Informasi Terpercaya Masa Kini

Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia, Ada Pengamanan yang Langsung Melekat Selama di Jakarta

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Ribuan personel TNI/Polri melaksanakan gelar apel gabungan dalam rangka persiapan pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan agenda International Sustainability Forum (ISF) di Lapangan B3 Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 2 September 2024.

Apel dipimpin langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya Agus Hariadi dan Komandan Korps Brimo (Dankorbrimob) Komjen Imam Widodo.

Agus mengatakan, akan ada sekitar 4.300 personel TNI dengan standar alutsista. Selain itu, khusus bagi Paus Fransiskus juga akan menerima pengamanan yang langsung melekat mengawalnya. “Itu dari Pasukan Pengamanan Presiden,” ujar Agus.

Pengamanan yang melekat juga akan diberikan kepada pejabat negara asing selevel Presiden atau Perdana Menteri yang hadir di agenda ISF. Agus mengaku masih menunggu kepastian perihal pejabat negara lain yang akan hadir.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia akan dimulai pada 3 September 2024. Pemimpin Gereja Katolik itu akan berada di Indonesia sampai 6 September 2024. Untuk agenda ISF akan digelar pada 5 September. Semua agenda itu akan berlangsung di Jakarta.

Selama kunjungan ke Indonesia, Paus Fransiskus dijadwalkan mengunjungi beberapa lokasi, yakni Kedutaan Vatikan, Gereja Katedral, Istana Negara, Masjid Istiqlal dan memimpin Misa di Gelora Bung Karno (GBK) pada 5 September.

Pangkogabwilhan I juga mengatakan akan ada rekayasa lalu lintas di sejumlah wilayah Jakarta, khususnya pada 5 September. Pengalihan arus dan penutupan jalan itu guna menghindari penumpukan masyarakat di dua acara yang berbeda tersebut.

Pilihan Editor: Banyak PNS Babel Masuk Penjara Gara-gara Atasan, Rekan Kerja Protes Tidak Ada Perlindungan Hukum

Leave a comment