Informasi Terpercaya Masa Kini

HMD Barbie Phone Meluncur, HP Flip Jadul Serba Pink

0 3

KOMPAS.com – Pemilik lisensi Nokia, Human Mobile Devices (HMD) resmi meluncurkan feature phone (ponsel fitur) yang memiliki mekanisme lipat (flip) jadul, yaitu HMD Barbie Phone di pasar global. 

Sesuai dengan namanya, ponsel ini merupakan bentuk kolaborasi HMD dengan salah satu merek waralaba mainan boneka populer dunia, Barbie. 

Kolaborasi ini memungkinkan HMD Barbie Phone dibalut dengan sentuhan warna merah muda alias pink yang unik nan imut. Warna ini juga identik dengan boneka Barbie.

Balutan warna pink ini menyelimuti sejumlah elemen ponsel, mencakup papan ketik (keyboard), bagian depan dan belakang perangkat, bingkai, dan lain sebagainya.

Adapun warna pink yang ada di perangkat ini memiliki nada (tone) warna yang berbeda, boleh jadi supaya tampilan eksternal ponsel tidak monoton.  

Baca juga: Smartphone HMD Crest dan Crest Max Resmi, Kamera Selfie 50 MP

Nah, selain warna pink yang melekat dengan merek Barbie, di berbagai elemen perangkat, seperti di bagian bawah layar dan cangkang ponsel, terdapat pula tulisan “Barbie” dengan bentuk tulisan ikoniknya. 

Secara desain dan spesifikasi, HMD Barbie Phone serupa dengan salah satu model ponsel flip HMD lain, yaitu Nokia 2660 Flip. 

Kedua ponsel ini sama-sama mengusung layar LCD berukuran 2,8 inci dengan resolusi 240 x 320 piksel. Ketika dilipat, pengguna akan disuguhkan dengan layar sekunder (cover screen) mungil berukuran 1,77 inci.

Pada aspek fotografi, HMD Barbie Phone dibekali dengan satu buah kamera beresolusi 0,3 MP (VGA) yang dimuat di bagian belakang ponsel. 

Baca juga: Nokia 2660 Flip, Nokia 5710, dan Nokia 8210 4G Resmi Meluncur

Untuk segi performa, ponsel ini ditenagai dengan chipset Unisoc T107 dengan RAM 64 MB dan media penyimpanan (storage) 128 MB. Pengguna bisa memakai kartu microSD hingga 32 GB jika kapasitas storage perangkat ini dirasa kurang.

Fitur pendukung lainnya yang ada di ponsel ini mencakup baterai yang bisa dilepas pasang (removable) dengan kapasitas 1.450 mAh, Bluetooth 5.0, audio jack 3.5 mm, serta konektor USB-C. 

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (28/8/2024), ponsel bertema Barbie ini menjalankan sistem operasi (OS) S30 Plus. Khusus versi Amerika Serikat (AS) akan menggunakan OS KaiOS. 

Meski berbeda, HMD Barbie Phone dengan OS S30 Plus dan KaiOS akan sama-sama dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) khas Barbie. Beberapa hal yang dipadukan dengan elemen Barbie meliputi ikon, gambar wallpaper, hingga nada dering alias ringtone.

Pengguna juga akan mendapatkan sejumlah fitur khas Barbie, meliputi aplikasi Barbie Meditation, serta sejumlah fitur yang bisa meningkatkan pengalaman dan kesehatan pengguna ketika memakai perangkat ini. 

Di pasar global, HMD Barbie Phone dijual dengan harga 129 dolar AS (sekitar Rp 2 juta) dan sudah dijual di beberapa negara di dunia. 

Baca juga: Android HMD Skyline Meluncur, Mirip Nokia N9 dan Mudah Diperbaiki

Dengan harga tersebut, pengguna akan mendapatkan sejumlah kelengkapan di dalam kotak penjualan. Beberapa di antaranya seperti pelindung ponsel bertema Barbie, stiker Barbie, kabel data berwarna pink, gelang Barbie, lap microfiber Barbie, dan masih banyak lagi. 

Belum ada informasi apakah ponsel bertema Barbie yang serba pink ini akan dijual di pasar Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja. 

Leave a comment