Informasi Terpercaya Masa Kini

Penumpang Minta Disediakan Tempat Tunggu yang Layak di Terminal Bubulak Bogor

0 51

BOGOR, KOMPAS.com – Sejumlah penumpang yang menunggu kedatangan angkutan perkotaan (angkot) dan bus meminta disediakan tempat menunggu yang layak di Terminal Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Salah satu penumpang, Sumanah (44) mengaku, kerap kebingungan saat mencari tempat menunggu ketika hendak naik bus di Terminal Bubulak.

Menurut Sumanah, ia terpaksa duduk di warung-warung yang ada di terminal sambil menunggu kedatangan bus.

Baca juga: Sebut Kondisinya Mirip Sawah, Warga Berharap Terminal Bubulak Segera Direvitalisasi

“Tolonglah sediakan tempat yang layak buat nunggu. Ini saya mau nunggu saja harus di warung, tidak enak kalau nunggu tanpa beli dagangan si pemilik warung, apalagi kalau nunggunya lama,” ujar Sumanah saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (8/7/2024).

Penumpang lainnya, Jihan Almira (29) mengatakan, tempat tunggu di Terminal Bubulak sangat tidak layak.

Tempat tunggu yang seharusnya menjadi area yang nyaman untuk duduk dan menunggu keberangkatan sering kali disalahgunakan oleh sopir atau orang-orang terminal untuk tidur-tiduran.

“Kalau dibilang layak, tentu jauh. Saya kadang takut buat nunggu di tempat yang seharusnya, karena (tempat menunggu) sering dipakai buat sopir atau orang sini (Terminal Bubulak) tidur-tiduran. Jadi sering mikir, kalau saya nunggu kedatangan angkot di sana, boleh enggak sih. Tapi sebagai penumpang perempuan pasti takut ya,” ungkap Jihan.

Keluhan lainnya datang dari Deden (34) yang merasa tempat tunggu di Terminal Bubulak kotor dan seperti tidak terawat.

Baca juga: Pemkot Bogor Berencana Anggarkan Rp 3 Miliar untuk Revitalisasi Terminal Bubulak

Menurut Deden, sudah seharusnya pihak pengelola memberikan tempat tunggu yang bersih dan nyaman bagi para penumpang.

“Kayak bukan tempat tunggu, kotor. Seharusnya diberikanlah tempat yang bersih, agar nyaman. Kalau bersih, siapapun yang datang pasti ikut jaga kebersihan juga, ada perasaan ‘duh jangan dibuat kotor ini tempat’,” ujarnya.

Berdasar pengamatan Kompas.com, Terminal Bubulak terlihat kumuh karena sampah yang berserakan. Tidak terlihat rambu-rambu atau petunjuk informasi.

Jika masuk dari depan arah Jalan Bubulak, kondisi jalanan memang sudah dirapikan sebagian. Namun, hampir seluruh bagian dalam area terminal terdapat lubang besar dan digenangi air.

Kondisi tembok bangunan tampak kusam seperti tidak dicat dan tidak dilakukan perawatan. Kayu-kayu yang dijadikan pondasi tampak rapuh.

Baca juga: Revitalisasi Terminal Bubulak Bogor Dimulai Tahun 2025, Pemkot Anggarkan Rp 3 Miliar

Leave a comment