Informasi Terpercaya Masa Kini

Momen PM Timor Leste Xanana Gusmao Sentuh Kepala Jokowi saat Welcoming Dinner IAF 2024

0 3

Bisnis.com, BADUNG – Welcoming Dinner yang digelar di Intercontinental Bali Resort pada Minggu malam, 1 September 2024 memiliki sejumlah momen menarik, salah satunya interaksi Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmão dengan Predisen Joko Widodo (Jokowi).

Acara ini merupakan bagian dari agenda penting dalam penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum On Multi Stakeholders Partnership (HLF-MSP) 2024 yang akan berlangsung di Bali pada 1-3 September 2024.

Para tamu undangan pun disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Presiden Joko Widodo. Nampak Ketua Parlemen Zimbabwe Jacob Mudenda sebagai perwakilan perlemen Afrika, Imed Derbali dari Tunisia, perwakilan Kenya hingga sederet perwakilan beberapa negara-negara lain. 

Sementara itu, dari dalam negeri, muncul sosok Ketua DPR RI Puan Maharani dengan pakaian berwarna merah muda. 

Menariknya, ada momen unik di mana Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmão sembari berjabat tangan, dirinya menyentuh bagian kepala Presiden Joko Widodo. Alhasil, sikapnya disambut senyum oleh orang nomor satu di Indonesia itu. 

Adapun, dalam ruangan Welcoming Dinner ini meriahkan oleh nuansa pantai Bali dengan alunan musik tradisional.

Baca Juga : : IAF 2024: RI dan Afrika Sepakat Perkuat Kerja Sama Proyek Panas Bumi

Pada saat yang sama, nampak beberapa tamu undangan seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang asyik berbincang dalam rombongan satu mejanya. 

Sebagaimana diketahui, sejumlah pemimpin negara Afrika menghadiri dua forum internasional, Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak atau High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024 dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2, yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada 1–3 September 2024.

Baca Juga : : IAF 2024, Indonesia Gaungkan Isu Palestina di Hadapan Afrika

High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships dan Indonesia Africa Forum II di Bali ini diharapkan dapat memperkuat hubungan diplomatik dan ekonomi antara Indonesia dan negara-negara Afrika, dengan menekankan pentingnya kemitraan multipihak yang inklusif dan berkelanjutan.

Kedatangan para pemimpin Afrika ini juga menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap peningkatan kerja sama antara kedua belah pihak. 

Forum ini tidak hanya akan mempererat hubungan diplomatik, tetapi juga membuka peluang baru untuk pertukaran pengetahuan dan investasi yang saling menguntungkan.

Dengan berbagai acara yang direncanakan selama tiga hari ke depan, High-Level Forum ini diharapkan menjadi platform penting bagi semua pihak yang terlibat untuk mengeksplorasi potensi kolaborasi yang lebih dalam dan luas, menuju masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat dunia. 

Leave a comment