Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Buat Daging Sapi Empuk, Bisa Pakai 4 Bahan Ini

0 2

KOMPAS.com – Banyak ibu rumah tangga sering kali menghadapi tantangan saat memasak daging sapi, terutama dalam hal membuat daging menjadi empuk.

Biasanya, panci presto menjadi solusi utama untuk mengatasi masalah ini. Namun, tidak semua orang memiliki panci presto di rumah.

Jika menggunakan panci biasa, proses memasak daging bisa memakan waktu lama dan tentunya memerlukan lebih banyak gas, berarti pemborosan.

Namun, ada cara lain yang efektif untuk membuat daging sapi empuk tanpa perlu panci presto, dan bahkan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan bahan dapur tertentu saat memasak daging.

Baca juga: Bagaimana Konsumsi Daging Merah Bisa Berisiko Diabetes

Cara buat daging sapi empuk pakai cuka dan jeruk nipis

Adapun memasak daging dengan air mendidih dapat membuat daging menjadi alot. Sebaliknya, memasak daging dengan suhu konstan sesuai rekomendasi ahli membutuhkan waktu yang cukup lama agar daging bisa empuk.

Misalnya, untuk merebus daging seberat 2,5 kilogram dengan suhu konstan 63-64 derajat Celcius, dibutuhkan waktu sekitar empat jam agar daging menjadi empuk.

Untuk mendapatkan daging yang empuk hingga ke dalam tanpa memakan waktu lama, bisa dengan menambahkan cuka atau perasan air jeruk nipis sebelum memasukkan daging ke dalam air mendidih.

Cuka dan air jeruk nipis merupakan bahan alami yang dapat membantu membuat daging menjadi empuk.

Baca juga: Resep Risoles Keju Daging Asap, Camilan untuk Acara 17 Agustus

Asam yang terkandung dalam kedua bahan ini mampu menghancurkan serat dan kolagen dalam otot daging, sehingga kelembapan daging tetap terjaga dan daging pun menjadi empuk.

Cara lain untuk membuat daging empuk

Selain metode di atas, ada beberapa trik lain yang dapat digunakan untuk membuat daging empuk dalam waktu singkat:

1. Pakai jahe

Jahe mengandung enzim proteolitik alami yang dapat mengurai ikatan protein dalam daging, sehingga membuat daging lebih empuk.

Caranya, lumuri daging dengan jahe yang sudah diparut selama beberapa menit sebelum diolah.

2. Garam laut 

 Taburkan garam laut (bukan garam dapur) ke seluruh permukaan daging, lalu diamkan selama satu jam sebelum diolah.

Garam laut membantu menghancurkan ikatan protein dalam daging, sehingga daging menjadi lebih empuk.

3. Pakai teh 

Teh, khususnya teh hitam, mengandung tanin yang berfungsi sebagai pengempuk alami. Buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, diamkan hingga agak dingin, kemudian rendam daging dalam air teh tersebut selama beberapa menit.

4. Saus tomat

Tomat mengandung asam yang cukup tinggi, yang dapat membantu membuat daging menjadi empuk.

Melumuri daging dengan saus tomat sebelum memasaknya adalah cara efektif untuk mengempukkan daging.

Baca juga: Cara Bikin Saus Barbekyu Sendiri di Rumah

Kandungan asam ini juga menjadi alasan utama mengapa tomat sering digunakan sebagai saus BBQ yang dioleskan ke atas daging sebelum dibakar.

Leave a comment