Informasi Terpercaya Masa Kini

HMD Fusion Diumumkan, Ponsel Modular dengan Punggung “Lepas Pasang”

0 9

KOMPAS.com – HMD Global merilis ponsel terbarunya bernama HMD Fusion di pasar Eropa pada Kamis (6/9/2024). HMD Fusion merupakan smartphone dengan konsep modular. Pengguna dapat menambahkan berbagai fitur melalui bagian penutup belakang yang dapat diganti.

Bagian penutup belakang HMD Fusion dapat dilepas-pasang untuk menambahkan fungsi lain, seperti pengisian daya nirkabel, cover tambahan, atau ring light alias lampu cincin untuk meningkatkan kualitas cahaya saat selfie dan melakukan live streaming di medsos.

Penutup ini dipasang melalui Smart Pin di bagian belakang perangkat. HMD juga akan menyediakan HMD Fusion Development Toolkit secara terbuka. Dengan toolkit ini, pengguna dapat mencetak desain cover atau penutup belakang mereka sendiri melalui printer 3D.

HMD Fusion dibekali cangkang plastik semi-transparan yang memudahkan perbaikan, mirip dengan HMD Skyline.

Baca juga: HMD Barbie Phone Meluncur, HP Flip Jadul Serba Pink

Dengan desain ini, pengguna bisa membongkar baterai, layar, dan komponen utama lainnya dengan lebih cepat dan mudah. HMD juga akan menyediakan suku cadang yang bisa dibeli pengguna selama tujuh tahun ke depan.

HMD Fusion sendiri hadir dengan layar LCD IPS 6,56 inci HD Plus, dengan refresh rate 90 Hz, dan kamera selfie 50MP.

Di belakang terdapat kamera utama 108MP dan kamera depth sensor 2MP. Kamera utama HMD Fusion dibekali fitur stabilisasi gambar EIS, mode malam dengan pemrosesan gambar RAW, dan AI HDR.

Untuk sektor dapur pacu, HMD Fusion ditenagai chipset Snapdragon 4 Gen 2, dengan pilihan RAM 6 GB atau 8 GB serta penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. Kapasitas penyimpanannya bisa diperluas melalui slot kartu microSD.

Baca juga: HMD Bikin Smartphone Mirip Nokia Lumia

HMD Fusion dibekali sistem operasi Android 14. HMD menjanjikan pembaruan OS selama dua tahun dan pembaruan keamanan selama tiga tahun. Untuk sektor daya, HMD Fusion dibekali baterai 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya 33W.

HMD Fusion akan tersedia di pasar Eropa mulai akhir tahun ini dengan harga 249 euro atau sekitar Rp 4,2 juta.

Leave a comment