya dikombinasikan, iritasi ini akan semakin parah dan menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung. Sementara itu, enzim papain dalam pepaya juga dapat mempengaruhi keseimbangan asam lambung. Kombinasi keduanya dapat meningkatkan risiko heartburn dan refluks asam lambung.

Leave a comment