Informasi Terpercaya Masa Kini

Mau Beli Vaksin Cacar Monyet dari Jepang, Menlu: Pendekatannya Sama Seperti Covid-19

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia berencana akan membeli vaksin untuk cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) dari Jepang.

Retno menyebut Indonesia juga akan mengirim vaksin Mpox untuk Afrika karena mereka membutuhkan bantuan.

Hal tersebut Retno sampaikan dalam rapat bersama Komisi I DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

“Kita juga saat ini tengah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Jepang yang merupakan produsen vaksin LC16 dengan mengusulkan beberapa pembelian vaksin,” ujar Retno.

“Nah dan juga kita dengan Afrika kemarin mereka juga minta beberapa bantuan untuk pengiriman diagnostik equipment dan obat-obatan teropatik,” sambungnya.

Baca juga: Tiga Warga Jakbar Suspek Cacar Monyet, Satu Orang Dirawat di RS

Menurut Retno, pendekatan untuk menangani wabah Mpox sama seperti ketika Covid-19 dulu.

Terlebih, kata dia, wabah Mpox tidak hanya dialami oleh satu negara, melainkan banyak negara.

“Sebenarnya pendekatannya hampir sama dengan Covid-19, walaupun naturnya agak berbeda. Tetapi Mpox ini adalah tidak hanya kasus yang dialami oleh satu negara, lebih dari satu negara transboundary, sehingga penanganannya juga memerlukan kolaborasi kerja sama yang baik,” jelas Retno.

Sementara itu, Retno menyebut Indonesia sudah menerima 1.600 dosis vaksin Mpox dari Denmark.

Dia pun memastikan tidak ada kasus Mpox selama penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) II di Bali beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah penyelenggaraan dapat berjalan dengan lancar, semua langkah preventif dan rekomendasi WHO kita jalankan,” imbuhnya.

Baca juga: Menkes Sebut Mpox Tidak Seperti Covid-19 yang Mudah Menular

Presiden Joko Widodo meminta semua pihak berhati-hati dengan penyebaran cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) di Indonesia karena peningkatan yang luar biasa di Kongo.

Jokowi juga mengingatkan bahwa penyakit tersebut sudah menjadi perhatian Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Saya juga minta betul-betul kehati-hatian kita, kewaspadaan kita terkait dengan penyebaran wabah Mpox. Karena yang saya baca kasus Mpox ini sangat meningkat di Kongo,” ujar Jokowi dalam rapat bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Leave a comment