Informasi Terpercaya Masa Kini

Xiaomi Bakal Produksi Ponsel Tanpa Tombol, Daya dan Volume Diatur Lewat Layar

0 4

TEMPO.CO, JakartaXiaomi tengah menggarap smartphone tanpa tombol pertama di dunia. Pabrikan ponsel asal Cina itu menganggap peniadaan tombol pada sisi bodi bisa bisa memperhalus tampilan perangkat di genggaman pengguna. Selama ini, ponsel layar sentuh masih memiliki tombol daya dan pengatur volume.

Dilansir dari GSM Arena, Rabu, 28 Agustus 2024, sejumlah analis teknologi global memperkirakan ponsel tanpa tombol itu akan diluncurkan oleh Xiaomi pada paruh pertama 2025. Ada juga bocoran soal nama kode Zhuque untuk produk tersebut, bahkan fotonya.

Bocoran soal bentuk produk tersebut menyebar di media sosial X. Dari fotonya, ponsel itu terlihat mirip dengan smartphone biasa, hanya saja bagian sisi kiri dan kanannya mulus tanpa lekukan tombol daya dan volume.

Banyak analis teknologi yang menduga Xiaomi akan memasukkan fungsi tombol daya ke bagian menu layar sentuhnya. Artinya ponsel bisa dibuka dengan ketukan di layar. Tombol pengatur volume audio juga akan diatur seperti itu.

Bocoran lainnya menyebutkan bahwa Xiaomi tanpa tombol itu sangat peka terhadap suara, tekanan, dan gerakan di bagian layarnya. Bisa jadi pengguna hanya perlu mengeluarkan perintah suara untuk mengaktifkan ponsel ini.

Perangkat baru Xiaomi itu dikabarkan memakai chip Snapdragon 8+ Generasi 4. Kelompok chip itu digunakan juga oleh Xiaomi 15S Pro yang juga akan meluncur pada April hingga Juni 2025.

Meski bocoran ponsel tanpa tombol santer beredar di internet, Xiaomi belum menyampaikan informasi terbaru ihwal produk tersebut. Spekulasi mengenai teknologi baru Xiaomi itu masih terus berkembang di antara para pembocor teknologi.

Pilihan Edisi: Sebulan Tak BAB Sembarangan Lagi, Warga Kampung Pantura Tangerang: Agak Aneh Awalnya …

Leave a comment