Informasi Terpercaya Masa Kini

Terharu dengan Penyambutan Paus oleh Jokowi, Uskup Agung Jakarta: Belum Pernah Lihat yang Seperti Ini…

0 5

JAKARTA, KOMPAS.com – Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo menyebut sambutan kenegaraan yang diwakili oleh Presiden Joko Widodo kepada Paus Fransiskus di Istana Negara, sangat mengharukan.

Suharyo mengaku belum pernah melihat sambutan kenegaraan seperti yang terjadi hari ini, Rabu (4/9/2024).

“Pagi ini kami disambut secara resmi oleh pemerintah, Presiden menerima Paus Fransiskus dengan upacara yang sungguh-sungguh sangat mengharukan, dalam arti ucapara itu sangat agung. Saya sendiri merasa tergetar, saya belum pernah melihat upacara kenegaraan yang seperti itu,” kata Suharyo saat ditemui di Katedral, Rabu (4/9/2024).

Baca juga: Uskup Agung Jakarta Terkesan dengan Pidato Paus Fransiskus di Istana Negara

Selain penyambutan Presiden, dia juga mendengar teriakan para pegawai Istana ketika Paus disambut oleh Presiden Jokowi.

Jokowi, kata Suharyo, juga sempat mengundang dirinya ke Istana Presiden dalam rangka mempersiapkan kedatangan tamu kehormatan ini.

“Kami diundang ke Istana Presiden, Bapak Presiden bertanya apa yang masih kurang dan apa yang mesti dibantu oleh pemerintah dalam rangka kedatangan Paus. Suatu gestur yang sangat simpatik untuk menunjukan keterbukaan dan (hospitalitas) yang amat tinggi dari Pemerintah Republik Indonesia,” tambah dia.

Suharyo merasa, sambutan pemerintah kepada Paus Fransiskus juga berbeda dari sambutan kenegaraan terhadap pemimpin negara lain.

“Tadi ketika kami bersiap-siap di depan Istana, kami mendengar karyawan-karyawan Istana itu berteriak-berteriak di belakang. Saya juga membayangkan, jika kepala negara lainnya disambut seperti itu, saya bayangkan formalitasnya sangat tinggi. Sekali lagi sambutan (terhadap) Paus Fransiskus berbeda dengan kepala negara lainnya karena fungsinya berbeda,” tutup Suharyo.

Leave a comment